Apa Saja Metode Penelitian Sosial dan Jenis-jenisnya

Oleh: Balqis Fallahnda - 19 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Metode penelitian sosial ada 2 jenis; kualitatif & kuantitatif. Metode kualitatif berdasar olah informasi sedangkan kuantitatif berdasar data terukur.
tirto.id - Setiap disiplin ilmu tidak dapat dipisahkan dari penelitian, termasuk rumpun ilmu sosial. Penelitian (research) adalah salah satu cara untuk menyelesaikan suatu masalah atau mencari jawaban dari persoalan yang dihadapi secara ilmiah.

Karakteristik Keilmuan

Penelitian menggunakan cara berfikir reflektif, berpikir keilmuan dengan prosedur yang sesuai dengan tujuan dan sifat penyelidikan. Penelitian dikatakan ilmiah jika berlandaskan pada karakteristik kelimuan yaitu:
  • Logis/Rasional, penyelidikan ilmiah adalah sesuatu yang masuk akal dan terjangkau oleh penalaran manusia.


  • Empiris, menggunakan cara-cara tertentu yang dapat diamati orang lain dengan menggunakan panca indera manusia.

  • Sistematis, menggunakan proses dengan langkah-langkah tertentu yang bersifat logis.

Para peneliti atau ilmuwan setidaknya harus memahami masalah, menguji masalah, menyiapkan solusi, melakukan uji hipotesis dan memecahkan masalah.



Metode Penelitian Sosial

Dalam penelitian sosial setidaknya ada dua metode yang sering digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dan metode penelitan kuantitatif.

a. Metode Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif mencakup penggunaan subjek yang dikaji dan kumpulan berbagai data empiris – studi kasus, pengalaman pribadi, introspeksi, perjalanan hidup, wawancara, teks-teks hasil pengamatan, historis, interaksional, dan visual – yang menggambarkan saat-saat dan makna keseharian dan problematis dalam kehidupan seseorang (Denzin dan Lincoln, 2009:2).

Data kualitatif adalah data yang berupa informasi kenyataan yang terjadi di lapangan. Penelitian dengan menggunakan metode jenis ini, biasanya akan menggunakan teknik pengumpulan data dengan dua cara yaitu wawancara mendalam dan pengamatan partisipasi/pengamatan partisipan.

Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi.

b. Metode Penelitian Kuantitatif

Penelitian dengan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang bersifat mengumpulkan data yang dapat diukur, seperti besarnya penghasilan, frekuensi perilaku, dan sebagainya. Penelitian kuantitatif dapat berupa deskripsi statistik atau studi korelasional (hubungan sebab akibat).

Metode penelitian kuantitatif digunakan untuk meneliti pada populasi dan sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan.

Pada umumnya penelitian kuantitatif lebih menekankan pada keluasan informasi, (bukan kedalaman) sehingga metode ini cocok digunakan untuk populasi yang luas dengan variabel yang terbatas.


Baca juga artikel terkait PENELITIAN SOSIAL atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Agung DH
DarkLight