Asmaul Husna Al Hadi Artinya Yang Maha Pemberi Petunjuk & Dalilnya

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif - 8 Jun 2022 09:35 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Asmaul Husna Al Hadi artinya Yang Maha Pemberi Petunjuk. Berikut dalil dan makna selengkapnya.
tirto.id - Asmaul Husna Al Hadi artinya Yang Maha Pemberi Petunjuk. Allah swt. memiliki 99 nama yang baik atau disebut dengan “Asmaul Husna.”

Umat Islam sebaiknya mengetahui, paham, dan mengamalkan Asmaul Husna di kehidupan sehari-hari dalam bentuk perilaku, sifat, maupun wirid. Hal ini dilakukan karena Asmaul Husna memiliki banyak rahasia keutamaan dan manfaat bagi kehidupan manusia di dunia dan akhirat.

Dilansir dari laman NU Online, Asmaul Husna memiliki banyak keistimewaan seperti satunya sebagai doa. Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Allah swt melalui firmanNya dalam Surah Al A’raf ayat 180 berikut:

وَلِلّٰهِ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى فَادْعُوْهُ بِهَاۖ وَذَرُوا الَّذِيْنَ يُلْحِدُوْنَ فِيْٓ اَسْمَاۤىِٕهٖۗ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ ۖ - ١٨٠

Arab Latin:

Wa lillāhil-asmā`ul-ḥusnā fad'ụhu bihā wa żarullażīna yul-ḥidụna fī asmā`ih, sayujzauna mā kānụ ya'malụn

Artinya:

“Dan Allah memiliki Asma'ul-husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asma'ul-husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.”(QS. Al A'raf [7]: 180).

Asmaul Husna Al Hadi Apa Artinya?



Al Hadi merupakan satu dari 99 Asmaul Husna yang dimiliki oleh Allah swt. Asmaul Husna Al Hadi artinya ialah Yang Maha Pemberi Petunjuk.

Akar kata Al Hadi dalam bahasa Arab Klasik memiliki beberapa arti lain seperti membimbing dengan benar, menunjukkan pada jalan kebaikan yang tepat, membimbing di jalan yang benar sampai mencapai tujuan, dan membimbing yang benar memimpin ke jalan yang benar.

Asmaul Husna Al Hadi secara sederhana memiliki makna bahwa Allah swt. merupakan Dzat yang memberikan petunjukan kepada orang-orang yang beriman. Petunjuk dari Dzat Al Hadi sangat bermanfaat dan melindungi manusia dari segala hal yang membahayakan dirinya.

Penyebutan terkait pemahaman Asmaul Husna Al Hadi ditampilkan beberapa kali di dalam Al Qur’an. Adapun beberapa contoh penyebutan Al Hadi seperti dalam Surah Al Imran ayat 8 dan Surah Al Hajj ayat 54.

Dalil Asmaul Husna Al Hadi dalam Al Quran



1. Surah Al Imran Ayat 8

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً ۚاِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ - ٨

Arab Latin:

Rabbanā lā tuzig qulụbanā ba'da iż hadaitanā wa hab lanā mil ladungka raḥmah, innaka antal-wahhāb

Artinya:

“(Mereka berdoa), ‘Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.’”(QS. Al Imran [3]: 8)

2. Surah Al Hajj Ayat 54

وَّلِيَعْلَمَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ اَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَّبِّكَ فَيُؤْمِنُوْا بِهٖ فَتُخْبِتَ لَهٗ قُلُوْبُهُمْۗ وَاِنَّ اللّٰهَ لَهَادِ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِلٰى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ - ٥٤

Arab Latin:

Wa liya'lamallażīna ụtul-'ilma annahul-ḥaqqu mir rabbika fa yu`minụ bihī fa tukhbita lahụ qulụbuhum, wa innallāha lahādillażīna āmanū ilā ṣirāṭim mustaqīm

Artinya:

“dan agar orang-orang yang telah diberi ilmu, meyakini bahwa (Al-Qur'an) itu benar dari Tuhanmu lalu mereka beriman dan hati mereka tunduk kepadanya. Dan sungguh, Allah pemberi petunjuk bagi orang-orang yang beriman kepada jalan yang lurus.”(QS. An Nur [22]: 24).

Makna Membaca Asmaul Husna Al Hadi



Asmaul Husna Al Hadi dapat digunakan sebagai wirid dan zikir dalam mengingatkan diri, bahwa hanya Allah SWT yang dapat memberikan petunjuk kepada hambaNya. Di samping itu, Asmaul Husna Al Hadi juga dapat dijadikan sebagai contoh sifat dan sikap dalam menjalani kehidupan di dunia.

Dikutip dari buku Akidah Akhlak oleh Muhammad Reza Azizi (2016:13), pengamalan Asmaul Husna Al Hadi dalam diri seorang muslim dapat diwujudkan dengan menerapkan berbagai perilaku sebagai berikut:

  • Meyakini bahwa petunjuk Allah swt. banyak sekali
  • Meyakini bahwa agama merupakan petunjuk atau hidayah tertinggi
  • Memberikan petunjuk kepada orang lain dengan sungguh-sungguh dan tanpa pamrih


Baca juga artikel terkait ASMAUL HUSNA atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight