Kartu Prakerja

Arti Prakerja Sedang Dievaluasi Saat Daftar Gelombang 12

Oleh: Yantina Debora - 24 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Evaluasi Kartu Prakerja dilakukan usai peserta melakukan pendaftaran gelombang 12. Hasil evaluasi akan diumumkan Tim Prakerja melalui SMS.
tirto.id - Status "sedang dievaluasi" menjadi salah satu yang ditanya oleh para pendaftar Program Kartu Prakerja gelombang 12 di media sosial. Pendaftaran Prakerja gelombang 12 telah dibuka sejak 23 Februari 2021 di www.prakerja.go.id.

Dikutip dari FAQ Prakerja, data pendaftar Prakerja akan dievaluasi setelah membuat akun dan melakukan pendaftaran termasuk mengisi data hingga mengunggah foto KTP. Tepatnya setelah melakukan tes.

Evaluasi itu untuk memastikan terkait kelengkapan data, mulai dari nama, nomor KTP, KK hingga kelengkapan data yang disyaratkan pihak Prakerja.

Pastikan saat melakukan pendaftaran, Anda mengisi kolom dengan data yang valid dan benar. Proses pendaftaran Prakerja diawali dengan membuat akun di prakerja.go.id.

Masukkan email dan password Anda yang masih aktif, lalu klik Daftar. Anda akan menerima notifikasi di email.

Selanjutnya buka email dan lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email. Jika sudah membuat akun, buka laman www.prakerja.go.id. Klik Login pada Laman Depan.

Masukkan email dan password akun sudah didaftar dan Klik Login. Masuk ke dashboard akun. Pada bagian verifikasi KTP, isi NIK, nomor KK dan tanggal lahir Anda, lalu klik Berikutnya.

Lengkapi data diri Anda dan unggah foto KTP. Pastikan foto KTP Anda susah sesuai dengan syarat yang ditentukan oleh Prakerja.

Syarat Foto KTP Prakerja Gelombang 12 adalah:

1. Berukuran maksimal 2MB;
2. Format JPEG/PNG;
3. Pastikan Seluruh bagian KTP Anda berada dalam bingkai foto;
4. Bukan fotokopi KTP.

Selanjutnya lakukan verifikasi nomor handphone dan klik Kirim. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke No ponsel Anda dan klik Verifikasi.

Selanjutnya, isi Pernyataan Pendaftar. Isi sampai selesai, jika sudah selesai klik Oke. Berikutnya, Anda wajib melakukan Tes Motivasi & Kemampuan Dasar.

Klik Mulai Tes Sekarang. Setelah mengisi tes, dikutip dari website Prakerja, hasil tes akan dievaluasi. Selanjutnya ikut seleksi Gelombang. Pilih Gelombang yang Anda inginkan. Selanjutnya akan muncul konfirmasi pilihan Gelombang Anda. Bila sudah sesuai, klik Ya, Gabung

Setelah mengisi Gelombang, akan muncul Persetujuan Kartu Prakerja yang berisi beberapa pernyataan. Anda harus klik Saya menyetujui untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya.

Selanjutnya Anda akan menerima notifikasi apakah Anda lolos gelombang 12 atau tidak melalui SMS setelah penutupan Gelombang.

Pengumuman terkait kapan hasil seleksi Prakerja ini bisa pantau melalui media sosial Instagram resmi milik Prakerja.

Dikutip dari Setkab, pemerintah memutuskan untuk melanjutkan Program Kartu Prakerja di tahun 2021, dengan total anggaran sebesar Rp10 triliun untuk Semester I tahun 2021.

Manfaat Program Kartu Prakerja pada Semester I tahun 2021 sebagai berikut:

1. Bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta;
2. Dana insentif pasca-pelatihan sebesar Rp2,4 juta yang akan diberikan sebesar Rp600 ribu selama 4 bulan;
3. Dana insentif pengisian tiga survei evaluasi sebesar Rp150 ribu yang dibayarkan sebesar Rp50 ribu setiap survei.

Insentif Prakerja ini bisa digunakan untuk meringankan biaya selama mencari pekerjaan atau bisa juga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Total kuota Prakerja untuk semester I sebanyak 2,7 juta orang. Selain itu, setiap KK dibatasi maksimal dua anggota keluarga yang bisa menjadi penerima Kartu Prakerja.

Sedangkan kuota peserta Prakerja pada Gelombang 12 ini dibatas sebanyak 600 ribu orang. Peserta yang lolos bisa mengikuti pelatihan yang mana saat ini mencapai 1.700 pelatihan dari 154 Lembaga Pelatihan.


Baca juga artikel terkait PRAKERJA GELOMBANG 12 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight