Apa Saja Nama-nama Planet di Tata Surya & Ciri-cirinya?

Oleh: Shulfi Ana Helmi - 3 Mei 2021
Dibaca Normal 3 menit
Selain bumi, apa saja nama-nama planet di tata surya dan bagaimana ciri-cirinya?
tirto.id - Bumi merupakan salah satu planet yang ada di tata surya. Masing-masing planet memilliki karakteristik dan ciri-ciri yang berbeda. Selain bumi, apa saja nama-nama planet di tata surya?

Tata surya adalah kumpulan benda langit. Matahari disebut sebagai pusat tata surya yang dikelilingi oleh planet-planet, komet (bintang berekor), dan meteor (bintang berpindah), demikian dikutip dari website Rumah Belajar Kemendikbud.

Marga Surya melalui buku Gerak Planet pada Sistem Tata Surya (2017:4) memaparkan, semua benda langit tersebut bergerak mengitari matahari dalam lintasan berbentuk elips atau lonjong.

Bentuk elips ini menjamin hukum kekekalan energi berlangsung dengan sempurna, sehingga tidak ada energi yang hilang saat benda langit tersebut beredar mengitari matahari.

Matahari sendiri merupakan benda langit yang dapat memancarkan panas dan cahaya. Diameternya mencapai 1.400.000 km, suhu permukaannya sekitar 5.000 derajat celcius dan bagian inti mencapai 15.000.000 derajat celcius.

Dikutip dari buku Bumi Sholat Secara Matematis (2004:25), tata surya terletak di tepi galaksi Bima Sakti dengan jarak sekitar 25.000 hingga 28.000 tahun cahaya dari pusat galaksi.

Tata surya diperkirakan terbentuk sejak 4,6 miliar tahun yang lalu, melalui gumpalan debu dan gas di angkasa yang kemudian membentuk Matahari dan planet-planet yang mengelilinginya.


Daftar Planet di Tata Surya dan Ciri-cirinya


1. Merkurius

Merkurius merupakan planet dengan jarak paling dekat dengan matahari. Diameternya sekitar 4.879 km dan jaraknya sekitar 58 km. Memiliki suhu yang sangat ekstrim, saat siang hari suhunya mencapai 430 derajat celcius dan saat malam hari mencapai -180 derajat celcius.

Merkurius bergerak mengelilingi matahari dengan cepat, sehingga hanya memerlukan 58 hari untuk satu kali orbit, sedangkan kala rotasinya 59 hari. Merkurius sering disebut bintang fajar karena terkadang terbit dan terlihat saat pagi.


2. Venus

Venus berjarak 108 juta km dari matahari dan merupakan planet paling terang di tata surya. Hal ini disebabkan oleh atmosfernya yang sangat pekat, sebagian besar berupa karbon dioksida dan awan putih karena pembakaran asam sulfat panas.

Ukuran diameter Venus 12.100 km, sedikit lebih kecil dari bumi. Planet ini memerlukan waktu 225 hari untuk satu kali orbit mengelilingi matahari, dan 243 hari untuk satu kali rotasi. Satu hari di Venus sama dengan 243 hari di Bumi.


3. Bumi

Bumi berjarak 149 juta km dari matahari dan memiliki diameter sekitar 12.700 km. Planet ini 71% berupa air dan 29% daratan. Bumi merupakan satu-satunya planet yang dihuni oleh makhluk hidup.

Untuk satu kali orbit mengelilingi matahari, Bumi memerlukan waktu 1 tahun (365,25 hari), sedangkan kala rotasinya 24 jam. Bumi memiliki sebuah satelit alami yang disebut bulan.

4. Mars

Jarak rata-rata Mars dengan matahari adalah 228 km. Ukurannya dua kali lebih kecil dari bumi, yaitu berdiameter sekitar 6.800 km.

Planet Mars mempunyai permukaan berupa batu-batuan yang mengandung besi oksida sehingga Mars disebut juga sebagai planet merah.

Mempunyai kutub es dan gunung berapi yang aktif seperti bumi. Kala revolusi terhadap matahari adalah 687 hari, sedangkan kala rotasinya 24,6 jam. Mars memiliki dua satelit yaitu Phobos dan Deimos.


5. Jupiter

Jupiter berjarak 778 juta km dari matahari. Jupiter adalah planet terbesar yang ada di tata surya, dengan diameter 142.860 km. Planet ini mempunyai atmosfer yang terdiri dari Hidrogen dan Helium.

Jupiter memiliki cincin yang sangat samar karena sebagian besar berupa kristal halus. Jupiter terdiri atas gas, tetapi tidak memiliki cahaya dan panas tinggi, sehingga disebut bintang yang gagal.

Selain itu, Jupiter juga dijuluki sang penyelamat karena dapat menyedot debu tata surya akibat gravitasinya yang kuat. Akibatnya, Jupiter menarik banyak komet dan asteroid untuk menabraknya dan tidak menabrak planet lain.

Kala revolusi Jupiter 12 tahun dan kala rotasinya 9,8 jam. Jupiter mempunyai 63 satelit di antaranya Io, Europa, Ganymede dan Calisto.

6. Saturnus

Planet Saturnus berjarak 1.428 juta km dari Matahari. Merupakan planet terbesar kedua setelah Jupiter, dengan diameter 120.000 km.

Saturnus mempunyai cincin yang berlapis terdiri dari kristal es yang lebarnya 402.000 km dan tebalnya 15 km. Kala revolusi planet ini 29,5 tahun dan kala rotasinya 10 jam 36 menit. Mempunyai 62 satelit, salah satunya yang terkenal adalah Titan.


7. Uranus

Uranus berjarak 2,9 miliar km dari matahari, diameternya mencapai 51.118 km. Uranus disebut sebagai raksasa es terbesar dengan suhu rata-rata -224 derajat celcius.

Planet Uranus sangat berbeda dengan planet lain karena sumbu rotasinya sebidang dengan bidang edarnya. Uranus memiliki kala revolusi 84 tahun dan kala rotasi 17 jam 14 menit.

Uranus mempunyai 27 satelit diantaranya Miranda, Ariel, Umbreil, Titania dan Oberon. Planet Uranus juga ditemukan memiliki cincin tetapi sulit untuk diamati karena ukurannya yang tipis.

8. Neptunus

Neptunus berjarak kira-kira 4,5 miliar km dari matahari dengan diameter 49.600 km. Keadaan planet Neptunus hampir sama dengan Uranus sehingga sering disebut planet kembar. Neptunus mempunyai cincin tetapi sangat tipis.

Kala revolusi Uranus 165 tahun dan kala rotasinya 15 jam 48 menit. Jumlah satelit yang dimiliki sebayak 13 buah di antaranya Triton dan Nereid.


Baca juga artikel terkait SISTEM TATA SURYA atau tulisan menarik lainnya Shulfi Ana Helmi
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Shulfi Ana Helmi
Penulis: Shulfi Ana Helmi
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight