Arti Harbolnas 12.12 2020 dan Mengapa Dilakukan Tiap 12 Desember?

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 11 Desember 2020
Dibaca Normal 3 menit
Kepanjangan Harbolnas 12.12 dan mengapa diperingati pada 12 Desember?
tirto.id - Harbolnas artinya Hari Belanja Online Nasional 12.12, perayaan belanja tahunan yang dilakukan setiap 12 Desember. Harbolnas memakai tanda pagar #BelanjaUntukNegeri dan menyajikan berbagai promo serta diskon dari sejumlah e-commerce.

Harbolnas adalah kegiatan tahunan yang diprakarasai bersama oleh enam e-commerce besar di Indonesia sejak 12 Desember 2012. Enam e-commerce itu adaah Lazada Indonesia, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka dan Bukalapak.

Pesta belanja dengan diskon terbesar ini didukung sejumlah mitra seperti pelaku industri telekomunikasi, perbankan, logisitik hingga media.

Harbolnas 2020 yang kini dikawal Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) diklaim berkembang signifikan dibuktikan dengan jumlah peserta yang mencapai lebih dari 250 platform belanja online.

Promo dan diskon Harbolnas 12.12 tak hanya datang dari e-commerce, tetapi juga restoran, mal, dan berbagai macam tempat yang menjual kebutuhan Anda.

Jangan lupa nyalakan pengingat jika Anda hendak mengikuti atau berbelanja di Harbolnas 12.12 tahun ini. Shopee menawarkan promo gratis ongkir hampir di semua toko hingga flash sale 12 ribu, dan lain-lain.

Sementara itu, Lazada, sebagai salah satu pemrakarsa Harbolnas 12.12 juga menawarkan promo menarik pada puncak diskon 12.12 dengan gratis ongkir dan harga barang serba Rp12 ribu, serta diskon mencapai 70 persen.

Berikut ini beberapa promo dan acara yang digelar pada Harbolnas 12.12.

1. Shopee 12.12 Birthday Sale

Shopee akan menggelar festival belanja bertajuk Shopee 12.12 Birthday Sale pada, Sabtu (12/12/2020), pukul 19.00 WIB. Acara ini sekaligus memperingati hari ulang tahun Shopee yang ke-5.

Puncak promo akan berlangsung pada 12 Desember 2020, mulai pukul 00.00 WIB. Promo yang ditawarkan yaitu gratis ongkir mulai Rp0 hingga Rp120 ribu, voucher diskon Rp12 ribu, cashback hingga Rp1,2 juta, dan banting harga Rp12.

Ada juga promo flash sale produk Apple berupa iPhone 11 Pro seharga Rp12 ribu dari harga Rp28,9 juta. Flash sale ini berlangsung mulai pukul 00.00 WIB hingga 01.00 WIB.

Untuk informasi lebih lanjut terkait promo Shopee 12.12, bisa diperoleh melalui tautan berikut ini https://shopee.co.id/m/12-12-peakday-teaser-2020.

Shopee juga akan menghadirkan penampilan spesial dari idol group asal Korea Selatan, GOT7. Acara #ShopeeDatenginGOT7 bisa disaksikan melalui siaran langsung di SCTV, RCTI, ANTV dan MNCTV.

GOT7 juga telah mengirimkan sebuah pesan video kepada para Ahgasae di Indonesia.

"Surprise. Halo Sobat Shopee dan I GOT7 Indonesia, Kami GOT7. Jangan lewatkan penampilan kami di SHopee Indonesia 12 Desember 2020, pukul 7 malam. GOT7 Bucin," begitu pesan video yang diunggah GOT7.

2. Zalora Harbolnas 12.12

Zalora menawarkan diskon extra 22 persen + cashback 15 persen dan gratis ongkir tanpa minimum pembelian pada Harbolnas 12.12 dengan konde voucher: ZLRFORYOU, eksklusif untuk pengguna baru.

Zalora juga menyiapkan kapasitas gudang hingga menambah tim menjelang Harbolnas 12.12. Zalora menambah gudang baru tahun ini, yang memiliki kapasitas dua kali lebih besar dibanding yang sudah ada.

Prediksi Zalora, Harbolnas 12.12 tahun ini akan naik lebih dari 100 persen dibanding tahun sebelumnya akibat popularitas belanja online naik sejak pandemi virus corona.

Zalora Indonesia menambah jumlah tenaga kerja 10 kali lipat agar mereka bisa lebih cepat memproses pengiriman pesanan pelanggan.

Harbolnas 12.12 di Zalora berlangsung sejak tanggal 1 Desember hingga puncak pada 12 Desember. Saat ini terdapat lebih dari 90.000 produk berupa pakaian, aksesoris, sepatu dan tas, berasal dari merek lokal maupun internasional di platform tersebut.

3. Blibli Histeria 12.12

Aktor Korea Selatan Park Seo Jun, yang terpilih sebagai brand ambassador e-commerce Blibli, akan memeriahkan acara diskon Blibli Histeria 12.12 melalui live stream dan tayangan spesial.

VP Business Development dan Project Lead Blibli Histeria 12.12, Cindy Kalensang, mengatakan, kepuasan pelanggan menjadi tujuan utama saat Blibli membuat berbagai program, termasuk rangkaian Harbolnas 2020 berkonsep one stop e-shopping entertainment.

"Pelanggan merasa lebih antusias untuk membeli produk para seller dan brand yang kami tawarkan. Tidak sekadar penawaran produk berkualitas dalam harga kompetitif, tapi kami juga hadirkan pengalaman berbeda ketika belanja online," ujar Cindy melalui keterangannya, Kamis.

Live stream dengan Park Seo Jun, dalam format "Fan Party and Fun Talkshow", akan hadir di tanggal 11 dan 12 Desember 2020 pukul 20.00 WIB dan dapat disaksikan di situs dan aplikasi Blibli.

Melalui livestream ini, para pelanggan dan penggemar Park Seo Jun dapat menikmati tayangan dimana Park Seo Jun akan menyapa penonton untuk pertama kalinya di Indonesia sambil mengikuti festival belanja Histeria 12.12.

Selain itu, Blibli juga akan menyuguhkan sejumlah penawaran dan permainan mulai tanggal 7-13 Desember 2020.

Produk yang ditawarkan mulai dari produk kebutuhan sehari-hari hingga gaya hidup seperti groceries, perangkat digital hingga otomotif, yang diselenggarakan 7-13 Desember 2020.

Blibli Lelang mulai Rp1.000 yang diselenggarakan di aplikasi Blibli, untuk mendukung lifestyle pelanggan yang praktis dan tech savvy.

Program Diskon hingga 15 persen dengan tema harian berlangsung dari 7-11 Desember 2020 dan pada puncaknya tanggal 12-13 Desember akan ada Cashback hingga Rp1,2 juta yang berlaku untuk semua produk termasuk produk digital dan travel.

Flash Sale dengan harga mulai Rp12 ribu dari total ribuan produk, yang diselenggarakan 7-13 Desember 2020, 4 sesi dalam 1 hari.

4. Uniqlo Shop From Home

Uniqlo, ritel pakaian global asal Jepang, meluncurkan layanan "Shop from Home" pada Kamis (11/12).

"Setelah banyak permintaan dari masyarakat di seluruh Indonesia akan produk Lifewear, kami dengan senang hati mengumumkan bahwa sekarang para pelanggan dapat berbelanja produk Uniqlo langsung dari rumah," kata Naoki Kamogawa, presiden direktur PT Fast Retailing Indonesia, perusahaan pengelola Uniqlo di Indonesia, dalam siaran pers, Jumat.

"Shop From Home" adalah layanan belanja berbasis chat melalui toko Uniqlo di mana pelanggan dapat memesan produk LifeWear melalui aplikasi messenger LINE.

Pelanggan dari seluruh Indonesia bisa mendapatkan koleksi Uniqlo LifeWear melalui layanan tersebut, termasuk kota-kota yang saat ini belum terdapat toko Uniqlo.

Pengiriman dapat dilakukan dari seluruh toko Uniqlo Indonesia dengan ketentuan pengiriman dengan jarak kurang dari 40 kilometer dari area toko Uniqlo bisa dikirim melalui jasa instant kurir dan produk LifeWear akan dikirimkan pada hari yang sama.

Sedangkan untuk pengiriman dengan jarak lebih dari 40 kilometer dari area toko Uniqlo, pelanggan dapat berbelanja dengan memilih opsi toko Uniqlo PIM yang juga melayani pengiriman ke seluruh Indonesia dan produk akan dikirimkan menggunakan jasa ekspedisi.

Peluncuran ini bertepatan dengan perayaan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang dirayakan setiap tanggal 12 Desember.

5. Diskon di Platform Harbolnas

Selain beberapa e-commerce di atas, calon pembeli bisa mengecek diskon Harbolnas 12.12 melalui masing-masing platform, atau cek di situs web resmi https://harbolnas.idea.or.id/.


Baca juga artikel terkait HARBOLNAS 1212 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Ekonomi)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight