Arti FYP dan Cara Masuk FYP TikTok: Video yang Direkomendasikan

Oleh: Versatile Holiday Lado - 20 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Cara masuk FYP TikTok video yang direkomendasikan di halaman pengguna.
tirto.id - TikTok merupakan salah satu media sosial untuk membuat dan membagikan video berbagai topik dengan durasi 15 hingga 60 detik. Aplikasi ini memiliki istilah yang sering digunakan oleh penggunanya yaitu FYP.

For Your Page atau sering dikenal dengan sebutan FYP merupakan halaman pertama yang Anda buka saat membuka aplikasi TikTok.

FYP berisi umpan video yang dikurasi dari pembuat yang mungkin tidak Anda ikuti, tetapi algoritma TikTok menganggap Anda akan menyukainya berdasarkan minat dan interaksi sebelumnya.

Dengan kata lain FYP berisi video-video yang direkomendasikan oleh TikTok.

Memberi tagar #FYP adalah cara untuk mencoba dan membuatnya direkomendasikan ke halaman depan sehingga orang yang mungkin tidak mengikuti Anda berpotensi melihat konten Anda.

Anda juga dapat menggunakan tagar lain seperti #fypchallenge #foryou #foryoupage dan banyak lagi untuk mencoba dan mendapatkannya juga.

Selain menggunakan tagar, Anda dapat memaksimalkan konten yang diunggah dengan membuat video menarik untuk semua pengguna TikTok.

Dilansir laman TikTok, video yang menarik sering kali memiliki banyak kesamaan dalam membuat konten seperti konten bercerita, menarik pengguna, dan memicu percakapan.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat video Anda menonjol dari yang lain.
  • Format video: format yang tepat dan menarik untuk konten TikTok adalah video dengan format vertikal. Hal ini juga memberikan kenyaman tersendiri bagi pengguna untuk menonton video Anda.
  • Teks video: terkadang teks yang bagus sama memikatnya dengan konten video. Anda dapat memanfaatkan space untuk menambahkan teks dalam video Anda.
  • Efek kreatif, efek suara (voice), dan Sound (suara tambahan seperti musik): video dengan menggunakan efek kreatif seperti filter, suara atau musik baik konten Anda diam, bersuara, atau berduet dengan teman, dapat membantu menghidupkan konten Anda.
Yang terpenting, ingat lah bahwa siapa pun bisa menjadi creator. Di TikTok, setiap orang memiliki potensi untuk menginspirasi dan mengangkat orang lain, membangun komunitas, dan mengekspresikan diri secara otentik.

Platform ini adalah tempat Anda bebas untuk berbagi ide, memulai percakapan yang bermakna, dan memamerkan kreativitas Anda.

Kemudian, jika Anda menyukai video yang ada di FYP, Anda juga bisa mengunduhnya. Ikuti langkah download video TikTok sebagaimana dikutip dari Digital Trends berikut ini:

1. Tentukan video yang akan diunduh, tekan pada layar dan tahan beberapa detik sampai tampilan menjadi gelap dan muncul beberapa opsi. Di layar, akan terdapat pilihan dengan simbol panah bertuliskan "Simpan Video" atau "Save Video". Pilih opsi tersebut dan video akan otomatis tersimpan di memori ponsel pengguna.

2. Jika langkah di atas tak bisa digunakan, pengguna dapat mencoba mengklik ikon "Share" atau "Bagikan" dengan simbol panah di bagian kanan menu. Pilih ikon tersebut dan video akan terunduh.

4. Setiap ponsel biasanya memiliki tampilan yang berbeda-beda ketika membuka TikTok, tergantung jenis sistem operasi gawainya, baik itu iOS atau Android. Namun, secara umum, terdapat kesamaan. Cari pilihan "Save" atau "Simpan" atau "Save Video" atau "Simpan Video".


Baca juga artikel terkait TIKTOK atau tulisan menarik lainnya Versatile Holiday Lado
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Versatile Holiday Lado
Penulis: Versatile Holiday Lado
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight