Apa Saja Macam-Macam Jaringan Komputer dan Topologinya?

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 21 Mei 2021
Dibaca Normal 2 menit
Mengetahui apa saja macam-macam jaringan komputer dan bagaimana topologinya?
tirto.id - Pekerjaan yang memerlukan transfer data atau informasi antara satu komputer dengan berbagai komputer lainnya dimudahkan dengan adanya jaringan komputer.

Dengan jaringan komputer memungkinkan pula printer dan peralatan penunjang lainnya digunakan secara bersamaan oleh banyak komputer. Jaringan ini dapat mengirimkan data berupa teks, gambar, audio, hingga video.

Menurut buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas 9 (Mashadi Arif Dwi Armawan), akan dilakukan melalui media transmisikabel dan non-kabel (wireless).

Dengan begitu, berbagai komputer bisa saling bertukar data, memakai hardware dan software berbarengan, hingga berbagi resource. Tiap komputer atau perangkat lainnya yang saling terhubungan di jaringan ini disebut node.

Jumlah minimal untuk bisa dibuat jaringan komputer ada dua unit komputer. Maksimal perangkat yang bisa saling terhubung dalam sebuah jaringan bisa puluhan sampai ribuan unit komputer.

Untuk mewujudkan jaringan tersebut ada tiga elemen yang mesti dipenuhi yakni sumber data (source) media transmisi (transmission media), dan penerima (receiver).

Macam-macam jaringan komputer

Melansir buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas IX (Kemdikbud 2010), jaringan komputer dapat dibagi menjadi tiga kriteria, yaitu:

1. Berdasarkan distribusi sumber informasi atau data

a. Jaringan terpusat (host based network)

Jaringan memiliki komponen yang terdiri dari komputer induk (host/server) dan satu atau lebih komputer terminal (workstation).

Komputer induk memiliki banyak data dan program aplikasi yang berguna melayani kebutuhan komputer terminal. Komputer terminal umumnya sebagai perantara untuk mengakses komputer induk.

b. Jaringan terdistribusi

Jaringan ini terdiri atas beberapa komputer induk yang berguna sebagai pusat layanan data dan program aplikasi.

Komputer terminal dapat mengaksesnya. Dengan jaringan ini, setiap komputer induk dapat melayani bagian-bagian yang berbeda.

2. Berdasarkan jangkauan wilayah geografis

a. Local area network (LAN)

LAN adalah jaringan milik pribadi yang umumnya tidak berjarak lebih dari satu kilometer. Gedung atau kampus kerap menggunakan LAN sebagai jaringan komputer. Semakin jauh jarak antar komputer, maka transfer data atau informasi berjalan lebih lambat.

b. Metropolitan area network (MAN)

Jaringan ini adalah LAN dengan ukuran lebih besar dan memakai teknologi seperti LAN> Cakupannya gedung-gedung yang jaraknya berdekatan dan bisa juga sebuah kota. Contoh jaringan MAN adalah jaringan tunggal, jaringan tv kabel, dan jaringan telepon seluler.

c. Wide area network (WAN)

Jangakau WAN lebih luas lagi ketimbang MAN dan LAN arena mencakup daerah geografis, negara, hingga benua.

Pada WAN terkumpul mesin-mesin untuk menjalankan program-program pemakai. Penerapannya seperti jaringan suatu perusahaan di luar negeri yang dapat terhubungan dengan kantor cabang di negara lain dengan memanfaatkan jarngan internet dan jaringan telepon.

3. Berdasarkan peranan dan hubungan setiap komputer dalam proses pertukaran data

a. Client server

Jaringan ini adalah jaringan komputer yang terdiri dari satu atau beberapa komputer sebagai komputer server, lalu beberapa komputer lain menjadi komputer client. Beda antara server dan client ada di software dan hardware yang dipasang pada keduanya.

b. Peer to peer

Dalam jaringan peer to peer, tiap komputer menjadi client dan sekaligus server. Umumnya jaringan ini berguna dalam urusan berbagi data atau media penyimpanan.

Topologi jaringan komputer

Jaringan komputer mamiliki skema atau topologi yang khas. Topologi jaringan adalah sebuah cara menghubungkan berbagai komputer sehinggan membentuk jaringan. Ada tiga wujud topologi jaringan yakni bus, token ring, dan star.

a. Topologi bus. Topologi bus memakai sebuah kabel tunggal atau kabel pusat dalam menghubungkan seluruh workstation dan server

b. Token Ring. Metode yang juga disebut "ring" ini, menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringannya disebut loop.

c. Topologi Star. Topologi Star menghubungkan setiap workstation secara langsung ke server melalui hub atau switch.


Baca juga artikel terkait TEKNOLOGI INFORMASI atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight