Baca Solo Leveling 166 Sub Indonesia dan Prediksi Chapter 167

Oleh: Dewi Rukmini - 17 September 2021
Dibaca Normal 2 menit
Alur cerita Solo Leveling 166 sub Indonesia dan prediksi Solo Leveling 167. Jadwal chapter terbaru Solo Leveling bahasa Indonesia pada pekan depan.
tirto.id - Manhwa Solo Leveling 166 subtitle bahasa Indonesia dapat dibaca secara legal di aplikasi dan web resmi Kakaopage mulai 16 September 2021. Chapter terbaru komik Solo Leveling itu dapat dibaca setelah membeli tiket seharga 120 cash (mata uang virtual Kakaopage).

Solo Leveling 166 menghadirkan kisah haru pertemuan Sung Jin Woo dengan Sung Il Hwan, ayah kandungnya. Mereka sudah terpisah sekian lama. Karena itu, pertemuan mereka menjadi momen paling ditunggu pengemar.

Jin Woo telah lama merindukan sosok sang ayah, sejak Sung Il Hwan hilang dalam dugeon. Momen ini terjadi setelah di chapter sebelumnya, ada seorang lelaki yang melindungi tubuh Jin Woo ketika berada dalam fase pembangkitan. Lelaki itu tak lain adalah Il Hwan.

Sang ayah berhasil menahan Frost Monarch dan Beast Monarch saat keduanya akan memusnahkan tubuh Jin Woo.

Alur Cerita Solo Leveling Chapter 166

Setelah berhasil mengalahkan Frost Monarch dalam satu kali serangan, Sung Jin Woo menghampiri Sung Il Hwan yang sedang terluka dan duduk di pojok reruntuhan untuk bersembunyi. Sejak awal, Jin Woo tahu bahwa lelaki itu ialah sang ayah yang telah menghilang bertahun-tahun lamanya.

Jin Woo tak mau berkompromi, ia harus meminta penjelasan dari sosok yang paling ia rindukan ini. Maka, mulailah Il Hwan menjelaskan semua yang terjadi sejak ia menghilang bersama dugeon.

Kesalahan kecil Il Hwan yang tidak bergegas keluar dari gate dugeon dalam waktu 1 jam setelah mengalahkan bos monster, membawanya pada penyesalan seumur hidup. Il Hwan tidak memiliki pilihan selain terkurung dalam jurang dimensi tanpa makanan dan minum hingga hampir sekarat.

Suatu hari, Rulers muncul di hadapan Sung Il Hwan yang sekarat. Ia mempercayakan kekuatannya dan memberi perintah untuk menghentikan kebangkitan Shadow Monarch yang diperkirakan bakal berpihak pada rencana jahat para Monarch. Il Hwan menerima penawaran itu dan berhasil kembali ke bumi dengan membawa tugas berat sebagai utusan Rulers.


Namun, Il Hwan tidak mampu menyelesaikan tugas tersebut setelah tahu bahwa sosok yang akan menjadi Shadow Monarch adalah Jin Woo, anaknya. Karena itu, Il Hwan tidak dapat menampakkan diri di depan keluarganya dan hanya bisa mengawasi dari kejauhan.

Singkat cerita, para Rulers mulai sadar bahwa kekuatan Shadow Monarch sangat dibutuhkan untuk mengagalkan rencana para Monarch. Fragments of The Most Brilliant Light, pemimpin para Rulers pun memberi perintah baru kepada Il Hwan untuk melindungi Shadow Monarch. Mereka memberi perintah itu meski tidak tahu pihak mana yang akan didukung oleh Shadow Monarch.

Perjumpaan ayah-anak tersebut jadi semakin haru saat mereka saling meluapkan isi hati masing-masing. Jin Woo, yang tidak pernah melupakan sosok ayahnya, merindukan sekaligus membenci Il Hwan sebab telah membuat ibu, adik dan dirinya menunggu dalam waktu panjang.

Sementara Il Hwan pun mengaku tak pernah berhenti merindukan keluarganya. Ia lantas berdiri, memeluk Jin Woo dan meminta maaf karena tidak bisa menjadi ayah yang baik. Pertemuan haru itu berakhir saat Il Hwan perlahan lenyap menjadi debu dalam pelukan Jin Woo.

Di sisi lain, Ibu Jin Woo tiba-tiba merasa sudah bisa pindah dari rumah yang mereka tempati. Ibu Jin Woo seperti mendapat intuisi bahwa orang yang selama ini ditunggunya benar-benar pergi dan tidak akan mungkin kembali.

Kepergian Il Hwan untuk kedua kalinya meninggalkan rasa sakit dan dendam yang teramat dalam bagi Jin Woo kepada para Monarch. Ia berteriak mengancam akan memberi balasan atas semua tindakan Monarch pada hari itu.

Prediksi Solo Leveling Chapter 167

Pertempuran melawan tiga Monarch Monster berakhir dengan kemenangan Sung Jin Woo. Namun, masih ada masalah lain yang harus diselesaikan manusia, yakni gate raksasa di langit Kota Seoul.

Dalam beberapa hari, gate raksasa itu akan mengalami dugeon break. Dengan ukuran gate super besar, tidak dapat dibayangkan seberapa banyak dan kuatnya monster yang akan keluar dari sana untuk menyerbu bumi.

Karena itu, ribuan Hunter berbakat dari seluruh dunia berkumpul di bawah gate raksasa tersebut demi menyelamatkan umat manusia. Di antara mereka termasuk sang Shadow Monarch, Jin Woo.

Berdasarkan novelnya, alur cerita komik Solo Leveling chapter 167 diprediksi akan menghadirkan kejadian plot twist. Kejadian tersebut berkaitan dengan monster-monster yang keluar dari gate raksasa dan Shadow Monarch.

Selain itu, peristiwa dugeon break gate raksasa Kota Seoul merupakan awal dari peperangan yang direncanakan oleh Destruction Monarch. Pada masa depan, akan muncul lebih dari 2 gate dugeon serupa secara bersamaan. Hal itu adalah strategi Destruction Monarch yang harus dipecahkan oleh Jin Woo.

Jadwal Solo Leveling Chapter 167 Dirilis

Solo Leveling adalah seri web komik terbaik sepanjang masa yang berasal dari Korea Selatan. Web komik ini diadaptasi dari novel karya Chugong yang berjudul Na Hanjaman Rebereop (I Alone Level Up).

Komik Solo Leveling pertama kali tayang di Kakaopage Indonesia pada 10 Agustus 2020, dengan ilustrator Jang Sung alias Dubu dan diterbitkan oleh D&C Media.

Manhwa Solo Leveling chapter 167 subtitle Indonesia dijadwalkan rilis pada Kamis, 23 September 2021, pukul 22.00 WIB, di aplikasi dan web Kakopage. Chapter terbaru komik ini, dapat diakses setelah membeli tiket seharga 120 cash (mata uang virtual Kakaopage).

Baca juga artikel terkait SOLO LEVELING atau tulisan menarik lainnya Dewi Rukmini
(tirto.id - Film)

Kontributor: Dewi Rukmini
Penulis: Dewi Rukmini
Editor: Addi M Idhom
DarkLight