Apa Upaya Satgas COVID-19 Antisipasi Varian Mu Masuk Indonesia?

Oleh: Maya Saputri - 8 September 2021
Dibaca Normal 1 menit
Satgas Penanganan COVID-19 telah melakukan beberapa langkah untuk mengantisipasi masuknya varian Mu ke Indonesia.
tirto.id - Usai munculnya varian Delta yang menyebar di seluruh dunia, kini ada varian baru yang perlu diwaspadai yakni varian Mu atau B.1.621.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan varian Mu tergolong variant of interest (VOI). Alasannya varian ini harus diwaspadai sebab memiliki kemampuan menembus sistem antibodi.

Varian ini pertama kali ditemukan di Kolombia dan ditetapkan WHO sebagai varian yang diamati atau variant of interest (VOI) per 30 Agustus 2021.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menegaskan bahwa berdasarkan hasil whole genome sequencing (WGS) per 6 September 2021, varian ini belum ditemukan di Indonesia.

"Indikasi karakteristik varian Mu, seperti lebih ganas dari varian Delta atau bisa menghindari kekebalan tubuh, masih berupa perkiraan dan masih terus diteliti lebih dalam," Wiku menjawab pertanyaan media dalam agenda Keterangan Pers di Graha BNPB, Selasa (7/9/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Ia menjelaskan VOI merupakan varian yang mengalami perubahan pada susunan genetikanya dan dapat mempengaruhi karakteristik virus. Dan saat ini karakteristik varian Mu masih diteliti terkait tingkat risiko penularannya dan kekuatannya.

Upaya Satgas Cegah Varian Mu Masuk Indonesia

Beberapa langkah telah dilakukan oleh Satgas Penanganan COVID-19 untuk mengantisipasi masuknya varian Mu ke Indonesia.

"Dalam hal ini pemerintah senantiasa berupaya mencegah masuknya varian baru dari luar Indonesia melalui pengetatan kebijakan karantina internasional, entry dan exit, testing serta persyaratan vaksin," jelas Wiku.

Selain itu, pemerintah berupaya mencegah munculnya varian baru di dalam negeri melalui strategi vaksinasi, serta melalui berbagai kebijakan menyeluruh yang mampu menekan angka kasus.

Tentunya hal ini dapat berhasil jika dibarengi peran aktif masyarakat yang tetap mempertahankan disiplin 3M dan sudah divaksinasi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo pun mewanti-wanti soal kehadiran varian Mu ini. "Saya juga ingin perhatian kita semuanya yang berkaitan dengan perhubungan mungkin Pak Menteri Perhubungan yang berkaitan dengan varian baru, varian Mu ini betul-betul agar kita lebih waspada dan detail jangan sampai ini merusak capaian yang sudah kita lakukan," kata Jokowi dalam rapat terbatas, Senin lalu.

Banner BNPB Info Lengkap Seputar Covid19
Banner BNPB. tirto.id/Fuad



Baca juga artikel terkait KAMPANYE COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Maya Saputri
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight