Apa Saja Makanan yang Dapat Membakar Lemak Saat Tidur?

Oleh: Ahmad Efendi - 16 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Tidur selama delapan jam diketahui dapat membakar sekitar 360 kalori.
tirto.id - Menjaga tubuh tetap sehat dan mempertahankan berat badan yang ideal tentu menjadi dambaan setiap orang. Salah satu cara yang ditempuh adalah melalui pola hidup sehat seperti berolahraga, menjaga pola makan, dan tidur secara teratur.

Dari tiga hal yang menjadi bagian dari pola hidup sehat itu, olahraga diasumsikan menjadi hal yang krusial mengingat perannya dalam hal membakar lemak.

Berdasarkan penelitian yang dilansir dari WebMD, timbunan lemak dalam tubuh berisiko menimbulkan penyakit kronis seperti diabetes, gagal jantung, hingga obesitas.

Maka dari itu, sebagian orang mencari cara untuk membakar lemak melalui olahraga. Namun, yang harus diketahui bahwa tidur juga dapat membakar lemak.

Tidur selama delapan jam diketahui dapat membakar sekitar 360 kalori. Maka dari itu, untuk memperbanyak jumlah lemak yang dibakar, tak ada salahnya untuk makan dahulu sebelum tidur.

Akan tetapi, yang menjadi catatan, tak setiap makanan direkomendasikan untuk dikonsumsi sebelum tidur. Jika sembarangan, justru beberapa makanan dapat memperburuk kondisi kesehatan.

Berikut ini rekomendasi makanan yang dapat membakar lemak saat tidur, sebagaimana telah dirangkum dari Live Strong.

  • Buah Sitrus
Buah sitrus mengandung banyak vitamin C dan serat. Dua kandungan ini lah yang mampu meningkatkan kerja metabolisme tubuh serta membakar lemak. Karena, semakin cepat metabolisme bekerja, maka cepat dan banyak simpanan lemak yang dibakar.

Selain itu, keluarga jeruk ini juga memiliki sifat diuretik alami yang bisa membantu membersihkan usus dari tumpukan sisa makanan pemicu sembelit. Logikanya, semakin banyak sisa makanan yang mengeras dan menumpuk lama di usus, berat badan Anda makin bertambah.

Menariknya lagi, kandungan vitamin C dari buah-buahan jeruk juga bermanfaat menjaga kesehatan kulit selama kita tidur.

  • Susu
Sebagaimana dikutip dari Livestrong, susu rendah lemak (susu skim) atau yang tanpa lemak (fat-free) adalah makanan pembakar lemak yang baik dikonsumsi sebelum tidur. Makanan yang diolah dari bahan tersebut seperti yogurt rendah lemak atau keju (Swiss, parmesan, feta, mozzarella) juga direkomendasikan.

Hai ini karena kandungan kalsium dan mineral dalam susu bekerja sama meningkatkan kerja metabolisme tubuh untuk membakar lemak saat tidur.

Selain itu, susu juga sumber karbohidrat kompleks yang dapat membantu menjaga kadar insulin tetap rendah. Kadar insulin rendah membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar kalori.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda perlu mengonsumsinya sebanyak 1.200 higga 1.300 mg kalsium setiap harinya. Satu gelas susu ukuran 250 ml mengandung 300 mg kalsium. Maka, cobalah untuk mengonsumsi 3-4 porsi susu rendah lemak setiap hari, baik dalam bantuk murni atau olahan seperti keju dan yogurt, untuk membantu tubuh membakar lemak lebih maksimal.

  • Gandum utuh
Gandum utuh dam biji-bijian utuh seperti beras merah, beras cokelat, beras hitam, hingga quinoa diperkaya oleh serat dan karbohidrat kompleks yang membantu merangsang metabolisme tubuh untuk mempercepat pembakaran lemak.

Metabolisme tubuh yang tinggi juga menjaga kadar insulin tetap rendah. Maka itu, biji-bijian utuh menjadi salah satu pilihan makanan pembakar lemak dan kalori saat tidur.

  • Kacang-kacangan dan polong-polongan
Kacang-kacangan seperti kacang tanah, almon, kacang kedelai, kacang merah, serta jenis polong-polongan lain merupakan sumber protein nabati yang dapat membantu menjaga berat badan. Pasalnya, serat dan jenis protein dari bahan-bahan nabati membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Metabolisme tubuh yang tinggi membantu membakar lemak lebih cepat dan menjaga kadar insulin tetap seimbang, sehingga juga dianggap mampu untuk menurunkan risiko diabetes mellitus tipe 2.

Kacang juga mengandung sederet vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Jadikan segenggam kacang panggang pilihan sebagai kudapan Anda atau racik semangkuk sup kacang merah untuk menghangatkan perut sebelum tidur.


Baca juga artikel terkait DIET atau tulisan menarik lainnya Ahmad Efendi
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Ahmad Efendi
Penulis: Ahmad Efendi
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight