Assen World Superbike Ditunda Hingga Agustus 2020 karena Corona

Oleh: Permadi Suntama - 25 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Seri Assen World Superbike Championship 2020 ditunda hingga Agustus 2020, karena pandemi corona COVID-19.
tirto.id - Gelaran World Superbike Championship 2020 kembali mengalami penundaan akibat virus Corona COVID-19.

Kali ini giliran seri Assen, Belanda yang dijadwalkan bergulir pada April 2020, ditunda karena situasi di Eropa belum aman.

Dilansir dari crash seri WSBK Belanda 2020 bakal digeser ke bulan Agustus, dan menjadi seri ke-8 WSBK 2020.

Langkah ini diambil oleh panitia penyelenggara untuk antisipasi penyebaran virus Corona yang makin luas melanda Eropa.

Sebelumnya, WSBK Assen 2020 rencananya jadi seri kedua musim ini setelah beberapa seri ditunda akibat virus Corona. Akan tetapi, setelah situasi kesehatan yang belum stabil, pihak FIM Motorsports memutuskan kembali tunda seri Assen.

WSBK Assen pun jadi balapan ketiga yang dibatalkan, setelah sebelumnya seri Qatar, dan Jerez, juga dibatalkan dengan alasan yang sama.

Kendati demikian, WSBK 2020 menjadi balapan motorsports yang paling sedikit terkena dampak virus Corona, jika dibanding dengan kompetisi balap lainnya. Jadwal yang tidak terlalu padat, jadi salah satu alasannya.

Sementara itu, dilansir dari motorsports Formula 1 telah menunda delapan Grand Prix awal musim ini.

Sementara MotoGP sudah menunda empat balapan, bahkan Grand Prix Qatar harus dibatalkan untuk kelas utama.

Lewis Duncan, jurnalis motorsports menyebut ditundanya WSBK Belanda dikarenakan semakin diperketatnya prosesur keamanan oleh pemerintah Belanda. Hal ini dikarenakan semakin masifnya penyebaran virus Corona di Eropa.

"Dengan semakin diperketatnya interaksi sosial di Belanda, balapan WSBK sebelumnya sudah diprediksi bakal ditangguhkan," tulis Lewis Duncan.

Dengan demikian, maka seri kedua WSBK 2020 bakal dilaksanakan di Italia pada 8-10 Mei 2020. Namun, dengan situasi yang terjadi di Italia saat ini jadi negara dengan kasus COVID-19 terbesar kedua di dunia, balapan di Sirkuit Imola tersebut diprediksi bakal kembali ditunda.

Tak hanya itu, beberapa seri berikutnya juga diragukan dapat dilaksanakan karena alasan wabah Corona.

Pasalnya, beberapa even olahraga di Eropa hingga bulan Juni 2020 sudah ditunda, atau bahkan dibatalkan.

Paling cepat, seri kedua WSBK 2020 bisa digelar pada bulan Juli atau Agustus, dengan Sirkuit Donington Park, di Inggris bisa jadi seri kedua WSBK musim ini.

"Secara realistis, WSBK Inggris di Sirkuit Donington Park adalah balapan yang paling mungkin digelar jadi seri kedua musim ini," tulis Lewis Duncan.

World Superbike Championship sendiri sudah melaksanakan seri pembuka di Sirkuit Philip Island Australia, pada akhir Februari lalu.

Dalam balapan tersebut, Alex Lowes (Kawasaki), berhasil jadi juara disusul Jonathan Rea (Yamaha), dan Toprak Razgatliaglu (Yamaha).


Baca juga artikel terkait ASSEN WORLD SUPERBIKE atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight