Arti CT Value dalam Hasil Tes PCR: Berapa Batas Positif Covid-19?

Oleh: Yulaika Ramadhani - 22 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Bagaimana cara membaca angka CT Value kaitannya dengan positif atau negatif Covid-19?
tirto.id - Tes swab PCR adalah salah satu metode tes untuk diagnosis COVID-19. PCR merupakan metode pemeriksaan virus SARS Co-2 dengan mendeteksi DNA virus. Melalui uji ini akan didapatkan hasil apakah seseorang positif atau tidak SARS Co-2.

Dalam tahapan PCR ini, dilakukan perbanyakan materi genetik RNA secara berulang (siklus) agar dapat dideteksi, untuk mendeteksi keberadaan virus dalam tubuh seseorang. Mesin PCR berhenti berjalan pada saat virus terdeteksi, demikian dilansir laman Amari ITB.

Jumlah siklus yang diperlukan untuk mendeteksi virus tersebut inilah yang disebut sebagai CT value.

Jika sinyal positif tidak terlihat setelah 37 hingga 40 siklus, artinya tidak ditemukan virus dalam tubuh seseorang dan bisa dinyatakan bahwa orang tersebut dinyatakan negatif COVID-19.

Sebaliknya, apabila sinyal positif muncul sebelum siklus ke-40, berarti terdapat virus di dalam tubuh seseorang. Sebuah tes yang mencatat hasil positif setelah 12 siklus berarti memiliki CT value 12. Singkatnya, CT value bisa dikatakan sebagai jumlah siklus dalam deteksi virus.

- Makin rendah nilai CT (CT value), kemungkinan besar makin besar jumlah virus dalam tubuh.
- Makin tinggi CT value, makin sedikit jumlah virus dalam tubuh.

Cara Membaca Angka CT Value Kaitannya dengan Positif atau Negatif Covid-19

Batas angka CT value untuk deteksi virus Covid-19 adalah sebesar 40. Cara membaca angka nilai CT adalah sebagai berikut, sebagaimana dikutip laman Primaya hospital:

  • Nilai CT value kurang dari 29 atau <29 artinya positif covid-19 dengan jumlah virus banyak
  • CT value 30-37 artinya positif (jumlah virus sedang)
  • CT value 38-40 artinya positif lemah (jumlah virus sedikit)


PCR sendiri adalah singkatan dari polymerase chain reaction. Dibanding rapid test, pemeriksaan RT-PCR lebih akurat. Metode ini juga yang direkomendasikan WHO untuk mendeteksi COVID-19.

Swab adalah cara untuk memperoleh bahan pemeriksaan (sampel). Swab dilakukan pada nasofaring dan atau orofarings. Pengambilan ini dilakukan dengan cara mengusap rongga nasofarings dan atau orofarings dengan menggunakan alat seperti kapas lidi khusus.

Berapa harga tes PCR untuk deteksi Covid-19?

Harga swab RT PCR yang semula sekitar Rp1 juta turun menjadi Rp495 ribu untuk pulau Jawa dan Bali, serta Rp525 ribu untuk luar pulau Jawa dan Bali.

Tarif tersebut ditetapkan melalui Surat Edaran Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan nomor HK.02.02/I/2845/2021 Tentang Batas Tarif Tertinggi Pemeriksaan (RT-PCR).


Baca juga artikel terkait SWAB PCR atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Penyelia: Iswara N Raditya
DarkLight