Attack on Titan Tamat Chapter 139: Akhir Eren si Shingeki no Kyojin

Oleh: Fitra Firdaus - 8 April 2021
Dibaca Normal 2 menit
Baca Manga Attack on Titan Chapter 139: akhir petualangan Eren sang Shingeki no Kyojin dalam mencari kebebasan bersama 2 sahabatnya, Mikasa dan Armin.
tirto.id - Manga Attack on Titan tamat pada Chapter 139 "Ano Oka no Ki ni Mukatte". Bab terakhir komik AoT dapat dibaca secara legal di Crunchyroll dan Comixology mulai Jumat, 9 April 2021. Ini adalah akhir perjalanan Eren sang Shingeki no Kyojin yang sepanjang hidup mencari kebebasan bersama dua sahabatnya, Mikasa Ackermann dan Armin Arlert.

Setelah 11 tahun dan 7 bulan sejak perilisan chapter pertamanya, manga Attack on Titan berakhir di Bessatsu Shonen Magazine edisi Mei 2021. Sebagai sampul majalah tersebut, ditampilkan karakter AoT ketika masih kecil, mulai dari Eren, Mikasa, Armin, Reiner Braun, Sasha Braus, Connie Springer, hingga Historia Fritz.

Attack on Titan lahir pada musim panas 2006 atau 15 tahun lalu. Shintaro Kawakubo yang ketika itu baru saja bergabung dengan Kodansha, menerima telepon dari Hajime Isayama terkait manganya.

Isayama sebenarnya sudah menunjukkan manuskrip AoT, sejumlah 65 halaman dalam versi one-shot, kepada beberapa penerbit, tetapi tidak mendapatkan respons yang diharapkan.

Di mata Kawakubo, naskah AoT yang disodorkan Isayama menampilkan gairah luar biasa. Oleh karenanya, dimulailah serialiasi manga tersebut. Tepatnya pada 9 November 2020, perilisan chapter pertama Attack on Titan di Bessatsu Shonen Magazine dimulai. Judulnya, "Ni Sen Nen Go no Kimi e".

Sinopsis Manga Attack on Titan


Attack on Titan dengan genre dark fantasy memang unik. Kisahnya dimulai dari bocah bernama Eren Yeager yang tinggal di kota Shiganshina, yang letaknya di tepi Wall Maria, dinding terluar dari 3 dinding yang melindungi umat manusia dari Titan.

Eren Yeager dan orang-orang di dalam dinding sejak lama didoktrin bahwa mereka adalah satu-satunya umat manusia yang selamat dari gempuran Titan yang siap melahap mereka sewaktu-waktu, kala dinding jebol.

Pada tahun 845, ketika Wall Maria dijebol oleh Colossal Titan (Chō ōgata Kyojin) dan Armored Titan (Yoroi no Titan), ibu Eren dimakan oleh smiling Titan, yang kelak diketahui adalah Dina Fritz, istri pertama ayah Eren, Grisha Yeager.

Kematian sang ibu membuat Eren bersumpah akan membalas dendam dengan melenyapkan semua Titan. Ia mendaftar ke militer, lantas bergabung ke Survey Corps bersama Mikasa dan Armin.


Eren sendiri sempat disuntik serum titan oleh sang ayah, Grisha. Akibatnya, Eren berubah jadi titan lantas memakan Grisha. Melalui proses tersebut, Eren mewarisi Attack Titan (Shingeki no Kyojin) dan Founding Titan (Shiso no Kyojin).

Kelak diketahui, Colossal Titan, Armored Titan, Attack Titan, hingga Founding Titan adalah 4 dari total 9 Titan (Kokonotsu no Titan) yang diwariskan dari generasi ke generasi oleh Bangsa Eldia, atau orang-orang yang tinggal di dalam Dinding.

Diketahui pula, bangsa Eldia sebenarnya bukan satu-satunya umat manusia tersisa. Sebaliknya, mereka dibawa oleh Raja Karl Fritz ke tempat saat ini, Pulau Paradis, untuk menghindari pemusnahan massal.

Dahulu, Eldia melakukan "dosa besar" dengan menguasai dunia, wilayah Marley, melalui kekuatan Kokonotsu no Titan. Namun, setelah konflik internal yang tidak kunjung usai, Eldia menjadi rapuh. Sebaliknya, giliran Marley yang berkuasa dan menindas mereka.

Kokonotsu no Titan hanya dapat diwariskan kepada orang-orang Eldia. Para Titan ini berasal dari keturunan Ymir, budak Raja Fritz. Namun, dengan Marley yang menguasai situasi, orang-orang Eldia yang tidak tinggal di Paradis, tetapi di Liberio, wilayah Marley, jadi "alat".

Eren dan kawan-kawan yang masuk Survey Corps akhirnya menyadari kenyataan ini. Hanya ada 2 pilihan, yaitu pasif bertahan dari Marley, atau menyerang demi menjaga eksistensi Eldia dari ancaman pemusnahan.

Eren yang punya kekuatan Founding Titan, dapat melakukan rumbling, membuat Titan-titan Dinding bergerak dan menghancurkan umat manusia di luar sana.

Eren yang dahulu bocah kecil, yang hanya ingin kebebasan, melihat hal-hal di luar dinding, berubah total. Ia kini memilih menghancurkan semua lawan yang bisa melenyapkan kaumnya, Eldia.

Melihat Eren yang demikian, Eldia dan Marley bersatu melawannya. Pada Chapter 138 Shingeki no Kyojin, Mikasa akhirnya bisa mencapai dalam mulut Founding Titan, memenggal kepada Eren yang menggantung di sana, lantas menciumnya.

Mikasa selama ini mencintai Eren. Demikian pula dengan Eren, meski ia tidak pernah ekspilit menyatakan. Namun, cinta keduanya tidak mungkin terwujud.

Eren mesti menjalankan misi penghancuran dunia, yang akan mengakhiri tragedi pewarisan Titan dari generasi demi generasi, dan membuat Eldia tidak menjadi sasaran penghancuran dunia.

Di sisi lain, ada Armin, sosok optimistis yang selalu berupaya mencari jalan damai, bukan jalan perang yang dipilih Eren. Ketulusan hati Armin menjadi kunci dirinya sebagai penyelamat umat manusia dari kebinasaan oleh aksi Founding Titan.

Eren Yeager yang mencari kebebasan, akhirnya menjadi pemberi kebebasan bagi orang-orang terdekatnya, anggota Survey Corps yang sempat menganggapnya sebagai musuh. Eren pula yang "membebaskan" Mikasa dari "kutukan kepatuhan" klan Ackerman.


Jadwal Anime AoT Season 4 Part 2


Meskipun Attack on Titan sudah tamat, penggemar AoT masih bakal menunggu anime adaptasi manga ini. Hingga bagian pertama musim keempat Attack on Titan, baru 75 episode yang digarap dari 116 chapter karya Hajime Isayama.

Masih tersisa bagian 2 Attack on Titan: Final Season yang akan tayang pada musim dingin 2022. Bagian tersebut akan dimulai dari adaptasi Chapter 117 hingga bab terakhir, Chapter 139.

Baca juga artikel terkait ATTACK ON TITAN atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Film)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight