Leg 2 Final Piala AFF 2018

Babak Pertama Vietnam vs Malaysia: Nguyen Bawa Tuan Rumah Unggul

Oleh: Hendi Abdurahman - 15 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Skor 1-0 menjadi hasil babak pertama final Piala AFF 2018 leg 2 antara Vietnam vs Malaysia, Sabtu (15/12/2018).
tirto.id - Babak pertama final Piala AFF 2018 leg 2 antara Vietnam vs Malaysia yang digelar di Stadion My Dinh, Hanoi pada Sabtu (15/12/2018) berkesudahan dengan skor sementara 1-0. Gol tunggal Nguyen Anh Duc pada menit ke-6 membawa tuan rumah unggul di paruh pertama.

Berbekal hasil imbang di leg pertama, Vietnam seolah menginginkan kemenangan pada final leg kedua. Pelatih Park Hang Seo memasang pemain yang tak jauh beda. Pengecualian terjadi di lini depan dengan dimainkannya Nguyen Anh Duc yang pada laga sebelumnya tak diturunkan. Sementara pencetak gol The Golden Stars di laga final leg pertama yang juga berposisi bek, yakni Nguyen Huy Hung tetap dipercaya menjaga lini pertahanan.

Di lain pihak, sebelas pemain pertama yang ditunjuk pelatih Tan Cheng Hoe bisa disebut yang terbaik di posisinya. Shahrul Saad dan Safawi Rasid yang mencetak masing-masing gol di laga final pertama kembali dipercaya sejak awal laga. Sementara Aidil Zafuan yang sebelumnya diparkir, kini diberi kesempatan untuk bermain sejak sepak mula.

Waktu baru menunjukkan enam menit laga berlangsung, Vietnam sudah unggul melalui gol yang dicetak oleh Nguyen Anh Duc. Tendangan first time kaki kirinya dari tengah kotak penalti mengarah ke sudut kanan bawah dan tak mampu dihadang Farizal Marlias. Skor 1-0.

Tertinggal satu gol, Malaysia perlahan mulai mendominasi. Namun rapatnya lini pertahanan Vietnam membuat Harimau Malaya belum mampu mendapatkan peluang yang benar-benar berbahaya. Sebaliknya, Nguyen Trong Hoang dan kawan-kawan sesekali melancarkan serangan balik yang cukup merepotkan barisan pertahanan Malaysia yang dikomandoi Aidil Zafuan.

Satu menit jelang laga usai, Malaysia mendapatkan peluang emas melalui kaki Syahmi Safari. Mendapat crossing dari sisi kanan pertahanan Vietnam, pemain bernomor punggung empat itu melakukan tendangan melengkung yang sayangnya masih bisa diantisipasi Dang Van Lam sehingga hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Peluang tersebut menjadi yang terakhir di babak pertama sebab tak lama berselang wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya laga. Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Susunan Pemain Vietnam vs Malaysia

Vietnam: Dang Van Lam; Que Ngoc Hai; Doan Van Hau; Nguyen Huy Hung; Do Hung Dung; Phan Van Duc; Nguyen Trong Hoang; Nguyen Anh Duc; Nguyen Quang Hai; Tran Dinh Trong; Do Duy Manh.

Malaysia: Farizal Marlias; Syazwan Andik; Syahmi Safari; Shahrul Saad; Akram Mahinan; Mohamadou Sumareh; Syamer Kutty Abba; Safawi Rasid; Aidil Zafuan; Zaquan Adha; Norshahrul Idlan.

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2018 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Hendi Abdurahman
DarkLight