Arjen Robben Meninggalkan Bayern Munchen Akhir Musim Ini

Oleh: Beni Jo - 3 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Arjen Robben akan meninggalkan Bayern Munchen ketika kontraknya habis pada akhir musim 2018/2019.
tirto.id - Arjen Robben pada Minggu (2/12/20180 mengungkapkan rencana meninggalkan Bayern Munchen akhir musim ini. Pemain asal Belanda itu sudah bergabung dengan klub yang bermarkas di Allianz Arena pada 2009 silam.

"Saya bisa berkata, ini adalah tahun terakhir saya (di Bayern) dan tampaknya bagus jika demikian. Saya sudah putuskan secara pribadi, ini tahun terakhir," ujar pemain berusia 34 tahun, dikutip ESPN Minggu (2/12).

Robben telah mencetak 98 gol bersama Die Roten dalam 198 penampilan di Bundesliga. Sedangkan di kompetisi Liga Champions, mantan pemain Chelsea itu mampu mengantarkan Bayern tampil dalam tiga pertandingan final yaitu tahun 2010, 2012, dan 2013. Di tahun 2013, Robben berhasil mempersembahkan gelar Liga Champions ketika Die Roten menaklukkan Borussia Dortmund.

Sebelum membela Munchen, Robben pernah memperkuat beberapa klub, di antaranya Groningen, PSV Eindhoven, Chelsea, dan Real Madrid. Di Groningen, pemain yang berposisi sebagai gelandang sayap itu tampil dalam 52 laga. Sedangkan bersama PSV, tercatat 75 pertandingan di semua kompetisi.

Ketika berlabuh ke London bersama The Blues, Robben ikut andil dalam 105 laga yang dijalani Chelsea dengan menghasilkan 19gol. Sedangkan ketika memperkuat Los Galacticos, ia turut serta dalam 65 penampilan di semua kompetisi dalam rentang waktu dua tahun.

Selama di Jerman memperkuat Die Roten, Robben turut memberikan gelar Bundesliga Jerman sebanyak tujuh kali, dengan enam diantaranya diraih berturut-turut dan juga empat gelar Piala Jerman atau DFB Pokal.

"Saat ini adalah waktu yang tepat setelah 10 tahun. Klub akan tetap berkembang dan saya juga akan tetap berlanjut. Ini akhir masa yang indah dalam periode yang lama," kata rekan Franck Ribery di lini depan itu.

Bisa jadi, setelah mundur dari Bayern Munchen, Robben belum akan memutuskan untuk gantung sepatu. Kemungkinan dia akan berlabuh ke Groningen, klub pertamanya.

"
Saya belum akan berhenti sepenuhnya," ungkapnya menambahkan.



Baca juga artikel terkait LIGA JERMAN atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Beni Jo