Arab Saudi Bebaskan 850 Tahanan India Atas Permintaan Narendra Modi

Oleh: Yantina Debora - 21 Februari 2019
Sebanyak 850 tahanan India di Arab Saudi dibebaskan atas permintaan Narendra Modi. Saudi juga bebaskan 2.100 tahanan Pakistan.
tirto.id - Arab Saudi membebaskan 850 tahanan India atas permintaan Perdana Menteri India Narendra Modi.

Dikutip dari Aljazeera, Kamis (21/2/2019) permintaan itu disampaikan saat kunjungan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman ke new Delhi.

"Atas permintaan Perdana Menteri Narendra Modi, Yang Mulia Putra Mahkota Arab Saudi telah memerintahkan pembebasan 850 tahanan India yang ditahan di penjara Saudi," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri India.

Hingga 2019, sebanyak 2.224 warga India ditahan di Arab Saudi karena melakukan pembunuhan, penculikan, penyuapan, narkoba dan minuman alkohol.

Tak hanya di India, saat berkunjung ke Pakisatan pada Senin (18/2/2019), Putra Mahkota juga memerintahkan untuk membebaskan 2.100 tahanan Pakistan dari penjara.


Dalam kunjungan ke Pakistan, Arab Saudi menandatangani perjanjian investasi dengan Islamabad senilai 20 miliar dolar AS.

Sementara di New Delhi, Putra Mahkota mengatakan bahwa pihaknya mengharapkan peluang investasi bernilai lebih dari 100 miliar dolar AS di India selama dua tahun ke depan.

India dan Pakistan merupakan dua negara yang masuk dalam daftar kunjungan regional Pangeran Mohammed.

Menurut laporan Channel New Asia, Pangeran Mohammed juga akan berkunjung ke Malaysia, Indonesia dan Cina.

Tur regional itu dinilai sebagai bagian dari upaya untuk membangun kembali reputasinya di luar negeri setelah pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di Istanbul pada Oktober 2019.


Baca juga artikel terkait ARAB SAUDI atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Politik)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH