Argentina Juara Copa America 2021, Selepas Penantian 28 Tahun

Oleh: Rofi Ali Majid - 11 Juli 2021
Dibaca Normal 2 menit
Argentina juara Copa America 2021 dengan menundukkan Brasil 1-0 di final. Ini merupakan trofi perdana La Albiceleste, usai puasa gelar selama 28 tahun.
tirto.id - Argentina juara Copa America 2021, usai menundukkan Brasil 1-0 di partai final. Lewat laga yang dihelat di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, pada Minggu (11/7/2021) pagi tadi, La Albiceleste menuntaskan dahaga gelar selama 28 tahun, selepas terakhir kali merengkuh trofi serupa pada tahun 1993 silam.

Kesuksesan di Copa America 2021 sekaligus menjadikan Tim Tango sebagai salah satu negara tersukses dalam turnamen sepak bola antar negara Amerika Selatan tersebut, yakni dengan total koleksi 15 gelar juara, sama dengan Uruguay.

Perjalanan Timnas Argentina sejak fase grup hingga final terbilang mulus. Lionel Messi dan kawan-kawan memulai kompetisi di babak penyisihan Grup A, dengan hasil imbang 1-1 kontra Chile. Namun demikian 3 kemenangan beruntun setelahnya, yakni melawan: Uruguay (1-0), Paraguay (1-0), dan Bolivia (4-1), mengantar Tim Tango lolos ke fase knock-out dengan status juara grup.

Ekuador menjadi ujian berikutnya bagi Argentina di babak perempat final. Tanpa kesulitan berarti tim besutan Lionel Scaloni itu menang telak 3-0 atas Ekuador yang juga berstatus peringkat 4 Grup B.

Ujian berat bagi Argentina baru datang pada babak semifinal kala berjumpa Kolombia. Kali ini Tim Tango dipaksa bermain imbang 1-1 hingga berakhir waktu normal 90 menit. Dalam penentuan pemenang lewat adu penalti, kiper Argentina, Emiliano Martinez tampil sebagai pahlawan. Ia sukses menepis 2 eksekutor Kolombia, sekaligus memastikan Argentina menang 3-2 dan merebut tiket final.

Sementara pada partai puncak yang dihelat pagi tadi, Lionel Messi dan kolega sukses menundukkan tuan rumah Brasil 1-0, berkat gol semata wayang Angel Di Maria pada menit 22'.

Duel kedua tim berjalan seru, terlebih selepas gawang tuan rumah kebobolan. Kedua tim coba bermain terbuka, hingga jual beli serangan dan sejumlah peluang pun ikut tercipta. Namun demikian hingga peluit panjang tanda akhir pertandingan skor tak berubah, Argentina juara Copa America 2021.

Bagi kubu Argentina kemenangan dalam laga final kali ini tentu disambut gembira sekaligus haru. Mengingat timnas senior Argentina tak pernah mengangkat trofi juara sejak 1993.

Sejatinya dalam periode puasa gelar mereka, Tim Tango pernah melangkah hingga 4 kali final Copa America, yakni 2004, 2007, 2015, dan 2016, tapi semua berakhir dengan kegagalan. Keberuntungan juga belum menaungi skuad Argentina saat takluk di tangan Jerman dalam final Piala Dunia 2014.

Oleh karenanya gelar Copa America 2021 kali ini terasa sangat spesial bagi Lionel Messi dan kawan-kawan. Pelatih Argentina, Lionel Scaloni, mengakui sekaligus memuji peran besar Messi yang juga didapuk sebagai pemain terbaik di turnamen ini.

"Bagi saya tidak ada perubahan, Messi adalah yang terbaik," ungkap Scaloni dikutip Marca.

"Dia masih akan menjadi yang terbaik. Saya akan meminta semua orang Brasil, jika Messi benar-benar perlu memenangkan piala untuk menjadi yang terbesar," imbuhnya.

Dalam kompetisi Copa America 2021, Timnas Argentina total melesakkan 12 gol dan kebobolan 3 kali. Dari jumlah tersebut Messi sukses menyumbang 4 gol dan 5 assist sekaligus mengantarnya menjadi top skor kompetisi.

Sementara torehan 8 gol Argentina lainnya dilesakkan oleh: Lautaro Martinez (3 gol), Alejandro Gomez (2 gol), lalu Angel Di Maria, Guido Rodriguez dan Rodrigo De Paul masing-masing 1 gol.

Gelar Copa America ke-15 bagi Argentina ini juga tak bisa lepas dari performa gemilang sang kiper, Emiliano Martinez. Penjaga gawang milik klub Inggris, Aston Villa tersebut, total menorehkan 12 kali saves dan 4 cleansheet. Sebuah catatan yang menjadikan Argentina sebagai tim dengan jumlah tanpa kebobolan terbaik di Copa America 2021.

"Tidak ada kata-kata untuk menjelaskan momen ini. Itu adalah mimpi yang kumiliki saat kecil. Saya berangkat ke Arsenal pada usia 17 tahun untuk mencari kehidupan yang lebih baik bagi keluarga saya. Dan setelah banyak usaha, saat ini datang, Maracanazo ini," ungkap Emiliano usai laga.

Hasil final Copa America 2021 pagi hari ini Minggu (11/7/2021).

Argentina vs Brasil (1-0)
Pencetak gol: Angel Di Maria (22’)
Assist: Rodrigo De Paul

Susunan Pemain:
Argentina (4-3-3): Emiliano Martinez; Gonzalo Montiel, Cristian Romero (German Pezzella 79’), Nicolas Otamendi, Marcos Acuna; Rodrigo De Paul, Leandro Daniel Paredes (Guido Rodriguez 54’), Giovani Lo Celso (Nicolas Tagliafico 63’); Lionel Messi, Lautaro Martinez (Nicolas Gonzalez 79’), Angel Di Maria (Exequiel Palacios 79’). | Pelatih: Lionel Scaloni

Brasil (4-2-3-1): Ederson Moraes; Renan Lodi (Emerson 76’), Thiago Silva, Marquinhos, Danilo; Fred (Roberto Firmino 46’), Casemiro; Everton (Vinicius Junior 63’), Lucas Paqueta (Gabriel Barbosa 76’), Richarlison; Neymar. | Pelatih: Tite

Statistik Argentina di Copa America 2021
Menang: 6
Seri: 1
Kalah: 0
Gol: 12
Kebobolan: 3
Cleansheet: 4
Top Skor: Lionel Messi (4 Gol)
Top Assist: Lionel Messi ( 5 assist)
Rerata Ball Possesions: 49%

Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2021 atau tulisan menarik lainnya Rofi Ali Majid
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Rofi Ali Majid
Penulis: Rofi Ali Majid
Editor: Oryza Aditama
DarkLight