Apple Perkenalkan Kartu Kredit untuk Pengguna iPhone

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 26 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Apple Card menawarkan kemudahan bertransaksi seperti Apple Pay yang terintegrasi dengan aplikasi Apple Wallet di iPhone.
tirto.id - Apple meluncurkan kartu kredit untuk pengguna iPhone bernama Apple Card. Diperkenalkan di California, Amerika Serikat, Senin (25/03/2019) waktu setempat, Apple Card menggunakan jaringan Mastercard dan dioperasikan Goldman Sachs.

Apple Card menawarkan kemudahan bertransaksi seperti Apple Pay dan didukung kemampuan untuk mengelola kartu kredit yang terintegrasi dengan aplikasi Apple Wallet di iPhone.

Beberapa kemudahan yang ditawarkan oleh Apple Card antara lain, yaitu menyederhanakan proses pemakaian, menghilangkan biaya, menawarkan suku bunga rendah, dan memberikan tingkat privasi serta keamanan yang baru.

Jennifer Bailey, Wakil Presiden Apple Pay mengatakan, Apple Card dibangun di atas kesuksesan Apple Pay yang memberikan pengguna ekosistem pengalaman pembayaran baru.

"Apple Card dirancang untuk membantu pelanggan menjalani kehidupan finansial yang lebih sehat," tambahnya seperti dikutip dari siaran pers Apple, Selasa (26/3/2019).

"Apple Card dirancang dengan pemahaman yang lebih baik tentang pengeluaran pengguna sehingga mereka dapat membuat opsi cerdas bagaimana membelanjakan uangnya," tambahnya.

Untuk menikmati layanan Apple Card, pengguna cukup mendaftar melalui aplikasi Wallet di iPhone. Proses registrasi akan selesai dalam hitungan menit dan pengguna dapat segera bertransaksi di retail offline, toko aplikasi, maupun toko online di seluruh dunia.

Hal yang menarik dari Apple Card, yaitu menampilkan informasi transaksi secara spesifik, seperti label transaksi dengan nama serta lokasi merchant, memanfaatkan teknologi machine learning dan Apple Maps.

Transaksi akan dikelola sesuai kategori, seperti makanan, belanja atau hiburan. Apple Card juga menampilkan ringkasan pengeluaran mingguan dan bulanan.

Tak hanya itu, Apple Card juga menawarkan promo cashback berupa Daily Cash untuk setiap transaksi menggunakan layanan ini.

Sebagai contoh, setiap pelanggan yang bertransaksi di Apple Store dan App Store menggunakan Apple Card akan menerima bonus Daily Cash 3% dari nilai belanja.

Daya tarik lain dari Apple Card yaitu tidak adanya biaya tahunan, denda keterlambatan, atau melebihi limit batas penggunaan. Apple mengklaim bahwa suku bunga Apple Card adalah salah satu yang terendah dalam industri ini.

Apple Card menawarkan tingkat keamanan tinggi lantaran didukung chip keamanan khusus yang digunakan oleh Apple Pay. Setiap transaksi dengan Apple Card dilindungi oleh Touch ID atau Face ID dan kode dinamis untuk proses verifikasi.

Apple juga mendesain Apple Card titanium untuk transaksi di merchant yang belum menerima Apple Pay. Kendati tanpa nomor kartu, kode keamanan CVV, tanggal kadaluarsa atau tanda tangan di kartu, Apple mengklaim Apple Card ini lebih aman dibandingkan kartu kredit fisik lainnya.

Apple Card titanium juga menawarkan Daily Cash senilai 1 persen untuk setiap transaksi yang dilakukan. Selain itu, semua informasi mudah diakses melalui Wallet menggunakan aplikasi maupun situs web.

Apple Card akan tersedia mulai musim panas ini di Amerika Serikat.


Baca juga artikel terkait APPLE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi