Arti Rahajeng Rahina Galungan lan Kuningan Ucapan Hari Raya 2021

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 14 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Arti dari Rahajeng Rahina Galungan lan Kuningan ucapan untuk hari raya umat Hindu 2021.
tirto.id - Rajaheng rahina Galungan lan Kuningan biasanya diucapkan kepada umat Hindu yang pada hari ini, Rabu (14/4/2021) merayakan Hari Raya Galungan 2021. Sementara itu, Hari Raya Kuningan akan diperingati 10 hari setelah Galungan, tepatnya pada 24 April 2021.

Arti dari rajaheng nyanggra rahina Galungan lan Kuningan adalah: selamat menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan. Ucapan ini bisa diberikan hari ini pada kerabat atau rekan-rekan Hindu yang merayakan Hari Raya Galungan 2021.

Selain rahajeng rahina Galungan lan Kuningan, Anda juga bisa memberi ucapan lain untuk umat Hindu di Hari Raya Galungan dan Kuningan.

1. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa Asung Kertha Wara Nugraha kepada kita sekalian dalam pengabdian kita sesuai dengan swadharma masing-masing.

2. Selamat Hari Raya Galungan & Kuningan. Teruslah bekerja di jalan dharma.

3. Rahajeng Nyangre Rahina Galungan - Kuningan 2021.

4. Selamat Hari Raya Galungan & Kuningan 2021. Mari merayakan kemenangan dharma melawan adharma dengan kedamaian.

5. Rahajeng Rahina Galungan lan Kuningan. Dumogi sareng sami manggih kerahayuan.

Hari Raya Galungan dan Kuningan di Bali


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, menggelar pasar tani menjelang hari raya Galungan dan Kuningan 2021 agar masyarakat mendapatkan bahan pokok dan bahan upacara yang murah sedangkan produk petani dapat langsung dipasarkan dan dibeli masyarakat.

"Pasar tani dilaksanakan guna membantu petani memasarkan hasil pertanian. Pasar tani dilaksanakan untuk mendekatkan petani dengan konsumen,” ujar Kepala Dinas Pertanian Gianyar I Made Raka dalam siaran pers Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gianyar, seperti dikutip Antara News.

Ia mengemukakan bahwa hal ini adalah kegiatan rutin yang biasa dilaksanakan setiap enam bulan sekali menjelang penyelenggaraan hari raya Galungan dan Kuningan.

Kegiatan ini memasarkan produk hasil pertanian dan UMKM binaan Disperindag dan TP PKK Kabupaten Gianyar, Pemerintah Kabupaten Gianyar menggelar pasar tani di areal parkir Kantor Bupati Gianyar.

Beberapa petani yang tergabung dalam asosiasi petani hortikultura Kabupaten Gianyar ikut menjajakan hasil pertaniannya. Dimana diantaranya ada yang dari Kecamatan Payangan, Tampaksiring, Tegalalang bahkan ada yang dari Kecamatan Sukawati.

Ada beberapa produk pertanian yang dijual, seperti pisang, jeruk, sayuran, janur, aneka bumbu masakan, dupa dan beberapa produk kebutuhan upacara menjelang hari raya. Sedangkan Disperindag menjual sembako bekerjasa sama dengan Perum Bulog Bali, dan dari TP PKK Gianyar dijual beberapa kue-kue kering khas hari raya.

Sementara itu, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar Luh Gede Eka Suary mengatakan kegiatan ini membantu petani, pasar tani dan juga membantu pelaku UMKM dalam memasarkan hasil produksinya.

Pasar tani itu, ujar dia, juga bertujuan meningkatkan pendapatan petani dan pelaku UMKM melalui pemanfaatan produk lokal untuk meringankan beban masyarakat dalam menyambut hari raya Galungan dan Kuningan di tengah pandemi COVID-19.

Salah satu bahan yang dibeli warga jelang Galungan adalah daun lontar untuk pernak-pernik perlengkapan sesajen. Umat Hindu merayakan Hari Raya Galungan pada Rabu (14/4/2021) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penyebaran COVID-19 klaster upacara keagamaan.

Baca juga artikel terkait HARI RAYA GALUNGAN atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight