Arti Lirik ON Lagu BTS di Album Comeback Map of The Soul: 7

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 28 Februari 2020
Dibaca Normal 2 menit
Lirik ON BTS dan makna di balik title track album Map of the Soul: 7.
tirto.id - BTS mengungkap arti lirik "ON", lagu atau title track dari album comeback mereka, Map of the Soul: 7. Leader BTS, RM menyatakan album ini merupakan cerminan dari perjalanan karier mereka selama 7 tahun bersama sejak debut pada Juni 2013.

"Album ini seperti sebuah deklarasi, sebuah pernyataan bahawa kami menerima nasib kami, kami menerima bayangan dan cahaya yang kami terima pada saat yang sama," ujar RM, seperti dikutip Refinery29.com.

"ON" menurut BTS adalah cerminan dari single mereka yang dirilis pada tahun 2013, "N.O" sebuah lagu hip-hop soal tekanan masyarakat yang menuntut anak-anak muda untuk selalu menjadi yang terbaik. Opening lagu "ON" dinyanyikan oleh Jimin dan V.

"Having woken from sleep and opened my eyes, I wonder where 'here' is / Perhaps Seoul, or New York or Paris / Having gotten up, my body sways."

Anggota BTS, yang sekarang berusia 20 tahunan tidak lagi merasakan beban tekanan akademis atau orang dewasa, mereka menggambarkan musuh baru yang jauh lebih mengancam: diri mereka sendiri.

Dalam baris pertama "ON" BTS mengakui dibungkus dalam kegembiraan bangun "di Seoul, atau New York atau Paris," dan dengan setiap lompatan yang mereka ambil untuk naik lebih tinggi, iblis mengikuti ("Ketika saya mengangkat satu kaki, bayangan tumbuh satu langkah lebih besar").

Fans mungkin mengingat sebuah puisi yang ditulis Suga dalam episode 2018 dari seri reality Run BTS!, yang berbunyi: "Memang benar bahwa semakin banyak cahaya yang menyinari kita, semakin banyak bayangan muncul."

Bayangan adalah referensi dari ide psikoanalitik Jung yang menyebut pikiran manusia terdiri dari arketipe utama yang membentuk kepribadian seseorang: kepribadian, bayangan, ego, dan diri.

Rapper Suga mengungkapkan ketakutannya saat ia menghadapi bahaya ketenaran di "Interlude: Shadow" yang memulai serangkaian lagu baru di MOTS7.

"Aku takut, terbang tinggi itu menakutkan," katanya, "tidak ada yang memberitahuku betapa sepinya di sini." RM melanjutkan dengan ketakutan yang sama dalam lirik "ON".

"Lihatlah kakiku, lihat ke bawah / Bayangan ini yang menyerupai aku / Apakah benda itu bergerak pada kenyataannya orang ini / Atau apakah itu ujung jari kakiku / Tidak mungkin itu tidak menakutkan / Tidak mungkin semuanya baik-baik saja."

Dengan kalimat terakhir, RM menggemakan sentimen yang pernah ia ungkapkan di depan umum - bahwa alih-alih mengabaikan atau melarikan diri dari tantangan yang mereka hadapi, mereka harus belajar untuk hidup bersama hal itu. ("Bersama dengan angin hitam itu, aku terbang").

Akan tetapi single lagu "ON" jauh dari pengakuan kekalahan. BTS mengidentifikasi ketakutan untuk membuat mereka lebih kuat, bukan lebih lemah. BTS memulai seruan mereka dalam sebuah lirik "Tidak ada yang dapat menahan saya karena Anda tahu saya seorang pejuang." (Can’t hold me down cuz you know I’m a fighter.)

BTS menyatakan mereka memperhitungkan sisi gelap "penjara indah" dan memilih untuk berjalan di jalur ini. Dalam single debut 2013 mereka, "No More Dream" lirik yang dinyanyikan Suga menyebut dia menginginkan "rumah besar, mobil besar, dan cincin besar."

Dalam "NO" BTS bertanya, "rumah yang bagus, mobil yang bagus - bisakah hal-hal seperti itu membawa kebahagiaan?" Jawaban dari pertanyaan itu rumit. Tetapi bahkan ketika kebahagiaan mereka terancam, mereka terus bernyanyi, "If you don’t want to be driven insane, you’ve got to be insane / I throw all of myself into this two-sided world [...] You can’t hold me down cuz you know I’m a fighter."

Dalam pidato penerimaan mereka di Mnet Asian Music Awards 2018, BTS mengungkapkan, mereka sempat membicarakan untuk bubar setelah mereka "sangat menderita." Akan tetapi melalui perilisan MOTS7 dan "Black Swan," kelompok ini menegaskan bahwa hasrat mereka untuk membuat karya seni membuat mereka terus maju.

Lirik ON BTS Terjemahan Bahasa Inggris


Berikut ini terjemahan lagu ON versi bahasa Inggris, seperti dikutip dari Seventeen.

Jimin and V:
I can't understand what people are sayin'
Who and what do I need to follow
With each step then again grows the shadow
Where is this place I open my eyes to
Maybe Seoul or New York or Paris
I get up, unsteady on my feet

RM:
Look at my feet, look down
The shadow resembles me
Is it the shadow that's shaking
Or is it my feet that are trembling
Of course I'm not unafraid
Of course it's not all okay
But I know
Awkwardly I flow
I fly together with that black wind

Jimin, Jungkook, and Jin:
Hey na-na-na
Gotta go insane to stay sane
Hey na-na-na
Throw myself whole into both worlds
Hey na-na-na
Can't hold me down 'cuz you know I'm a fighter
Carried myself into this beautiful prison
Find me and I'm gonna live with ya

BTS:
Eh-Oh
Bring it, bring the pain, oh yeah
Eh-Oh
Come on up, bring the pain, oh yeah
Rain be pourin'
Sky keep fallin'
Everyday oh na-na-na
Eh-Oh
Bring it, bring the pain, oh yeah

J-Hope:
Bring the pain
It'll become my blood and flesh
Bring the pain
No fear, now that I know the way
Breathe on the small things
My air and my light in the dark
The power of the things that make me, "me"
Even if I fall, I come right up, scream

Suga:
Even if I fall, I come right up, scream
That's how we've always been
Even if my knees drop to the ground
As long as they don't get buried
It won't matter
Win no matter what
Whatever you say, whatever they say
I don't give a uhh
I don't give a uhh
I don't give a uhh, yeah

Jimin and V:
Hey na-na-na
Gotta go insane to stay sane
Hey na-na-na
Throw myself whole into both worlds
Hey na-nana
Can't hold me down 'cuz you know I'm a fighter
Carried myself into this beautiful prison
Find me and I'm gonna live with ya



Baca juga artikel terkait KPOP atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Musik)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight