Apa Yang Banyak Dicari Warga Indonesia di Google Selama 2019?

Oleh: Yantina Debora - 12 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Warga Indonesia banyak menelusuri soal Cinta Luar Biasa, Pilpres 2019, Dua Garis Biru, Bucin hingga KKN Desa Penari di Google selama 2019.
tirto.id - Google merilis deretan penelusuran populer atau yang banyak dicari warga Indonesia di Google selama 2019. Pada 2019, warga Indonesia tercatat banyak mencari soal Cinta Luar Biasa.

"Cinta Luar Biasa" merupakan lagu milik Andmesh Kamaleng yang dirilis pada 2018 dan menjadi trending di tahun 2019. Andmesh merupakan penyanyi asal Kupang, NTT.

Ia merupakan juara ajang pencarian bakat menyanyi Rising Star Indonesia musim kedua yang ditayangkan di stasiun televisi RCTI pada tahun 2016-2017. Di YouTube, lagu "Cinta Luar Biasa" ditonton hingga 181 juta kali setelah dirilis tahun lalu.

Selain "Cinta Luar Biasa", penelusuran populer lainnya yang tercatat di Google Trend yaitu Pilpres 2019. Tahun ini Indonesia kembali menggelar pesta demokrasi pada 17 April.

Joko Widodo dan Ma'ruf bertarung melawan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno di Pilpres tahun ini. Berdasarkan hasil pemilu yang diumumkan KPU, Jokowi-Ma'ruf berhasil merebut Rp55,32 persen, sedangkan Prabowo-Sandi mengantongi 44,68 persen.

Dua Garis Biru juga menjadi salah satu penelusuran populer di Google 2019 dan masuk Google Trend. Dua Garis Biru merupakan film Indonesia tentang pendidikan seks untuk remaja rilis di bioskop-bioskop Indonesia 11 Juli 2019.

Dua Garis Biru merupakan karya sutradara dan penulis Gina S. Noer. Film berdurasi 103 menit ini berada dalam kerja sama studio produksi Starvision dan Wahana Kreator.

Warga Indonesia juga mencari soal Bucin dan KKN Desa Penari. Kisah soal KKN Desa Penari merupakan satu judul kisah horor soal KKN di Jawa Timur yang menjadi viral di Twitter.

Cerita KKN di Desa Penari ini dikisahkan terjadi pada pertengahan tahun 2009 di Kota B, satu nama kota di Jawa Timur yang disamarkan.

KKN di Desa Penari mengisahkan petualangan horor 6 orang yang namanya disamarkan sebagai Bima, Anton, Ayu, Widya, Nur, dan Wahyu di kota B yang penuh misteri. Mereka bertemu dengan Badarawuhi, jin yang konon merupakan penari di daerah tersebut.

Berikut 10 Penelusuran Populer Selama 2019:

  • Cinta Luar Biasa
  • Pilpres 2019
  • Dua Garis Biru
  • Hidup Sehat
  • Bucin
  • KKN Desa Penari
  • Telur Gulung
  • Keluarga Cemara
  • Nadiem Makarim
  • RUU KUHP

Baca juga artikel terkait GOOGLE TREND 2019 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight