Axl Rose dan 56 Cerita yang (Mungkin) Belum Pernah Anda Dengar

Oleh: Nuran Wibisono - 7 Februari 2018
Dibaca Normal 5 menit
Ia pernah menjadi vokalis paling berbahaya di dunia. Ia pernah meninju David Bowie, mengancam Johnny Thunders sehingga sang ikon itu bersembunyi semalaman, hingga mengaku kerasukan arwah John Bonham. Mari kita sambut: Axl Rose!
tirto.id - Ia sempat diramalkan mati muda. Entah overdosis, entah bunuh diri. Ia memang dikenal punya mood swing yang parah, sejumlah orang dekatnya menyebut Axl menderita depresi mania. Tapi Axl Rose masih terus berdiri hingga sekarang. Oke, perutnya membuncit dan rambutnya menipis. Suaranya, meski sempat hilang entah ke mana, perlahan kembali dan mengingatkan orang akan suara dari band paling berbahaya di dunia.

Tanggal 6 Februari 2018 Axl berusia 56 tahun. Di usia yang menuju kepala enam, ia seperti mulai bisa berdamai dengan dirinya sendiri. Yang paling penting: ia bisa berdamai dengan Slash dan Duff, dua orang rekannya di Guns N Roses yang pernah dimusuhi selama dua dekade lebih.

Kembali rukunnya tiga orang ini membuat Guns N Roses kembali berada di dalam sirkuit band rock terbesar dunia. Mereka kembali mengadakan tur dunia, Not in This Lifetime, tak tanggung-tanggung: berjalan dua tahun. Tak jauh berbeda dengan tur Use Your Illusion yang berjalan dari Januari 1991 hingga Juli 1993.

Axl bahkan seperti tak mau berdiam di satu band saja. Ia mau menerima amanah dari Angus Young, untuk menjadi vokalis AC/DC. Bukan pekerjaan yang mudah, mengingat karakter suara Brian Johnson sudah jadi citra AC/DC selama lebih dari 30 tahun. Tapi Axl berhasil menjalaninya dalam tur dunia bareng AC/DC.

Untuk merayakan ulang tahun Axl Rose, pria paling badung dari Lafayette, ini dia 56 kisah tentang Axl yang mungkin belum pernah Anda dengar.

1. Ia baru tahu bahwa namanya William Bruce Rose, Jr. saat menemukan ijazah ibunya di usia 17 tahun. Selama itu, ia mengira namanya adalah William Bruce Bailey.

2. Ibu Axl bernama Sharon Elizabeth. Ia menikah dengan William Bruce Rose saat usianya 16 tahun. Keduanya bercerai saat Axl berusia dua tahun.

3. Sebelum bercerai, William sempat menculik dan melakukan pelecehan seksual pada Axl. Sang ayah dipercaya tewas karena kasus kriminal pada 1984.

4. Sharon kemudian menikah dengan Stephen L. Bailey, dan Axl mengganti nama jadi William Bruce Bailey.

5. Meski Stephen dikenal religius, tetapi ia kasar. Axl rutin dipukuli, dan adik perempuannya, Amy, dilecehkan secara seksual selama 20 tahun.

6. Di Lafayette, Axl dikenal sebagai berandal. Ia ditahan lebih dari 20 kali.

7. Di SMA, Axl membuat band bersama Jeffrey Dean Isbell, yang kelak dikenal sebagai Izzy Stradlin.

8. Kota kelahiran Axl, Lafayette, Indiana, dihuni oleh 43 ribu orang di dekade 1980.

9. Menurut Monica Gregory, kawan lama Axl yang membuka toko baju untuk penggemar rock, Axl remaja sering dilecehkan dan dirisak karena berambut gondrong. Karena rambut gondrong itu pula, Axl sering dipukuli polisi.

10. Axl termasuk siswa pintar di SMA. Namun, ia tak menyelesaikan sekolahnya karena sibuk menggambar dan melukis.



11. Saat Axl berusia 20 tahun, ia punya kekasih bernama Gina Siler. Selama 1982 hingga 1985, mereka bertunangan selama sembilan kali.

12. Axl dan Slash pernah dikejar oleh penjaga toko dari Iran yang membawa pisau jagal. Pengalaman itu membuat Axl menulis "One in a Million".

13. Saat menumpang kendaraan menuju Los Angeles, Axl nyaris diperkosa oleh seorang lelaki yang memberinya tumpangan kamar.

14. Di Los Angeles, Axl sempat tinggal di Orchid Street, yang dikenal sebagai kawasan prostitusi dan penjualan narkoba.

15. Axl pernah mengancam Johnny Thunders karena menggoda Erin, kekasih Axl. Johnny sembunyi semalaman di ruang ganti.

16. Ketika pertama mendapat uang panjar rekaman, Axl menyimpan uang di sepatu dan di bawah kasur. Axl tak bisa membuka rekening karena saat itu enggan mengganti nama. Barulah beberapa saat menjelang teken kontrak, ia mengubah namanya secara legal.

17. Axl dikenal punya kebencian terhadap polisi. Salah satu lagu yang pekat dengan kemarahan dan kebencian itu adalah "Out ta Get Me", yang ditulis usai Axl nyaris ditangkap karena tuduhan pemerkosaan yang kemudian terbukti palsu.

18. Pada 10 Oktober 1989, Axl Rose meninju David Bowie karena menggoda pacar Axl, Erin Everly. Namun keduanya kemudian jadi teman baik.

19. Slash menjuluki Axl sebagai Ayatollah karena sikap diktatornya.

20. Kawan-kawannya di Guns N Roses menjuluki Axl sebagai Twain Wreck, karena sekali ia bicara akan panjang sekali, seperti kisah-kisah Mark Twain.




21. Axl pertama kali bertemu Slash di klub bernama Gazarri, saat Axl masih manggung bersama Hollywood Rose.

22. Di video klip "Don't Cry", ada seorang perempuan yang berperan sebagai psikoterapis Axl. Ia adalah Suzzy London, yang di kehidupan nyata memang menjadi psikoterapis Axl.

23. Axl punya sepupu bernama Shannon Hoon yang kemudian menjadi vokalis Blind Melon. Hoon juga tampil di video klip "Don't Cry".

24. Axl pernah tinggal di rumah Slash, di kamar yang dipenuhi ular dan kucing. Suatu hari, nenek Slash, Ola, melihat Axl duduk di sofanya. Saat Ola dengan sopan menyuruhnya untuk minggir, Axl memakinya.

25. Axl hobi membaca buku. Buku favoritnya, antara lain, A Scanner Darkly oleh Philip K. Dick, The Stand karya Stephen King, Frankenstein-nya Mary Shelley, The Zodiac oleh Neal Stephenson, dan James Dean: The Mutant King yang ditulis oleh David Dalton.

26. Lagu "The Catcher in the Rye" yang ada di album Chinese Democracy (2008), terinspirasi dari novel karya JD Salinger.

27. Axl pernah menjadi figuran di film Touch and Go (1986) yang dibintangi Michael Keaton.

28. Elton John adalah musisi favorit Axl.

29. Axl pernah berguru pada pelatih vokal Elizabeth Sabine, yang dijuluki Heavy Metal Grandma.

30. Setelah 1993, Axl sempat menghilang dalam waktu lama. Penampilan pertamanya di publik terjadi pada Juni 2000 di The Cat Club, Hollywood. Saat itu ia jamming bersama Gilby Clarke dan band bernama The Starfuckers.

infografik axl rose


31. Axl pernah punya rasa benci yang kuat terhadap institusi agama. Tempatnya bergabung sebagai anggota paduan suara, dipenuhi oleh orang-orang bertopeng relijius tapi gemar melecehkan anak-anak. Ayah tirinya yang adalah pengkotbah, melakukan pelecehan seksual pada adik perempuan Axl selama dua dekade. Di lagu "Garden of Eden", Axl menuliskan: Most organized religions make a mockery of humanity.

32. Sewaktu belum terkenal, Axl hidup dengan uang 3,75 dolar per hari. Uang itu cukup untuk membeli biskuit dan kuah kaldu di Denny's Deli, sebotol Nightrain, dan sebotol Thunderbird.

33. Desain awal salib dengan tengkorak personel Guns N Roses dibuat oleh Bill White Jr. dan disempurnakan untuk album oleh Andy Engell. Robert Benedetti menato gambar itu ke tangan Axl.

34. Pada 2006, Axl ditangkap oleh Kepolisian Stockholm karena menggigit kaki penjaga keamanan.

35. Saat mulai terkenal, Axl memberi saran pada para anak muda yang ingin hidup di jalur seni: ambillah kelas bisnis. Menurut Axl, pengetahuan tentang ekonomi dan bisnis akan sangat membantu di industri musik yang penuh hyena.

36. Axl dikenal sebagai orang yang sering telat. Ia pernah bercanda, kelak ketika ia mati, wasiatnya adalah membiarkan para pelayat menunggu peti matinya. Nanti ketika peti mati itu datang setengah jam kemudian, akan ada tulisan berwarna emas, "MAAF AKU TERLAMBAT".

37. Pada 1991, Axl mulai mengikuti terapis untuk menyembuhkan sakit di punggung dan pergelangan kaki.

38. Menurut Axl, Izzy Stradlin keluar dari Guns N Roses karena ia tidak siap bandnya jadi besar. Contoh: Izzy sedikit enggan membuat video klip.

39. Di lengan kiri Axl, ada tato bertuliskan Victory or Death, yang merupakan moto dari Tentara Amerika dari kesatuan 32nd Armored Regiment.

40. Meski mengaku benci pada institusi agama, Axl mengoleksi beberapa artefak salib dari Amerika Latin.



41. Pada 5 Juli 1993, Axl memberikan dokumen pada Slash dan Duff. Isinya adalah perjanjian bahwa Axl akan mengontrol hak pemakaian nama Guns N Roses.

42. Saat Duff masuk rumah sakit karena ginjalnya bengkak, Axl adalah satu-satunya personel Guns N Roses yang menelepon Duff. Tak berapa lama, Axl menjenguk Duff.

43. Paul Huge adalah kawan lama Axl yang turut mengisi bagian gitar di lagu "Sympathy for the Devil". Hal ini membuat Slash ngamuk.

44. Dalam buku biografinya, Duff sempat menyebut Axl sebagai orang yang keras kepala, moody, arogan, dan serakah. Tapi sekaligus menyebut Axl adalah salah satu teman paling tulus yang ia punya.

45. Axl pernah bekerja sama dengan Converse untuk membuat sepatu tenis ERX High-Top yang dirajah AXL di bagian lidah sepatu. Tapi sepatu itu tak pernah dijual untuk umum.

46. Axl cukup menggemari Charles Manson, pemimpin sekte yang menjadi dalang pembantaian pada 1969. Axl sering mengenakan pakaian bergambar wajah Manson, dan menggarap ulang lagu Manson, "Look at Your Game, Girl" untuk album The Spaghetti Incident (1993).

47. Salah satu ingatan masa kecil Axl adalah dirinya yang menggenggam pistol. Kelak diperlihatkan dalam video klip "Don't Cry".

48. Axl dan Izzy pernah menjadi "kelinci percobaan" untuk UCLA. Mereka berdua disuruh merokok, dan dapat bayaran USD8 per jam.

49. Axl turut menyumbangkan suara di game Grand Theft Auto: San Andreas.

50. Di luar album Guns N Roses, Axl pernah sumbang suara untuk album solo Gilby Clarke dan Sebastian Bach.

51. Sharon Maynard, terapis Axl, dijuluki sebagai Yoda. Ia pernah membuat Guns N Roses menjadwalkan ulang konser di Minneapolis karena menganggap "ada kawasan magnet yang tak cocok untuk harmoni."

52. Erin Everly, mantan istri Axl, mengatakan bahwa Axl belajar eksorsime saat mereka menikah. Dalam suatu pertikaian yang berujung penganiayaan fisik, Axl membela diri bahwa ia dirasuki arwah John Bonham, drummer Led Zeppelin yang meninggal pada 1980.

53. Izzy pernah menyebut dirinya jijik pada perubahan Axl, yang menjadi "full-scale Hollywood power-crazy-asshole-dom".

54. Axl tidak gagap teknologi. Ia punya akun Twitter. Namun ia menganggap internet adalah "tong sampah".

55. Saat Guns N Roses masuk dalam Rock and Roll Hall of Fame pada 2012, Axl memutuskan untuk tak hadir.

56. Tahun 2014, band Rapidfire merilis album Ready to Rumble. Rapidfire adalah band yang memberikan pengalaman pertama Axl merekam lagu, sebelum akhirnya ia membentuk Hollywood Rose.

Baca juga artikel terkait AXL ROSE atau tulisan menarik lainnya Nuran Wibisono
(tirto.id - Musik)

Reporter: Nuran Wibisono
Penulis: Nuran Wibisono
Editor: Nurul Qomariyah Pramisti