Astronot Terakhir Jejakkan Kaki di Bulan Meninggal

Oleh: Maya Saputri - 18 Januari 2017
Astronot Amerika Serikat, Gene Cernan yang menjadi orang terakhir yang menjejakkan kaki di bulan, telah meninggal di usia 82. Menurut pernyataan NASA, hal ini menjadi kehilangan besar bagi lembaga tersebut.
tirto.id - Astronot Amerika Serikat, Gene Cernan yang menjadi orang terakhir yang menjejakkan kaki di bulan, telah meninggal dunia di usia 82 tahun. Menurut pernyataan NASA, hal ini menjadi kehilangan besar bagi lembaga tersebut.

Kapten Cernan adalah satu-satunya orang dari ketiga orang yang dikirim dalam misi ke bulan dan orang terakhir yang jejak kakinya menginjak permukaan bulan pada tahun 1972, seperti dikutip dari BBC.

Kata-kata terakhir Cernan: “Kita pergi seperti kita datang dan itu kehendak Tuhan, seperti kita datang dengan damai dan harapan untuk umat manusia.”

Cernan menjadi komandan dalam misi Apollo 17. Dari 12 orang yang telah menginjakkan kaki di bulan, hanya 6 di antaranya yang masih hidup hingga sekarang.

Menurut pernyataan keluarga Cernan, dia meninggal pada hari Senin (16/1/2017) karena masalah kesehatan, tetapi pihak keluarga tidak merinci lebih lanjut terkait hal itu.

“Hal ini meninggalkan kesedihan mendalam atas kehilangan suami dan sosok ayah tercinta,” ujar statemen keluarga Cernan.

“Bahkan pada usia 82 tahun, Gene masih memiliki hasrat untuk eksplorasi manusia ke luar angkasa dan membesarkan harapan pemimpin negara dan para pemuda agar dia tidak menjadi orang terakhir yang menginjakkan kaki ke bulan,” tambah mereka.

Sebelum misi Apollo 17, Cernan telah melakukan tur luar angkasa dua kali yakni pada 1966 dan 1969. Dia pensiun pada tahun 1976 dan menjalani bisnis pribadi dan tetap berkontribusi di beberapa stasiun TV di Amerika Serikat terkait beberapa isu.

Cernan juga memproduksi film dokumenter tentang dirinya yang juga dibicarakan dalam wawancaranya denagn BBC pada 2014.

Pria yang lahir pada 14 Maret 1934 di Chicago dengan nama lengkap Eugene Andrew Cernan ini beristrikan Jan Nanna Cernan. Dia meninggalkan seorang putri dan dua putri tirinya dan sembilan cucu.

Sebelumnya juga dikabarkan, John Glenn, salah satu astronot AS juga meninggal beberapa minggu sebelumnya. Hal ini menjadi kehilangan beruntun bagi Amerika Serikat sejak kesuksesan misi mereka mengirimkan orang ke bulan semasa Neil Armstrong.

Baca juga artikel terkait GENE CERNAN atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Hard News)

Reporter: Maya Saputri
Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri
DarkLight