Apa yang Membuat Drama Korea Banyak Diminati Masyarakat Kita?

Oleh: Yulaika Ramadhani - 3 Juni 2020
Dibaca Normal 2 menit
Beberapa alasan yang membuat drama Korea banyak diminati masyarakat kita
tirto.id - Selama Work From Home karena pandemi Corona COVID-19 ini, penonton layanan streaming semakin meningkat. Hal ini senada dengan peningkatan minat pemirsa Indonesia terhadap tayangan drama Korea atau drakor.

Bagaimana fenomena tersebut terjadi? Apa yang menyebabkan drakor sangat diminati masyarakat kita?

Drama Korea sepertinya memiliki resep tersendiri untuk menggaet penontonnya. Kali ini, mari kita coba telusuri “bumbu” seperti apa yang bisa membuat serial Korea digemari banyak orang.

Bagian yang paling tidak enak dari menyaksikan drakor adalah ketika serial favorit kita akan segera berakhir.

Tentunya selalu sulit untuk berpindah dari sebuah drakor setelah berminggu-minggu disuguhi berbagai momen yang romantis - terutama ketika pasangan favorit yang kita harapkan dari awal cerita akhirnya bisa bersatu setelah melewati berbagai macam tantangan.

Kita bisa mulai dengan melihat karya-karya dari salah satu pakar romansa drakor Kim Eun-sook, seorang penulis naskah yang terkenal dengan karya-karyanya di
Mr. Sunshine, Secret Garden, The Heirs, Descendants of the Sun, Goblin, dan yang terbaru, The King: Eternal Monarch.

Netflix menuliskan beberapa alasan yang membuat drama Korea banyak diminati masyarakat kita:

Perdebatan yang jenaka

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa setiap serial drakor selalu memiliki adegan perdebatan yang jenaka di antara para karakternya? Meskipun intonasi suara meninggi, namun sulit untuk menahan tawa ketika melihat cara para karakter ini berdebat.

Kadang ada saja tingkah laku lucu yang keluar ketika mereka sedang bertengkar, seperti Seo Dae-young (Jin Goo) dari
Descendants of the Sun yang gagah mendadak mengeluarkan sisi feminimnya untuk menolak permintaan Kapten Yoo Si-jin (Song Joong-ki) yang mengajaknya patungan. Kim Eun-sook pun tidak pernah luput untuk memasukkan unsur perdebatan yang jenaka ini di berbagai karyanya.


Catchphrase yang sulit dilupakan

Demi membangun karakter yang kuat, Kim Eun-sook selalu memberikan kalimat andalan bagi setiap karakter yang dibuatnya. Lihat saja Lee Gon (Lee Min-ho) dari The King: Eternal Monarch - sebagai raja yang berkuasa di Kerajaan Corea, ia berhak memberikan hukuman penggal bagi para pengkhianat kerajaan.

Namun pada kenyataannya, Lee Gon hanya mengeluarkan kata “dipenggal” untuk menggoda dan menjahili orang-orang terdekatnya.



Bromance, bromance, dan bromance

Meskipun kisah cinta drama Korea selalu berhasil melelehkan hati, kisah bromance di setiap karya Kim Eun-sook juga tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Siapa yang bisa lupa dengan
bromance antara Goblin (Gong Yoo) dan Malaikat Maut (Lee Dong-wook) yang sama tampannya di serial Goblin - walaupun sering bertengkar, mereka tidak ragu sedikitpun untuk menolong satu sama lain.

Kisah
bromance legendaris lainnya pun dapat terlihat di antara Seo Dae-young dan Yoo Si-jin di Descendants of the Sun, serta Lee Gon dan Jo Yeong/Jo Eun-sup (Woo Do-hwan) di The King: Eternal Monarch.

Sentuhan puitis

Satu hal yang dapat kita nantikan dari Kim Eun-sook adalah keindahan berbagai dialog yang puitis. Salah satu contohnya dapat dilihat di Mr. Sunshine, ketika Choi Yoo-jin (Lee Byung-hun) sedang berbicara mengenai perbedaan yang ada di dunia, termasuk perbedaan dalam kekuasaan, opini, dan status sosial, yang membuat dirinya dan Go Ae-shin (Kim Tae-ri) sulit untuk bersatu.

Kalimat-kalimat romantis

Jika Anda mencari kalimat romantis atau puitis, ada baiknya untuk membongkar kumpulan kalimat-kalimat yang romantis di karya Kim Eun-sook.

Beberapa yang bisa Anda tiru termasuk cara Kim Joo-won (Hyun Bin) di
Secret Garden yang membuat Gil Ra-im (Ha Ji-won) tersipu malu dengan mengatakan “Sejak kapan kamu terlihat secantik ini?” atau Kapten Yoo Si-jin di Descendants of the Sun yang memberikan gombalan kepada Dokter Kang Mo-yeon (Song Hye-kyo) dengan mengatakan “Di pagi hari, kamu terlihat sangat cantik. Di sore hari, kamu terlihat luar biasa cantik”.

Romansa yang epik

Sebagai seorang pakar romansa, kita tidak perlu ragu lagi mengenai kemampuan Kim Eun-sook dalam menciptakan sebuah kisah cinta yang epik.

Baik itu cinta di antara dua dunia paralel di
The King: Eternal Monarch atau cinta antara seorang laki-laki pewaris kekayaan keluarga dan seorang gadis miskin di The Heirs, kita akan dibuat naik-turun dengan segala macam adegan romantis serta mengharukan di karya Kim Eun-sook.


Baca juga artikel terkait DRAMA KOREA atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Film)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH
DarkLight