Apa Saja Makanan yang Sebaiknya Tidak Dimakan Kucing?

Oleh: Siti Ninda Lestari - 12 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Daftar makanan yang sebaiknya tidak dimakan kucing demi kesehatan.
tirto.id - Kucing mungkin dikenal bagi sebagain orang sebagai sebagai pemakan segala. Tidak jarang kita memberikan makanan sisa ke kucing. Namun, tahukah Anda, kucing juga memiliki diet khusus. Artinya, Anda tidak dapat memberikan semua jenis makanan manusia ke kucing?

Tirto.id merangkum apa saja makanan yang tidak boleh dimakan kucing demi kesehatannya. Berikut ini adalah rangkuman makanan yang tidak boleh diberikan kepada kucing.

1. Produk Alkohol dan Turunannya

Mungkin memberikan alkohol kepada kucing agak terkesan lucu. Namun, alkohol tidak hanya terdapat dalam produk minuman saja. Terdapat produk alkohol yang tidak memabukkan, salah satunya produk roti yang mengandung ragi.

Dilansir dari pets.webmd.com, ragi yang ada di adonan roti atau roti untuk membuatnya mengembang, memproduksi alkohol yang dapat menyebabkan keracunan alkohol.

Sebelum roti diolah, roti membutuhkan waktu untuk mengembang, seperti itulah roti jika dimakan oleh kucing. Roti atau adonan roti yang mengembang di perut kucing, bisa melukai usus kucing.

2. Produk Susu dan Turunannya

Susu sapi dapat membuat kucing diare. Dilansir dari advantagepetcare.com.au, susu sapi dan produk turunannya mengandung laktosa. Karena kucing adalah lactose intolerant, kucing bisa muntah lalu diare.

Bagaimana dengan anak kucing yang tidak memiliki induk? Anda dapat mengganti susu kucing dengan pengganti susu (milk replacer). Pemberian keju pada kucing juga tidak disarankan karena keju merupakan produk turunan susu sapi.

3. Cokelat

Cokelat, baik milk chocolate atau dark chocolate bisa menyebabkan beberapa masalah pencernaan seperti muntah, diare, demam, bahkan kejang.

Meski cokelat dirasa nikmat di lidah manusia, cokelat mengandung dua bahan yang dapat menyebabkan kucing keracunan, yaitu theobromine dan kafein.

4. Tuna

Tuna sering dikenal sebagai olahan untuk camilan kucing, ataupun sebagai makanan pokok kucing. Bukan tidak boleh diberikan untuk kucing, namun, ikan tuna mengandung merkuri.

Pastikan Anda tidak memberikan ikan tuna yang terlalu banyak untuk kucing. Selang-seling makanan dengan pengganti ikan tuna dapat menjadi pilihan bagi kucing Anda.

5. Camilan dan Makanan Mentah

Bukan menjadi rahasia lagi jika kucing sangat menyukai camilan, baik dalam bentuk camilan kemasan kecil yang dapat dijilat ataupun camilan padat berbentuk biskuit atau permen.

Pemberian camilan yang terlalu banyak dapat menyebabkan obesitas dan diabetes pada kucing sedangkan makanan seperti ikan, daging, dan unggas yang tidak dimasak mengandung bakteri E.coli dan bakteri salmonella.


Baca juga artikel terkait KUCING atau tulisan menarik lainnya Siti Ninda Lestari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Siti Ninda Lestari
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight