Baca Komik One Piece 997 di MangaPlus: Jadwal Rilis Hari Minggu Ini

Oleh: Fitra Firdaus - 27 November 2020
Dibaca Normal 2 menit
Baca Komik One Piece 997 di MangaPlus. Chapter terbaru OP pada Minggu, 29 November. Usai Akazaya Nine kalah, adakah kejelasan soal New Onigashima Project?
tirto.id - Manga One Piece Chapter 997 dapat dibaca secara legal di MangaPlus mulai Minggu, 29 November 2020. Setelah mengalahkan Akazaya None di Chapter 996, misi Kaido untuk menjalankan Shin Onigashima Keikaku (New Onigashima Project) kali ini bisa saja diwujudkan sang Yonko.

Dalam One Piece Chapter 996 "Island of The Strongest", kekalahan Akazaya Nine oleh Kaido memang tidak eksplisit diperlihatkan. Namun, para samurai pengikut Kozuki Oden itu ditampilkan terkapar di puncak Skull Dome Onigashima.

Kaido masih terlihat demikian tangguh dengan kanobo-nya meski terluka di sana-sini. Sebaliknya, Denjiro dan Raizo ditampilkan sudah tidak berdaya. Kin'emon tergeletak. Kawamatsu hanya terlihat sorot matanya. Namun, 9 samurai ini memang bukan lawan sepadan untuk sang makhluk hidup terkuat (saikyo no seibutsu).

Kekalahan Akayaza Nine penting untuk menunjukkan semua yang berkaitan dengan masa lalu Wa no Kuni sudah habis. Lawan utama mereka bukan lagi Shogun Orochi yang kepalanya dipenggal oleh Kaido di Chapter 984. Melainkan sang Yonko yang selama ini menguasai Wa no Kuni dari balik layar.

Sebelum peristiwa dibunuhnya Orochi, ada kejanggalan tersendiri soal mengapa Kaido tidak berkuasa mutlak di Wa no Kuni dan memilih hanya jadi sekadar bayang-bayang Orochi. Namun, nyatanya terungkap jika Kaido ingin menjadikan sang putra Yamato sebagai shogun Shin Onigashima. Keinginan itu ditolak Yamato yang bercita-cita keluar dari Onigashima dan berlayar di samudera lepas.



Uniknya, hubungan Kaido dan Yamato ini bagaikan versi lain dari hubungan Kozuki Sukiyaki dengan Kozuki Oden. Dahulu, Sukiyaki demikian cinta kepada sang putra, tetapi kelakuan Oden yang bengal membuat dia mendidik anak satu-satunya itu dengan keras.

Oden sendiri awalnya enggan menjadi shogun dan memilih melarikan diri dari Wa no Kuni. Ia kemudian bergabung dengan Bajak Laut Shirohige, lantas Bajak Laut Roger. Ketika Oden kembali ke Negeri Wa, semuanya sudah terlambat. Orochi memerintah negeri itu dengan tangan besi dan menjadikan Wa no Kuni yang indah sebagai pabrik senjata dengan limbah beracun.

Kini, hal yang sama tampak bakal terjadi pada Yamato. Sebagai sosok satu-satunya yang membaca catatan perjalanan Kozuki Oden, Yamato yang berhati polos dan pencinta kebebasan tidak akan setuju dengan taktik sang ayah, Kaido.

Dalam konsep Kaido, ia akan memindahkan Onigashima lantas meletakkan pulau itu di Ibukota Bunga, pusat negeri Wa. Dengan cara itu, ia bisa mengontrol segalanya, dan menjadikan rakyat Wano sebagai budak. Kaido butuh tambahan senjata lebih banyak untuk misi utamanya, bertempur dengan Pemerintah Dunia yang disebutnya sebagai "perang terakhir".

Jika membandingkan arc Wa no Kuni dengan arc One Piece terdahulu, biasanya musuh utama dalam sebuah arc mampu menyelesaikan teror yang dibuatnya lebih dulu, sebelum dihancurkan oleh Kelompok Topi Jerami. Misalnya, ketika Donquixote Doflamingo yang punya buah iblis Ito Ito no Mi membuat Bird Cage (Torikago) yang mengurung semua rakyat Dressrosa dalam benangnya.

Mungkin saja Kaido benar-benar mampu memindahkan Onigashima ke Wa no Kuni dalam chapter-chapter berikutnya yang menunjukkan kegentingan di arc ini semakin memuncak. Di sisi lain, dengan niatan Big Mom untuk bergerak ke puncak Skull Dome dan berhadapan dengan Kaido, potensi kedua Yonko ini bertarung cukup terbuka.

Sebagai Yonko, dan sebagai mantan kru Rocks D Xebec yang berniat menguasai dunia, semestinya Big Mom dan Kaido sedikit banyak tahu soal Abad Kekosongan, Negeri Wa, hingga betapa pentingnya One Piece. Percakapan mereka sebelum Kaido bertarung dengan Monkey D. Luffy bisa membuka sekian misteri yang selama ini belum terungkap.



Jadwal Rilis Manga One Piece 997


Manga One Piece karya Eiichiro Oda adalah manga dengan jumlah tayangan terbanyak kedua di MangaPlus hingga Kami (26/11/2020) malam. Manga ini sudah dibaca 640.759 kali dan hanya kalah dari Boruto: Naruto Next Generations oleh Masashi Kishimoto/Mikio Ekimoto (1.240.019 tayangan).

Saat ini, tinggal tersisa 3 chapter lagi sebelum One Piece sampai bab 1.000. Chapter 997 yang tersedia dalam terjemahan bahasa Inggris dan Spanyol dapat dibaca di MangaPlus pada Minggu, 29 November 2020 pukul 23.00 WIB.

Baca juga artikel terkait ONE PIECE atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Film)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight