Awet Muda dengan Mandi Sake ala Jepang

Oleh: Maya Saputri - 17 Januari 2017
Dibaca Normal 1 menit
Jika berkunjung ke Jepang tak lengkap rasanya tidak menikmati sake. Ternyata selain diminum, ada cara lain menikmatinya yakni dengan mandi sake. Khasiat mandi sake ini sangat populer di Jepang agar awet muda dan kulit terlihat lebih lembut.
tirto.id - Jika berkunjung ke Jepang tak lengkap rasanya tidak menikmati sake. Ternyata selain diminum, ada cara lain menikmatinya yakni dengan mandi sake. Khasiat mandi sake ini sangat populer di Jepang agar awet muda dan kulit terlihat lebih lembut.

Sebuah grup berisi 18 ryokan (penginapan gaya tradisional Jepang) di prefektur Niigata menawarkan mandi sake pada para tamu, termasuk Takanosu Onsen, Yahiko Onsen dan Unohama Onsen.

Dilansir dari Lonely Planet, setiap tanggal 26 tiap bulan, tempat pemandian di ryokan mencampur sake dengan air pemandian untuk berendam.

Prefektur Niigata adalah salah satu daerah penghasil sake di Jepang, berkat musim dingin panjang membuat salju segar meleleh di daerah persawahan.

Pada Maret, kota Niigata menjadi tuan rumah festival sake yang memperkenalkan lebih dari 90 varian sake dari penjuru prefektur.

Ryokan di Niigata bukan satu-satunya tempat di Jepang di mana pengunjung bisa berendam dalam air minuman. Dekat kota onsen Hakone, ada Yunessun yang disebut “taman bermain spa” di mana Anda bisa berendam dalam anggur merah, teh hijau, kopi hingga sake.

Sedangkan manfaat sake, selain disajikan sebagai minuman, sake dan produk turunannya ini ternyata telah lama diuji dan dipakai sebagai bahan berbagai produk kecantikan. Asam amino dalam sake dipercaya bisa melembabkan, melembutkan dan mencerahkan kulit.

Menurut peneliti, seperti dilansir dari rocketnews24.com, setelah melalui serangkaian tes pada beberapa orang, mandi sake ini juga berkhasiat untuk mengurangi hipertensi. Manfaat lain dari mandi sake yakni meningkatkan sirkulasi darah dan membuat kulit lebih cerah dan tampak lebih muda. Kabarnya aktris dan mantan Miss Jepang, Norika Fujiwara melakukan mandi sake dua kali seminggu agar tetap awet muda di usianya yang sudah kepala empat.

Mandi sake dapat meningkatkan temperatur tubuh, sehingga sangat berguna bagi Anda yang sedang program menurunkan berat badan. Selain itu, saat tubuh berkeringat karena mandi sake, dapat mengeluarkan racun-racun dalam tubuh dan membantu proses detoksifikasi tubuh.

Ternyata membuat ramuan untuk mandi sake ini gampang, seperti dilansir dari sake-talk.com, pertama siapkan air panas untuk mandi, lalu tambahkan 400-900ml sake, atau secangkir sake, tetapi dapat disesuaikan selera. Sebaiknya mencoba secangkir dulu bila Anda masih pertama kali mencoba.

Bahan lain yang bisa ditambahkan dalam air mandi yang telah dicampur sake tadi untuk menambah manfaatnya bagi kulit, yakni lemon, madu, jeruk mandarin, jahe atau garam.

Baca juga artikel terkait SAKE atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Hard News)

Reporter: Maya Saputri
Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri