Apple Rilis Layanan Transfer Data dari iCloud ke Google Photos

Oleh: Shanti Dwi Jayanti - 5 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Fitur ini memudahkan pengguna iCloud memindahkan foto dan video ke Google Photos.
tirto.id - Apple merilis layanan baru yang memudahkan pengguna iCloud memindahkan foto dan video ke Google Photos. Layanan ini cocok bagi pengguna yang ingin menambah ruang kosong di iCloud miliknya, atau membuat salinan konten ke layanan lain sebagai cadangan.

Dalam halaman resmi Apple dijelaskan bahwa proses ini memakan waktu sekitar 3 dan 7 hari. Waktu ini diperlukan guna memverifikasi permintaan yang dilakukan oleh pengguna dan untuk melakukan proses pemindahan tersebut.

Apple meyakinkan pengguna bahwa proses transfer ini tidak akan menghapus konten yang disimpan di Apple. Proses ini hanyalah mengirimkan salinan konten ke layanan lain.

Hal lain yang patut dicatat adalah beberapa data dan format yang tersedia di iCloud Photos mungkin tidak tersedia di layanan lain. Data yang dimaksud adalah Smart Albums, Live Photos, dan beberapa dokumen dengan format RAW.

Adapun format-format yang dipastikan kompatibel termasuk .jpg, .png, .webp, .gif, some RAW files, .mpg, .mod, .mmv, .tod, .wmv, .asf, .avi, .divx, .mov, .m4v, .3gp, .3g2, .mp4, .m2t, .m2ts, .mts, and .mkv

Saat sudah ditransfer ke Google, nama file dari album dan video akan dimulai dengan "Copy of", dan hanya foto yang diedit terakhir yang akan ditransfer alias bukan versi aslinya.

Sayangnya, layanan ini belum tersedia secara global. Dikutip dari The Verge, pengguna yang bisa menikmati layanan ini adalah penggguna di Australia, Kanada, Uni Eropa, Islandia, Liechtenstein, Selandia Baru, Norwegia, Switzerland, UK, dan Amerika Serikat.

Jika nanti layanan ini sudah masuk ke Indonesia, berikut langkah-langkah untuk melakukan pentransferan tersebut:

1. Sign in dengan Apple ID Anda di privacy.apple.com.

2. Pilih Transfer salinan data Anda.

3. Ikuti petunjuk untuk melengkapi permintaan.

Anda juga akan diminta untuk sign in di akun Google guna memulai pemindahan. Email berisi notifikasi akan diberikan ke pengguna mengenai permintaan transfer dan saat transfer sudah selesai dilakukan.

Dikarenakan ruang penyimpanan di akun Google dan juga Google Photos terbatas, maka tidak semua konten akan bisa disalin. Adapun Google Photos memiliki batasan 20.000 foto per album. Foto di luar jumlah tersebut masih bisa ditransfer namun tidak bisa ditambahkan ke album.


Baca juga artikel terkait APPLE atau tulisan menarik lainnya Shanti Dwi Jayanti
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Shanti Dwi Jayanti
Penulis: Shanti Dwi Jayanti
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight