CES 2019

Asus ROG Mothership, Laptop Gaming Bergaya Microsoft Surface

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 8 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Asus memperkenalkan ROG Mothership dengan spesifikasi tangguh bergaya Microsoft Surface, harga belum terungkap.
tirto.id - Asus di CES 2019, Las Vegas, Amerika Serikat, Senin (7/1/2019) waktu setempat, memperkenalkan lini Republic of Gamers (ROG) terbarunya, ROG Mothership, sebuah laptop gaming bergaya Microsoft Surface.

Microsoft Surface selama ini dikenal sebagai sebuah ultrabook 2 in 1 premium yang menawarkan performa tinggi untuk menunjang performanya. Asus mengadopsi konsep desain Surface pada lini gaming ROG andalannya dan menyita perhatian di CES 2019.

Asus ROG Mothership memiliki desain vertikal seperti Surface dengan penyangga kickstand di sisi belakang. ROG Mothership dibekali pula keyboard tipis serupa dengan Surface. Perbedaan mencolok di antara keduanya, keyboard ROG Mothership dapat dilepas dan membuatnya terlihat seperti sebuah All in One PC (AOI).

Hal yang mengundang pertanyaan, bagaimana sistem pendinginan di ROG Mothership? Asus belum menjelaskan detail mekanisme pembuangan panas yang menjadi "musuh" bagi perangkat gaming berspesifikasi tinggi.


Terkait spesifikasi, Asus ROG Mothership dibekali layar sentuh 17,3 inci resolusi FHD tipe IPS yang menghasilkan sudut pandang luas. Layar ROG Mothership juga mendukung refresh rate 144Hz, 3ms response time, dan Nvidia Gsync untuk pengalaman gaming bebas screen tearing dan shuttering.

Performa Asus ROG Mothership tak kalah dengan laptop gaming kekinian dengan dukungan prosesor Intel Core i9-8950HK berkonsep hexa-core kecepatan 2,9GHz dengan TurboBoost maksimal 4,8GHz, yang dipadukan RAM hingga 64GB DDR4.

Performa gaming Asus ROG Mothership tak perlu diragukan berkat dukungan GPU terbaru dari Nvidia RTX 2080. Sektor media penyimpanan, ROG Mothership memadukan beberapa unit SSD PCIe NVMe dengan konfigurasi RAID 0, sehingga performa transfer rate-nya kencang.

Asus akan mulai meluncurkan ROG Mothership ke pasar global pada kuartal pertama 2019. Kendati begitu, pabrikan asal Taiwan tersebut belum menyebutkan harga resmi mesin gaming canggih terbarunya itu. Demikian dilansir dari The Verge, Selasa (8/1).


Baca juga artikel terkait LAPTOP GAMING atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight