Aplikasi Clubhouse Kini Terbuka untuk Umum Tanpa Perlu Undangan

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 24 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Aplikasi konferensi Clubhouse kini sudah bisa digunakan oleh pengguna umum dan tidak memerlukan undangan.
tirto.id - Clubhouse telah keluar dari versi beta sehingga membuat aplikasi ini sekarang bisa digunakan secara terbuka oleh semua pengguna.

Kini siapa pun dapat mengakses Clubhouse dengan masuk melalui tautan Clubhouse, berinteraksi dengan komunitas pembuat konten, atau bergabung pada acara publik yang tersedia. Tidak ada pembatasan lagi untuk dapat bergabung.

Clubhouse merupakan jejaring sosial berbasis audio yang dirilis Maret 2020. Penciptanya adalah Paul Davison dan Rohan Seth.

Dilansir dari laman Techcrunch, untuk bisa menikmati fitur aplikasi ini, sebelumnya diterapkan sistem undangan atau daftar tunggu agar bisa bergabung.

Pada Januari 2021 lalu, melalui unggahan blog, Paul dan Rohan sudah mengabarkan kemungkinan untuk membuka Clubhouse bagi semua orang secepatnya.

Menurut mereka, sistem undangan yang diterapkan sebelumnya menjadi bagian penting dalam sejarah berkembangnya Clubhouse.

Dengan mendatangkan pengguna secara bergelombang melalui sistem undangan, telah membantu dalam pengembangan aplikasi ini secara terukur.

Melansir CNN, keputusan untuk membuka Clubhouse bagi semua orang, salah satunya dipicu oleh persaiangan dengan produk aplikasi sejenis yang dirilis oleh platform jejaring sosial ternama.

Misalnya Twitter, kini telah melakukan uji coba fitur jejaring sosial audio bernama Spaces. Sementara Facebook, telah menyiapkan fitur Live Audio Room pada akhir Juni 2021.

Sementara itu dari data yang dikeluarkan Sensor Tower, Clubhouse mengalami penurunan cukup signifikan terkait unduhan di iOS selama beberapa bulan terakhir.

Puncak unduhan terjadi pada Februari 2021 sebanyak 9,6 juta unduhan, namun merosot tajam menyentuh 719 ribu unduhan saja per Mei 2021.

Saat ini total unduhan Clubhouse di Google Play dan App Store mencapai 29,8 juta kali. Setiap hari terdapat sekira 500 ribu room yang dibuat pengguna. Rata-rata setiap pengguna menghabiskan waktu di Clubhouse selama per harinya.

Pada awal kemunculannya, Clubhouse menjadi cukup booming setelah banyak orang penting dan tenar mengisi dalam meeting.

Pemodal ventura, pemimpin teknologi, hingga selebriti banyak yang menjadi pembicara dalam diskusi. Hal ini membuat banyak orang tertarik meminta diundang dalam diskusi tersebut.

Ketenaran Clubhouse membuat nilai dilaporkan melonjak hingga 1 miliar dolar AS. Dengan melihat persaingan yang ada saat ini, Davison dan Seth mengatakan semua akan berjalan sengit.

Hanya saja, kedua cukup optimis dan bersemangat untuk membangun jejaring sosial yang berbeda dengan lainnya.


Baca juga artikel terkait CLUBHOUSE atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight