Atlet Menjadi PNS, Liliyana Natsir: Memotivasi Calon Atlet

Oleh: Alfian Putra Abdi - 2 April 2019
Pengangkatan dirinya bersama atlet lainnya menjadi PNS, dinilai Liliyana sebagai terobosan baru yang dilakukan pemerintah dalam memperhatikan kehidupan atlet pada tingkat lanjut.
tirto.id - Atlet bulu tangkis Indonesia, Liliyana Natsir secara resmi dilantik sebagai Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Bersama dengan 285 atlet berprestasi lainnya, Liliyana menerima SK CPNS yang diserahkan langsung oleh Menpora Imam Nahrawi di kantornya, Jakarta Selatan pada Selasa (2/4/2019).

Pengangkatan dirinya bersama atlet lainnya menjadi PNS, dinilai Liliyana sebagai terobosan baru yang dilakukan pemerintah dalam memperhatikan kehidupan atlet pada tingkat lanjut.

"Karena yang dikhawatirkan dari menjadi atlet itu, masa tuanya bagaimana," ujarnya di kantor Kemenpora, Selasa (2/4/2019).

Lebih lanjut, kebijakan memperbolehkan atlet berprestasi menjadi PNS juga dinilai Liliyana bisa membangkitkan motivasi bagi kalangan atlet.

"Saya rasa ini juga menjadi motivasi untuk calon atlet atau orangtua yang menginginkan anaknya menjadi atlet. Setidaknya ada jaminan dari pemerintah," tuturnya.

Menpora Imam Nahrawi menambahkan, dengan diangkatnya para atlet berprestasi sebagai PNS bukan bermaksud untuk mematikan potensi atlet itu sendiri dalam meraih prestasi. Terlebih lagi menurutnya terdapat atlet yang masih aktif di klub ataupun pelatnas.

Sebab itu ia tetap memperbolehkan para atlet tersebut menjalani aktivitasnya, namun dengan syarat tertentu.

"Silakan saja, mereka harus tetap berprestasi di cabornya masing-masing. Teknisnya nanti dikoordinasikan saja dengan bagian kepegawaian," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait PNS atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari