Apple Rilis iCloud 125 untuk Windows, Pembaruan Password Manager

Oleh: Ega Krisnawati - 23 Agustus 2021
Dibaca Normal 1 menit
Apple semakin meluaskan pelayanannya dengan merilis iCloud untuk Windows.
tirto.id - Apple baru saja merilis aplikasi iCloud untuk Windows versi 12.5 dengan menambahkan aplikasi pengelola kata sandi Keychain untuk pengguna Windows.

Menurut laman Tech Radar, pembaruan aplikasi iCloud untuk Windows versi 12.5 juga dilakukan karena Apple ingin melakukan kooperasi dengan Windows. Pasalnya, mereka sudah lama selalu berkompetisi untuk menyajikan aplikasi terbaik bagi pengguna.

Hal ini membuat penggunaan Apple semakin meluaskan pelayanannya dengan merilis iCloud untuk Windows versi Kata Sandi iCloud yang lebih stabil, lebih andal, dan akhirnya memungkinkan pengguna Mac dan iOS mengelola Keychain mereka bahkan di Windows.

Meski proses perilisannya sempat tersendat karena harus mengalami masa percobaan terlebih dahulu. Peluncuran aplikasi iCloud untuk Windows versi 12.5 memungkinkan penggunanya untuk mengakses kata sandi yang disimpan di akun iCloud pengguna dari browser Web.

Kendati, harus bergantung pada aplikasi iCloud untuk Windows. Tapi, terdapat sejumpah keuntungan bagi penggunanya, berupa memungkinkan pengguna untuk menelusuri, mengelola, menambah, mengedit, menyalin, dan menempel.

Selain itu, menghapus, mencari nama pengguna atau kata sandi, dan memperbarui kredensial yang disimpan di iCloud Keychain dari perangkat Windows mereka.

iCloud‌ untuk Kata Sandi Windows adalah bagian dari pembaruan iCloud‌ untuk Windows 12.5, sehingga pengguna Windows dapat mengunduhnya dari Microsoft Store.

Aplikasi iCloud‌ untuk Windows dirancang untuk memungkinkan pengguna Windows mengakses file iCloud‌, foto, email, dan lainnya dari perangkat Windows.

Pengguna harus menyinkronkan kata sandi antara Mac dan Windows terlebih dahulu, karena keduanya tidak dapat bekerja beriringan begitu saja, pengguna harus mengaturnya di Pengaturan iCloud terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, pengguna juga harus memiliki akun Apple dengan otentikasi dua faktor yang diaktifkan terlebih dahulu dengan perangkat Windows minimal 10 versi 18362.145 dan macOS 11, demikian yang dilansir dari laman Slash Gear.

iCloud untuk Windows

Untuk mengakses fungsionalitas Kata Sandi iCloud yang baru, pengguna harus mengunduh versi terbaru iCloud untuk Windows melalui Windows Store. Jika versi sebelumnya sudah diunduh pada laptop atau monitor, maka pembaruan dapat dipicu melalui halaman yang sama.

Dikutip dari laman MacRumors, setelah terunduh, kemudian pengguna harus mengaktifkan Kata Sandi iCloud melalui halaman pengaturan iCloud dan mengatur login biometrik atau berbasis pin melalui Windows Hello.

Setelah langkah-langkah ini selesai, kata sandi yang disimpan di Keychain iCloud akan disinkronkan di seluruh perangkat Windows dan Apple dan fasilitas manajemen akan tersedia melalui aplikasi Windows.

Alternatif yang jelas adalah dengan mengalihkan kata sandi dari Keychain iCloud ke pengelola kata sandi pihak ketiga (LastPass, Dashlane, dll) yang menawarkan dukungan lintas platform.

Manfaat lain adalah layanan ini cenderung menawarkan lebih banyak fitur canggih, seperti pemantauan web gelap atau bahkan penyimpanan cloud.








Baca juga artikel terkait ICLOUD atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight