Arus Balik Lebaran 2022

Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni, Polda Lampung Siapkan Strategi

Reporter: Adi Briantika - 4 Mei 2022 09:56 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Jelang arus balik Lebaran 2022, Polda Lampung menyiapkan strategi bagi para pemudik yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni.
tirto.id - Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno memimpin rapat koordinasi lintas sektoral dalam menghadapi lonjakan pemudik yang akan menyeberang melalui Pelabuhan Bakauheni pada arus balik Lebaran 2022.

Contoh strategi, misalnya terjadi kemacetan panjang kendaraan roda empat mulai dari pintu masuk Pelabuhan Bakauheni hingga jarak beberapa kilometer, maka akan dilakukan sistem buka-tutup Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS).

Lantas para pemudik yang masih berada di jalan tol akan diarahkan masuk ke dalam parkir yang berada di area peristirahatan JTTS.

"Bila (macet) melebihi 1 kilometer sampai 4 kilometer, semua kendaraan akan kami masukkan (arahkan) ke area peristirahatan. Di situ ada fasilitas yang bisa dimanfaatkan pemudik," ujar Hendro, di Pelabuhan Bakauheni, Selasa, 3 Mei 2022.

Kemudian dari arah jalur arteri, pengendara motor yang akan memasuki Pelabuhan Bakauheni bakal diarahkan melalui jalur khusus yang terdapat gerbang tol khusus. Pihak Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) pun telah menyiapkan penjualan tiket di luar area pelabuhan untuk mengurangi kemacetan.

Penjualan tiket akan berada di JTTS KM 87, KM 49 dan KM 20. Sementara di jalan arteri, penjualan tiket terdapat di RM Alam Mutiara, RM Siang Malam, dan lintas timur RM Tiga Saudara.

"Nanti ada petugas yang akan membantu bagaimana membeli tiket. Harapan kami bisa mulai dari awal perjalanan sudah ada tiket," kata Hendro.

Jika terjadi penumpukan penumpang yang akan menggunakan dermaga eksekutif sementara dermaga reguler sepi, maka penumpang akan dialihkan ke dermaga reguler, maka pihak ASDP akan mengembalikan dana dari tiket eksekutif tersebut.


Baca juga artikel terkait ARUS BALIK LEBARAN 2022 atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Maya Saputri

DarkLight