Apa yang Dimaksud dengan Tanaman Hias: Jenis-Jenis dan Contohnya

Kontributor: Nirmala Eka Maharani - 2 Jun 2022 12:29 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini adalah pengertian tanaman hias (ornamental plant), jenis-jenis yang biasa ditemui beserta contohnya.
tirto.id - Tanaman hias merupakan salah satu jenis tanaman yang paling disukai dan dibudidayakan. Selain karena keindahannya, berbagai bentuk dan tipe tanaman hias yang beragam membuat orang-orang tertarik untuk mengoleksinya.

Tanaman hias umumnya ditanaman di halaman rumah atau di tempatkan dalam ruangan menggunakan pot.

Menurut e-book Teknologi Budidaya Tanaman Hias, tanaman hias (ornamental plant) adalah tanaman hortikultura non pangan, yang dibudidayakan untuk dinikmati nilai estetika atau keindahannya.

Sementara itu disebutkan pula melalui laman simpkb.id, bahwa tanaman hias merupakan jenis tanaman yang ditanam untuk menciptakan kesan keindahan, kecantikan, serta menciptakan daya tarik.

Jenis-Jenis Tanaman Hias dan Contohnya


Tanaman hias terdiri dari berbagi jenis. Dilansir dari laman simdos.unud.ac.id, tanaman hias terbagi berdasarkan industri secara komersial dan berdasarkan nilai estetika yang dimiliki oleh organ tanaman hias tersebut.

Berdasarkan industri secara komersial, tanaman hias digolongkan menjadi beberapa jenis, di antaranya:

  1. Bunga potong (cut flower), misalnya bunga anggrek (Familia Orchidaeceae), bunga krisan (Chrysanthemum spp), bunga mawar (Rosa sp), bunga anthurium (Anthurium sp), gladiol (Gladiolus sp), dan heliconia (Heliconia sp).
  2. Bunga hias dalam ruangan (indor plants), misalnya suplir (Adianthum sp), monstera (Monstera sp), dan philodendron (Philodendron sp).
  3. Tanaman hias taman (outdoor plants), misalnya paku tanduk rusa (Staghorn ferns), sri rejeki (Aglonema), dan tanaman lidah mertua (Sansevieria).

Selanjutnya berdasarkan nilai estetika yang dimiliki oleh organ tanaman, tanaman hias dikelompokkan menjadi:

  1. Tanaman hias bunga, misalnya anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis), bunga matahari (Helianthus annuus), dan bunga lily (Lilium).
  2. Tanaman hias daun, misalnya suplir (Adiantum), siklok (Agave attenuate), dan sirih gading (Epipremnun aureum).

Dalam Modul ATH SMA Kelas XI yang berjudul Agribisnis Tanaman Hias, juga dijelaskan penggologan tanaman hias lainnya, di antaranya sebagai berikut:

1. Tanaman Pohon

Tanaman pohon adalah jenis tanaman berkayu yang biasanya mempunyai batang tunggal dan dicirikan dengan pertumbuhan yang sangat tinggi. Biasanya, tanaman pohon digunakan sebagai tanaman pelindung dan center point.

Tanaman hias yang masuk pada jenis tanaman pohon misalnya pohon palem (Roystonea regia), pohon pinang (Areca catechu), dan pohon bunga kamboja (Plumeria acuminate).

2. Tanaman Liana dan Herba

Tanaman golongan liana lebih banyak digunakan untuk tanaman rambat atau tanaman gantung. Liana dicirikan dengan batang yang tidak berkayu dan tidak cukup kuat untuk menopang bagian tanaman lainnya.

Contoh dari jenis tanaman ini adalah bugenvil (Bougainvillea spectabilis), labu (Cucurbita moschata), dan rotan tikus (Flagellaria indica).

Sementara itu, tanaman herba (herbaceus) merupakan jenis tanaman dengan sedikit jaringan sekunder atau tidak sama sekali.

Yang termasuk dalam jenis tanaman herba yakni tapak dara (Catharanthus roseus), tumbuhan mint (Mentha), dan rosemary (Salvia rosmarinus).

3. Tanaman Perdu

Tanaman perdu merupakan tanaman berkayu yang pendek dengan batang yang cukup kaku dan kuat untuk menopang bagian-bagian tanaman.

Golongan perdu biasanya dibagi menjadi tiga, yaitu perdu rendah, perdu sedang dan perdu tinggi.

Bunga lili paris (Chlorophytum comosum), krossandra (Crossandra), dan mahkota duri (Euphorbia) termasuk ke dalam jenis tanaman perdu.

4. Tanaman Semak

Tanaman semak dicirikan dengan batang yang berukuran sama dan sederajat. Contoh dari tanaman semak di antaranya bambu hias (Bambusoideae), cotoneaster (Cotoneaster horizontalis), dan beautyberry (Callicarpa).

5. Tanaman Sekulen

Tanaman sekulen adalah jenis tanaman lunak yang tidak berkayu dengan batang dan daun yang mampu menyimpan cadangan air dan tahan terhadap kondisi yang kering.

Kaktus (Cactaceae), lidah buaya (Aloe vera), dan lidah mertua (Sansevieria) termasuk ke dalam tanaman sekulen.


Baca juga artikel terkait TANAMAN HIAS atau tulisan menarik lainnya Nirmala Eka Maharani
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Nirmala Eka Maharani
Penulis: Nirmala Eka Maharani
Editor: Maria Ulfa

DarkLight