Bursa Transfer

Arteta Ingin Belanja Pemain, Tapi Dana Arsenal Mengkhawatirkan

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 16 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Pada musim bursa transfer mendatang Michael Arteta ingin belanja pemain, tapi nampaknya Arsenal tak cukup dana.
tirto.id - Mikel Arteta mengaku khawatir dengan dana belanja pemain yang akan didapatnya pada musim panas mendatang. Manajer Arsenal itu menyebut The Gunners perlu dana untuk mendatangkan pemain berkualitas dan bersaing di papan atas Premier League.

Eks asisten Pep Guardiola tersebut bicara masalah transfer usai laga Arsenal vs Liverpool, Kamis (16/7/2020) dini hari lalu. Dalam laga itu, anak asuh Arteta berhasil menang 2-1 berkat kesalahan Virgil van Dijk dan Alisson Becker.

"Itu [dana transfer] sebuah kekhawatiran besar. Anda dapat melihat bagaimana [Liverpool] membangun mereka, dan di sana tidak ada yang ajaib, Anda perlu membenahi skuat dengan pemain berkualitas. Dan Anda memerlukan skuat yang lebih besar untuk bersaing di kompetisi ini," ucap Arteta kepada Sky Sports.

Arsenal sendiri telah menghabiskan lebih dari 135 juta paun pada musim panas lalu. The Gunners memecahkan rekor transfer untuk mendatangkan Nicolas Pepe dengan mahar 72 juta paun. Selain Pepe, Arsenal juga mendatangkan Kieran Tierney, Gabriel Martinelli, William Saliba, dan David Luiz.

Akan tetapi, lima transfer itu nyatanya tidak berhasil membawa Arsenal bersaing di papan atas. Alih-alih bersaing di empat besar, Pierre-Emerick Aubameyang dan rekan-rekan justru kesulitan bersaing di 10 besar Premier League pada paruh pertama musim ini. Hal tersebut akhirnya membuat manajer Unai Emery dipecat pada November lalu dan digantikan oleh Mikel Arteta.

Usai laga melawan Liverpool, Arteta pun menyoroti perbedaan kualitas skuatnya dengan anak asuh Jurgen Klopp. Kendati berhasil menang, Arteta menyebut The Gunners masih kalah jauh dari segi kualitas skuat.

"Anda hanya perlu melihat perbedaan antara kedua tim [Arsenal dan Liverpool]--itu sangat besar. Gap di banyak area yang tidak bisa kami benahi dalam dua bulan, tetapi gap dalam hal pertanggungjawaban, energi, komitemen, dan daya juang di antara kedua tim saat ini sama," kata eks gelandang Everton tersebut.

Berkat kemenangan atas Liverpool, Arsenal memangkas jarak dengan Wolverhampton Wanderers di peringkat enam menjadi tiga poin. Namun, peluang Arsenal untuk lolos ke zona Europa League belum aman. Dengan dua pertandingan tersisa, The Gunners masih tertinggal dari Wolves, Sheffield United, dan Tottenham Hotspur.



Baca juga artikel terkait BURSA TRANSFER PEMAIN atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Ikhsan Abdul Hakim
Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Agung DH
DarkLight