Apakah Perlu Mengonsumsi Suplemen Selama Puasa Ramadan?

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 20 April 2020
Penggunaan suplemen harus atas rekomendasi dokter dan tidak disarankan untuk jangka panjang karena ada efek samping seperti gangguan irama jantung, dan lainnya.
tirto.id - Saat berpuasa Ramadan, Anda tentu saja harus tahan tak makan minum hingga waktu berbuka dan untuk melakukannya tubuh harus sehat serta bugar terutama saat pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Lantas, perlukah mengonsumsi suplemen selama Ramadan?

"Kalau sudah makan bergizi lengkap seimbang, suplemen tidak diperlukan," kata dokter spesialis gizi dari Rumah Sakit Pondok Indah-Puri Indah, Raissa E Djuanda dalam diskusi kesehatan seperti diwartakan laman Antara News.

Sebagian orang umumnya mengonsumsi suplemen untuk memastikan asupan vitamin dan mineral cukup.

Raissa mengingatkan, penggunaan suplemen harus atas rekomendasi dokter dan tidak disarankan untuk jangka panjang karena ada efek samping seperti gangguan irama jantung, dan lainnya.

Agar tubuh tak lemas selama puasa Ramadan, menurutnya sebaiknya pilih makanan mengandung karbohidrat kompleks ketimbang yang sederhana.

Selain itu, jangan lupakan asupan lauk pauk yang beragam dengan tidak melupakan sayuran, buah dan mikronurien semisal asam lemak omega tiga yang bisa didapatkan dari teri basah, ikan salmon, tuna, ikan sarden dan lele.

Selain itu, jangan melupakan asupan proein harian demi meningkatkan massa otot dan menjaga sistem kekebalan tubuh terutama di pandemi COVID-19 seperti belakangan ini.

"Penuhi kebutuhan protein harian, karena bisa meningkatkan sistem imun dan jaga massa otot. Paling gampang makan telur dan minum susu," tutur dia.

Hal lainnya, memenuhi asupan cairan Anda saat berbuka dan sahur nanti agar tidak mengalami dehidrasi selama berpuasa. Anda mulai sekarang bisa mulai membiasakan diri memberi asupan air yang cukup untuk agar terhidrasi optimal.


Baca juga artikel terkait PUASA RAMADAN 2020 atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Kesehatan)

Sumber: Antara
Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH
DarkLight