Baca Manga One Piece 990 di Manga Plus: X-Drake & Misi Khusus Sword

Oleh: Fitra Firdaus - 11 September 2020
Dibaca Normal 2 menit
Baca Manga One Piece Chapter 990 di Manga Plus pada Minggu (13/9/2020). Chapter terbaru OP bisa saja fokus pada X-Drake, agen SWORD yang masuk Onigashima.
tirto.id - Manga One Piece Chapter 990 dapat dibaca secara legal dan gratis pada Minggu (13/9/2020) malam di Manga Plus. Dalam chapter terbaru OP ini, permasalahan dalam Perang Onigashima bakal semakin kompleks, terutama karena keberadaan X-Drake dan konflik internal Bajak Laut Beasts.

Sejak awal kemunculannya, X-Drake yang jadi kapten Bajak Laut Drake menyimpan banyak misteri. Ia mau bekerjasama dengan Donquixote Doflamingo di bawah kuasa Yonko Kaido. Padahal, Doflamingo adalah pembunuh sang ayah, Barrels.

Belakangan diketahui X-Drake adalah anggota angkatan laut yang menyamar sebagai bajak laut. Tidak diketahui apakah semua petinggi organisasinya paham hal ini. Yang pasti, X-Drake adalah kapten SWORD, unit spesial dalam angkatan laut yang bekerja secara rahasia.

X-Drake terlihat secara berkala melaporkan perkembangan Bajak Laut Beasts kepada anggota SWORD lain, yang menunjukkan SWORD setidaknya punya kepentingan terhadap Wa no Kuni atau para Yonko (Big Mom dan Kaido).

Namun, angkatan laut sejauh ini memilih netral dalam kasus Wa no Kuni, mengingat negara tersebut tertutup dari dunia luar dan bukan bagian Pemerintan Dunia.

Salah satu kejanggalan yang terjadi di Wa no Kuni adalah ketika Trafalgar D. Water Law dengan mudah lolos dari penjara, lantas mengalahkan Basil Hawkins di Chapter 954. Ada sosok yang membebaskan Law. Ketika itu Law berkata kepada sosok tersebut, "Jika membiarkanku lolos adalah bagian dari rencana besar kalian, maka aku akan mengikutinya".

Mengingat siluet sosok di Chapter 954 tersebut tampak berjubah, yang paling mungkin di antara Bajak Laut Beasts, sosok itu adalah X-Drake. Ini akan logis dengan posisi X-Drake sebagai mata-mata SWORD di Wa no Kuni. Artinya, Perang Onigashima ini semestinya sudah dilaporkan oleh X-Drake ke SWORD.


Pengkhianatan X-Drake, SWORD ke Onigashima?


Posisi X-Drake yang bermain dua kaki ini mungkin saja tersimpan rapat-rapat, atau setidaknya hanya diketahui oleh sedikit orang, misalnya Basil Hawkins, yang tampaknya punya kepentingan untuk terus berpihak pada orang yang paling beruntung dalam pilihan kartu tarotnya.

Namun, bisa jadi Bajak Laut Beasts sebenarnya sudah tahu soal permainan X-Drake. Setidaknya yang berbahaya adalah mereka yang pangkatnya di atas Drake, yaitu Kaido sang Gubernur Jenderal, Saigai (All Stars), atau sesama Tobi Roppo. Ini akan menjadikan X-Drake sebagai sasaran.

Hierarki Bajak Laut Beasts yang memakai prinsip siapa yang terkuat, dialah yang ada di puncak ---mirip dengan Bajak Laut Rocks yang dipimpin Rocks D. Xebec-- akan membuat situasi semakin rumit dalam Perang Onigashima.

Seperti yang dikatakan Big Mom dan Kaido, normalnya dalam dunia bajak laut, tidak ada kesetiaan abadi. Para bajak laut akan pergi dan saling berkhianat ketika nyawa mereka terancam atau ada hal yang lebih menguntungkan.

Hal ini sudah diperlihatkan di Whole Cake Island. Capone Bege yang selama ini tampak loyal kepada Big Mom, memilih berkhianat dan berupaya membunuh sang Yonko dalam pesta minum teh pernikahan Sanji dan Charlotte Pudding. Begitu ada Monkey D. Luffy dan Kelompok Topi Jerami, ditambah Jinbei, Bege melakukan pemberontakan.

Situasi mirip akan terjadi di Onigashima. Saat ini, Kaido dengan Bajak Laut Beasts yang terdiri dari pemilik buah iblis tipe zoan (baik yang asli maupun yang SMILE) tampak sulit dikalahkan. Namun, di hadapan mereka ada Kelompok Topi Jerami yang sudah menciptakan banyak gara-gara di New World.

Orang seperti Hawkins, yang sudah melihat Monkey D. Luffy lolos dari Perang Puncak meski kondisinya mengenaskan, mungkin akhirnya akan bertaruh pada sang kapten Kelompok Topi Jerami. Sementara itu, X-Drake yang dalam situasi terdesak, misalnya ketika identitasnya terbongkar, akan memilih bekerjasama dengan Luffy sebelum bantuan dari SWORD datang ke Onigashima.

Dalam cerita rakyat Jepang, Momotaro datang ke Onigashima untuk menghadapi para iblis dengan ditemani monyet, anjing, dan burung pegar. Jika One Piece didasarkan dari cerita itu, Momonosuke Kozuki adalah representasi Momotaro. Monkey D. Luffy bisa jadi adalah monyet yang menemani Momotaro.

Sementara itu, ada dua elemen lain yang mungkin saja membantu Momonosuke dan Luffy untuk mengalahkan Big Mom dan Kaido sekaligus. Yang pertama, adalah Angkatan Laut yang dipimpin Akainu, atau setidaknya unit SWORD yang belum diketahui pimpinannya. Yang kedua, bisa jadi Bajak Laut Kurohige yang biasanya muncul saat terakhir untuk mengambil keuntungan di pihak mereka.



Baca juga artikel terkait BACA MANGA ONE PIECE atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Film)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight