Apa yang Dimaksud Best Before dan Expired Date di Kemasan Produk?

Oleh: Cornelia Agata Wiji Setianingrum - 22 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Apa yang dimaksud dengan Expired Date dan Best Before Date? Kedua jenis keterangan ini menunjukkan kelayakan suatu produk untuk dikonsumsi, tetapi masing-masing memiliki pengertian yang berbeda.
tirto.id - Para konsumen penting untuk mengetahui tanggal kedaluwarsa setiap produk kemasan yang akan dibeli. Dengan mengetahui waktu kedaluwarsa sebuah produk, konsumen dapat memastikan produk tersebut masih layak untuk dikonsumsi atau tidak.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 180/MENKES/PER/IV/1985, definisi tanggal kedaluwarsa adalah batas akhir suatu makanan dijamin mutunya, sepanjang penyimpanannya mengikuti petunjuk yang diberikan oleh produsen.

Informasi batas waktu kedaluwarsa suatu produk biasanya tercantum pada kemasan produk. Umumnya, info itu disertai keterangan Expired Date.

Namun, ada juga kemasan produk yang juga mencantumkan tanggal layak digunakan (best before date) sebagai acuan layak atau tidaknya produk tersebut untuk dikonsumsi.

Meskipun demikian, sebenarnya kedua jenis informasi mengenai tanggal kedaluwarsa produk tersebut memiliki perbedaan maksud.

Expired Date atau tanggal kadaluwarsa adalah kode yang diberikan untuk memberi informasi mengenai batas waktu maksimal sebuah produk aman untuk dikonsumsi.

Artinya, produk yang sudah melampaui tanggal kedaluwarsa, yang tercantum di kemasan, tidak boleh dikonsumsi. Apabila produk itu tetap dikonsumsi, konsumen dapat menerima dampak buruk, termasuk dalam hal kesehatan.

Sebab, selepas tanggal kedaluwarsa, suatu produk biasa mulai mengalami kerusakan yang terlihat dari perubahan bentuk, warna, bau, penurunan nutrisi, atau dalam kasus makanan, bisa menjadi lebih kering dan mengeras.

Sementara Best Before adalah kode yang diberikan untuk menginformasikan bahwa suatu produk masih baik jika dikonsumsi sebelum waktu tetentu.

Keterangan Best Before memberikan informasi tentang kualitas terbaik suatu produk apabila dikonsumsi sebelum tanggal yang tertera pada label tersebut. Jika produk itu dikonsumsi setelah melewati tanggal yang tertera pada kemasan maka kualitasnya sudah tidak sebaik seperti sebelumnya.

Produk yang telah melewati tanggal Best Before, tetapi tidak mengalami perubahan warna, tekstur, rasa maupun aroma sebenarnya masih aman untuk dikonsumsi dan tidak berarti berbahaya. Hanya saja, kualitasnya menurun.

Namun, tanggal best before tidak lagi berlaku apabila produk kemasan sudah dibuka. Karena membuka kemasan makanan tentunya akan mempengaruhi kualitas dan kesegaran produk. Kontaminasi bakteri dari udara luar juga akan mempercepat masa penurunan kualitas produk.

Jadi, bisa disimpulkan, keterangan Expired Date berhubungan dengan keamanan suatu produk untuk dikonsumsi. Sedangkan Best Before berkaitan dengan kualitas terbaik sebuah produk untuk dikonsumsi atau digunakan.

Selain mengenal dan membedakan jenis kedaluwarsa suatu produk, konsumen juga harus mengenal tentang jenis pelabelan yang tercantum pada kemasan.

Pelabelan yang diberikan sejatinya menjadi panduan penggunaan produk yang diberikan produsen agar konsumen tidak salah menggunakan atau mengonsumsi produk.

Ada tiga jenis fungsi pelabelan yang harus diketahui oleh konsumen selain Expire Date dan Date Before seperti yang dilansir dari consumerreports.org.

Pertama adalah Sell By. Pelabelan Sell By biasanya menginformasikan tanggal yang ditetapkan produsen untuk memberi tahu pengecer kapan produk harus keluar dari rak.

Tujuan dari pelabelan Sell By adalah memastikan bahwa konsumen memiliki produk dengan kualitas terbaik, mulai dari hitungan hari hingga minggu, tergantung pada itemnya. Misalnya, susu, dengan asumsi pendinginan yang tepat, harus bertahan lima hingga tujuh hari setelah tanggal penjualan sebelum berubah menjadi asam.

Kedua, Use By. Pelabelan Use By menginformasikan tanggal terakhir penggunaan produk. Keterangan ini menjadi keterangan tentang kapan suatu produk masih memiliki kualitas terbaik. Namun, kode ini tidak terkait keamanan konsumsi produk, kecuali bila digunakan pada produk susu formula bayi.


Baca juga artikel terkait KEDALUWARSA atau tulisan menarik lainnya Cornelia Agata Wiji Setianingrum
(tirto.id - Ekonomi)

Kontributor: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Penulis: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Editor: Addi M Idhom
DarkLight