Baca Komik Black Clover

Baca Komik Black Clover 332 Sub Indo: Chapter Terbaru di MangaPlus

Penulis: Fitra Firdaus, tirto.id - 29 Jul 2022 11:35 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Baca Komik Black Clover 332 chapter terbaru legal dan gratis di MangaPlus dalam bahasa Indonesia mulai Minggu 31 Jui 2022 pukul 22.00 WIB.
tirto.id - Komik Black Clover 332 yang merupakan chapter terbaru setelah hiatus panjang Yuki Tabata, dapat dibaca secara legal dan gratis di MangaPlus mulai Minggu, 31 Juli 2022 pukul 22.00 WIB. Dalam chapter terbaru Black Clover, jabatan apa yang dipegang Asta dan Yuno setelah time skip?

Manga Black Clover yang bergenre petualangan dan fantasi sudah diserialisasikan di Weekly Shonen Jump sejak 16 Februari 2015. Pada April 2022 lalu, bertepatan dengan perilisan Chapter 331, diumumkan bahwa Yuki Tabata akan menjalani hiatus untuk mempersiapkan arc terakhir Black Clover.

Penantian chapter terbaru Black Clover berakhir pekan ini seiring dengan terbitnya Weekly Shonen Jump Edisi 35/2022. Selain Black Clover, manga lain yang akan mendapatkan chapter terbaru pekan ini adalah One Piece, My Hero Academia, Akane Banashi, Jujutsu Kaisen, Sakamoto Days, hingga High School Family.

"Setelah 3 bulan beristirahat, kami dengan berbahagia mengumumkan bahwa serialisasi Black Clover akhirnya kembali. Saya sudah melakukan yang terbaik untuk melampaui harapan Anda semua untuk arc terakhir ini," tulis Yuki Tabata.

"Mulai titik ini, Asta dan kawan-kawan akan menghadapi kesulitan yang lebih besar sampai mencapai Kaisar Sihir. Saya akan melakukan yang terbaik untuk tidak terkalahkan oleh kondisi berat serialisasi mingguan," tambahnya.

Manga Black Clover mengisahkan perjalanan Asta dan Yuno, anak yatim piatu yang ditinggalkan dan besar bersama di panti asuhan. Kedua anak ini memiliki mimpi yang sama yakni ingin menjadi seorang Mahoutei (Kaisar Sihir). Namun, Asta memiliki kekurangan besar.

Di dunia yang menganggap sihir sebagai kemampuan dasar sekaligus utama milik manusia, Asta justru terlahir tanpa bakat sihir sehingga tidak bisa menggunakannya. Ini kontras dengan Yuno yang sejak awal disebut-sebut sebagai bocah berbakat dan jenius. Yuno kemudian memperoleh grimoire (buku kumpulan mantra sihir) empat daun legendaris.

Asta yang punya kekuatan fisik lebih hebat daripada penyihir lain, tetap berupaya menjadi Kaisar Sihir. Ia kemudian mendapatkan grimoire lima daun clover hitam misterius. Dari dalam grimoire misterius itu, Asta bisa menarik pedang iblis anti sihir yang sangat cocok dengan karakteristiknya. Grimoire milik Asta menyimpan kekuatan iblis.

Demi mewujudkan impian mereka, Yuno dan Asta bergabung dengan kesatria sihir Kerajaan Clover. Asta menjadi anggota Kesatria Regu Black Bull, sementara Yuno menjadi anggota Golden Dawn.

Dalam Black Clover 331, "And The Time Starts to Move", dikisahkan bahwa Yuno, yang kini dikenal dengan nama Yuno Grinberryall bertemu Ciel Grinberryall, sang ibu sekaligus ratu Kerajaan Spade.

Yuno diminta untuk kembali ke Kerajaan Spade, yang berarti akan membuatnya jadi raja. Namun, Yuno menyebut bahwa dirinya saat ini masih perlu memenuhi sumpah yang dibuatnya untuk Asta, sang teman baik, saingan, sekaligus keluarganya di Kerajaan Clover.

Sementara itu, di atas menara jam kota kastil yang rusak, Asta berterima kasih kepada Liebe karena berkat sang iblis, dia bisa melihat sang ibu meski hanya melalui kenangan. Liebe berjanji akan membantu memenuhi impian Asta. Yuno dan Asta sama-sama menegaskan kembali sumpah mereka untuk menjadi Kaisar Sihir.

Kembali di Kerajaan Clover, Damnatio dengan sungguh-sungguh berjalan menuju kantor Julius Novachrono. Di depan Julius, Damnatio melaporkan soal penyelidikannya terhadap iblis. Ada tiga penguasa dunia bawah: Lucifero alias Satan pengguna Sihir Gravitasi, Beelzebub pengguna Sihir Tata Ruang, dan Astaroth Sihir Waktu.

Damnatio mencurigai bahwa Megicula, iblis tingkat tinggi yang muncul dari Qlipoth, sebenarnya menggantikan Astaroth ketika Astaroth menghilang secara misterius dari Dunia Bawah. Berharap kecurigaan selanjutnya salah, Damnatio juga mencatat bahwa hanya ada satu pengguna Time Magic.

Julius sampai pada kesimpulan yang sama. Sebelum Damnatio bertindak, Julius berubah kembali menjadi orang dewasa, lalu mengetukkan jarinya ke kepala Damnatio.

Ketika Damnatio ambruk, Adrammelech muncul di jendela dan mencatat bahwa semuanya berjalan seperti yang diprediksi Lucius Zogratis. Lucius berbalik dan berkata kepada iblis bahwa waktunya telah tiba.


Baca Komik Black Clover 332 Bahasa Indonesia di Mangaplus


Komik Black Cover 332 bisa dibaca secara legal versi digitalnya di situs MangaPlus mulai Minggu, 31 Juli 2022 pukul 22.00 WIB. Di MangaPlus, Black Clover tersedia dalam versi terjemahan bahasa Inggris, Indonesia, Spanyol, dan Perancis.

Dalam chapter terbaru Black Clover ini, diprediksi akan ada time skip yang membuat sosok Asta dan Yuno lebih dewasa. Mereka juga tampaknya akan memiliki jabatan baru.

BACA KOMIK BLACK CLOVER 332 CHAPTER TERBARU SUB INDO

Baca juga artikel terkait KOMIK atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Film)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight