Apa Saja Isi Kotak P3K, Kegunaannya, dan Cara Pertolongan Pertama

Kontributor: Nuraini Ika - 22 Nov 2021 15:10 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Peralatan atau perlengkapan pertama pada kecelakaan yang perlu dipersiapakan di dalam kotak P3K dan kegunaannya
tirto.id - Pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) ialah pertolongan sementara yang diberikan kepada seseorang yang menderita sakit atau kecelakaan sebelum mendapat pertolongan dari tenaga medis.

P3K bertujuan memberikan perasaan tenang kepada korban, dan mencegah atau mengurangi risiko bahaya yang mungkin terjadi akibat kecelakaan tersebut.

untuk dapat melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan, tentunya diperlukan peralatan-peralatan sederhana yang biasanya dimasukkan dalam kotak dan disebut kotak P3K.

Isi Peralatan Kotak P3K



Dikutip modul PJOK Kelas IX (2020), berikut peralatan atau perlengkapan pertama pada kecelakaan yang perlu dipersiapakan di dalam kotak P3K dan kegunaannya.

  • Kasa Steril
Kasa sejenis kain tipis dan lembut yang biasaaya digunakan untuk membalut luka.

  • Plester
Plester biasanya digunakan untuk merekatkan kasa penutup agar tidak terlepas.

  • Plester obat
Pleseter yang mengandung obat ini bisanya digunakan untuk menutup luka kecil yang telah dibersihkan, misalnya luka akibat teriris benda tajam.

  • Kapas
Kapas sangat lah penting untuk membersihkan luka agar terhindar dari infeksi. Sebelum digunakan, kapas terlebih dahulu dibasahi dengan air bersih yang steril atau larutan pembersih luka, setelah itu baru dipakai untuk membersihkan luka yang kotor.

  • Gunting
Gunting di dalam kotak P3K sebaiknya menggunakan gunting perban yang tahan karat.

  • Lampu senter
Lampu senter akan sangat dibutuhkan untuk melihat luka tertentu agar lebih jelas, misalnya suatu benda yang masuk ke telinga atau melihat benda yang sangat kecil di dalam luka.

Obat-obatan P3K



Selain beriisi peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan, kotak P3K biasanya juga berisi obat-obatan ringan yang dapat dibeli secara bebas tanpa harus menggunakan resep dokter.

Obat yang biasanya ditaruh di dalam kota P3K terbagi atas obat luka ringan seperti obat merah (mercurochroom) dan Betadine; obat pencuci luka seperti Rivanol; dan obat luka bakar seperti Bioplacenton, Salep Burnazin, atau lidah buaya.

Betadine atau obat luka ringan dan obat pencuci luka seperti Rivanol bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka yang ringan seperti tersayat benda tajam.

Sementara obat luka bakar digunakan untuk mempercepat penyembuhan pada luka bakar. Obat ini sebaiknya juga disatukan dalam kotak P3K, sehingga bisa dengan mudah ditemukan saat dibutuhkan.

Sebelum mengoleskan obat luka, Anda sebaiknya mencuci luka dengan obat pencuci luka atau air terlebih dahulu agar menghindari luka dari infeksi akibat kotoran.

Cara Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K)



Selain menyiapkan perlengkapan dan obat-obatan pertolongan pertama, Anda juga perlu mengetahui cara melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan yang sering terjadi seperti pendarahan dan luka.

  • Pendarahan
Pada tiap-tiap luka akan terjadi pendarahan. Pendarahan dapat terjadi di dalam atau di luar badan. tiap luka baik itu luka luar maupun luka dalam badan harus diambil tindakan yang cepat.

Saat melakukan pertolongan pertaman, Anda harus membedakan dari mana darah itu keluar, apakah pendarahan itu keluar dari arteri, vena (pembuluh darah balik), atau kapiler (pembuluh darah rambut).

Pendarahan arteri warnanya merah muda, dan darah keluar dengan memancar sesuai dengan denyutan jantung. Pendarahan vena warnanya merah tua, keluarnya cepat, tidak ada pancaran. Pendarahan kapiler warnanya merah tua atau merah muda, tidak cepat dan berdenyut, menyelubungi permukaan luka.

Tindakan yang bisa dilakukan untuk menolong seseorang terkena pendarahan luar yaitu dengan menekan luka dengan pembalut seperti kain kasa atau sapu tangan yang bersih. Jika terjadi pendarahan di tangan atau di kaki, tangan atau kaki harus diangkat ke atas.

  • Luka
Luka adalah jaringan kulit yang terputus, robek, rusak oleh suatu sebab. Jenis luka beragam seperti luka memar, gores, tusuk, potong, robek, bacok, tembak, dan bakar.

Pertolongan pertama yang dilakukan untuk mengobati luka yaitu:

  1. Hentikan pendarahan.
  2. Tinggikan anggota badan yang terluka.
  3. Ulas luka dengan mercurrohchoom 2%.
  4. Tutup dengan kasa steril, lalu di atasnya diletakkan kapas lalu dibalut perban. Setelah luka ditaburi obat dapat juga langsung dibalut dengan pembalut cepat.
  5. Bila luka lebar dan dalam segera bawa ke rumah sakit.
  6. Gunakan obat tradisional yang banyak terdapat disekeliling kita, misal luka bakar dengan menggunakan lidah buaya, luka memar dengan menggunakan daun jambu biji, dan sebagainya.


Baca juga artikel terkait KOTAK P3K atau tulisan menarik lainnya Nuraini Ika
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Nuraini Ika
Penulis: Nuraini Ika
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight