Asus ZenFone 5 Dirilis 25 Februari di MWC Barcelona

Oleh: Ibnu Azis - 5 Februari 2018
Dibaca Normal 1 menit
Saat ponsel lain mulai mengadopsi port USB Type-C, ZenFone 5 masih setia dengan port micro USB.
tirto.id - Asus ZenFone 5 akan diluncurkan Asus pada gelaran Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona, Spanyol, pada 25 Februari 2018. Sebelumnya, ZenFone 5 diharapkan akan diungkap Asus pada kuartal pertama tahun ini.

Zenfone 5 hadir tujuh bulan berselang setelah Asus melepas sejumlah varian di lini Zenfone 4. Kembali ke bulan Agustus 2017 lalu, Asus merilis keluarga Zenfone generasi keempat mulai ZenFone 4, ZenFone 4 Pro, ZenFone 4 Max, ZenFone 4 Max Pro, ZenFone 4 Selfie, dan ZenFone 4 Selfie Pro.

Sebulan berselang, pada September 2017, Asus kembali melepas varian baru untuk melengkapi keluarga ZenFone 4 Selfie. Setelah ZenFone 4 Selfie dan ZenFone 4 Selfie Pro, ZenFone 4 Selfie Lite hadir yang mengusung prosesor kelas menengah Snapdragron 425 quad-core speed dikunci 1,4 GHz.

Menjelang waktu peluncuran yang semakin dekat, informasi terkait ZenFone 5 kian deras mengalir. Menurut GSM Arena, perangkat ini hadir dengan layar 5,7 inci.

Dari foto tampilan ZenFone 5 yang diklaim berasal dari pabrik pembuatnya, perangkat ini terlihat berbeda dengan varian ZenFone sebelumnya. ZenFone 5 terlihat lebih panjang karena mengusung aspek rasio kekinian 18:9 dengan layar 5,7 inci. Pada sektor baterai juga ditingkatkan seperti ZenFone 4 Max dengan kapasitas 4.000mAh.

Pada sisi port USB, Asus menerapkan strategi yang tidak bisa. Saat ponsel lain mulai mengadopsi port USB Type-C, ZenFone 5 masih setia dengan port micro USB. Langkah ini terbilang aneh mengingat Asus membenamkan port USB Type-C di ZenFone 3 dan ZenFone 4.

Pada sisi kamera, ada yang menarik di sektor ini. Pada ZenFone 4, Asus menyusunnya secara menyamping horizontal di bagian belakang dengan sensor fingerprint di bagian depan. Sementara untuk di ZenFone 5, Asus menyusunnya vertikal sejajar mirip perangkat andalan Apple, iPhone X.

Sensor sidik jari ZenFone 5 terletak di sisi tengah bagian belakang di samping kanan bawah kamera. Smartphone dengan nama internal X00PD ini menurut dari database Geekbench diketahui menggunakan prosesor Snapdragon 430 octa-core 1,4GHz yang dipadukan dengan RAM 3GB.

Baca juga artikel terkait ASUS atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Reporter: Ibnu Azis
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis
DarkLight