Asus ZenFone 5z Mulai Terima Update Android 9 Pie

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 30 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Update Android 9 Pie di Asus ZenFone 5z disarankan menggunakan jaringan Wi-Fi lantaran kapasitas firmware yang diunduh cukup besar.
tirto.id - Asus mulai menggulirkan update sistem operasi (OS) Android 9 Pie ke lini smartphone flagship-nya, ZenFone 5z secara bertahap.

Dari laporan salah satu pengguna perangkat itu sekaligus anggota di ZenTalk--forum resmi Asus--update Android 9 Pie diterima pada Selasa (29/1/2019).

"Saya baru menerima update [Android 9 Pie] melalui FOTA [Firmware Over-The-Air]. Tunggu apa lagi, segera unduh," tulis username "uddesai" di satu thread ZenTalk dikutip Rabu (30/1).

Sementara itu, laman GSM Arena melaporkan, update tersebut tersemat seri firmware WW_user_90.10.138.175_20190117 dengan kapasitas lebih dari 1GB. Huruf "WW" di firmware ini bermakna untuk seri global (worldwide). Sementara seri lainnya bakal digulirkan bertahap.

Bagi pengguna perangkat Asus ZenFone 5z, dapat melakukan pengecekan melalui menu Settings > About > System Updates. Karena bertahap, maka tak semua pengguna langsung mendapatkan update tersebut.

Disarankan untuk menggunakan jaringan Wi-Fi jika update tersedia lantaran kapasitas datanya cukup besar. Pastikan pula baterai perangkat mencukupi atau lebih dari 50 persen saat proses update, baik itu ketika mengunduh firmware dan instalasi.


Spesifikasi Asus ZenFone 5z

Pertama kali diperkenalkan global pada Februari 2018, Asus ZenFone 5z masuk pasar Indonesia bulan Mei di tahun yang sama. Kamera yang mumpuni dan fitur AI (Artificial Intelligence) menjadi daya tarik utama flagship ini.

Asus membekali ZenFone 5z kamera belakang ganda resolusi 12MP bersensor Sony IMX363 yang ditandemkan lensa berdiafragma f/1.8 mumpuni untuk low-light. Selain itu, hadir pula fitur 4-axis OIS, Dual Pixel autofokus, dan LED flash. Sementara kamera kedua berkekuatan 8MP yang berfungsi sebagai depth sensor serta membidik foto wide angle.

Bagi penggemar foto selfie, ZenFone 5z cukup memuaskan berkat kamera depan berkekuatan 8MP. Untuk mendukung aktivitas pengguna, smartphone ini diperkuat baterai 3.300mAh yang telah mendukung fitur fast charging melalui port USB Type-C.

Kinerja ZenFone 5z tak jauh berbeda dengan flagship lainnya berkat chipset Snapdragon 845 berkonsep octa-core kecepatan 2,8GHz dipadukan RAM 6GB. Kemampuan ZenFone 5z dalam memainkan game juga memadai mengandalkan grafis Adreno 509. Smartphone ini dibekali memori internal berkapasitas 128GB tipe UFS yang bisa diperluas melalui slot microSD maksimal 512GB.

ZenFone 5z tampil dengan desain kekinian berkat layar sentuh "berponi" 6,2 inci FHD+ yang dilindungi lapisan antigores Corning Gorilla Glass. Saat pertama kali diperkenalkan di Indonesia, harga ZenFone 5z Rp6.499.000 untuk varian 6GB + 128GB.

Adapun 9 Pie merupakan OS Android versi terbaru yang dirilis pada 6 Agustus 2018 lalu. OS ini menghadirkan beberapa fitur baru seperti tampilan notifikasi, adaptive brightness, adaptive battery, dan keamanan yang lebih kuat dari versi sebelumnya.


Baca juga artikel terkait ASUS ZENFONE 5Z atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi