Bacaan Doa agar Bayi Berjenis Kelamin Laki-laki dan Artinya

Oleh: Febri Eka Pambudi - 31 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Ada doa agar mendapatkan anak laki-laki. Dalam Islam sendiri, memiliki anak lelaki atau perempuan sama istimewanya.
tirto.id - Salah satu tujuan pernikahan adalah memiliki keturunan. Dalam Kimia Kebahagiaan, al-Ghazali menyebutkan, sebagai konsekuensi Allah menciptakan manusia dan jin untuk beribadah, dengan adanya pernikahan, maka penyembah Allah semakin banyak. Selain itu, terdapat riwayat, amal hamba akan terputus setelah ia meninggal, kecuali tiga hal, termasuk doa anak saleh.

Dalam Islam, tidak ada keistimewaan apakah seseorang mendapatkan anak lelaki atau perempuan. Sebaliknya, baik anak lelaki maupun anak perempuan, merupakan anugerah tersendiri untuk kedua orang tua.

Terkait keistimewaan anak perempuan, Nabi Muhammad bersabda, "Barangsiapa diuji dengan anak perempuan, maka anak tersebut menjadi tameng baginya di neraka. (H.R. Ahmad).

Sementara, anak lelaki memiliki keistimewaan, dalam hal, selamanya anak tersebut merupakan hak orang tuanya. Maknanya, meskipun sudah menikah, anak lelaki tetap bertanggungjawab atas ayah dan ibunya.

Nabi Muhammad menekankan pentingnya pernikahan, yang darinya akan lahir anak saleh dan salehah. Karena, "Doa anak-anak bermanfaat bagi orang tuanya jika orang tua tersebut telah meninggal, dan anak-anak yang meninggal sebelum orang tuanya akan memintakan ampun bagi mereka di Hari Pengadilan".

Selain itu terdapat riwayat yang sudah umum diketahui, "Jika seseorang meninggal, maka amalnya terputus kecuali tiga hal: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakan." (H.R. Ahmad 9079)
Apabila manusia mati maka amalnya terputus kecuali karena tiga hal: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak soleh yang mendoakan orang tuanya. (HR. Ahmad 9079,

Read more https://konsultasisyariah.com/26254-apa-maksud-doa-anak-soleh.html


Namun, ada beberapa orang tua yang lebih menginginkan bayi berjenis kelamin tertentu dibandingkan yang lain. Misalnya, ada yang berharap punya anak laki-laki terlebih dahulu daripada perempuan. Mungkin pula, karena sudah memiliki anak perempuan, kemudian ayah dan ibu berharap anak berikutnya adalah lelaki.

Ada beberapa doa untuk mendapatkan anak laki-laki. Dikutip dari dalam laman Islam.nu, orangtua yang ingin memilki anak laki-laki dapat membaca doa dalam kitab al-Bujairimi ‘ala-Khathib oleh Syekh Sulaiman al–Bujairami. Doa tersebut dilafalkan sembari meletakkan tangan pada perut ibu hamil saat awal-awal kehamilan.

Berikut ini doa untuk memiliki anak laki-laki.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللَّهُمَّ إنِّي أُسَمِّي مَا فِي بَطْنِهَا مُحَمَّدًا فَاجْعَلْهُ لِي ذَكَرًا

Bismillâhirrahmânirrahîm. Allâhumma innî usammî mâ fî bathnihâ Muhammadan, faj’alhu lî dzakaran

“Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, sesungguhnya aku (akan) menamai anak yang terkandung dalam perut ibunya ini dengan nama Muhammad, maka jadikanlah ia sebagai lelaki bagiku”.

Baca juga artikel terkait DOA ANAK LAKI-LAKI atau tulisan menarik lainnya Febri Eka Pambudi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Febri Eka Pambudi
Penulis: Febri Eka Pambudi
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight