Apa Saja Ikan yang Masuk dalam Jenis Ordo Cetacea?

Penulis: Dhita Koesno, tirto.id - 13 Sep 2022 20:25 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Jenis-jenis ordo cetacea, apa saja hewan yang termasuk dalam jenis ini?
tirto.id - Ordo Cetacea merupakan jenis hewan yang diklasifikasikan sebagai mamalia yang hidup di laut.

Kata Cetacea sendiri berasal dari dua kata, yakni cetus yang berarti hewan besar, yang berasal dari bahasa Latin; dan ketos dari bahasa Yunani yang artinya ikan monster laut yang besar.

Ada dua sub-ordo yang terbagi dari Cetacea, yakni Odontoceti dan Mysticeti.

Spesies Cetacea yang memiliki gigi masuk dalam sub Odontoceti, sementara Cetacea yang memiliki baleen atau sejenis rambut di dalam mulut yang berfungsi untuk menyaring makanan merupakan sub-ordo Mysticeti.

Indonesia memiliki sekitar 35 spesies yang masuk Ordo Cetacea, yaitu 26 spesies masuk Subordo Odontoceti dan 9 spesies masuk Subordo Mysticeti.

Mamalia laut adalah jenis hewan seperti mamalia yang berada di darat, mereka bernapas dengan paru-paru dan memiliki kelenjar susu untuk menyusui anaknya

Karenanya mamalia laut bukanlah termasuk dalam jenis ikan, hanya saja orang lebih umum menyebutnya dengan ikan, seperti paus, lumba-lumba, dan pesut, di mana ketiga hewan ini masuk dalam klasifikasi Cetacea.

Dikutip laman WWF, semua jenis Cetacea adalah semua hewan mamalia laut yang meliputi jenis paus dan lumba-lumba, termasuk pesut, porpois, dan paus berparuh (beaked whales), yang tinggal di perairan laut, payau, atau tawar.

Jenis Cetacea adalah satwa akuatik murni atau yang telah beradaptasi secara penuh terhadap ekosistem akuatik.

Infraordo Cetacea mulai terbagi atas berbagai spesies sejak 53 juta tahun yang lalu, sampai pada akhirnya berjumlah lebih dari 10 famili dan 90 spesies saat ini.

Jenis-Jenis Ordo Cetacea


Situs Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyebutkan, di Indonesia, Cetacea kebanyakan ditemukan di perairan laut Indonesia bagian timur yang cenderung dalam, seperti Laut Sawu, Laut Arafuru, Laut Sulawesi, Perairan Pulau Komodo, Perairan Raja Ampat dan Laut di Dangkalan Sahul lainnya

Berikut ini jenis hewan yang masuk dalam klasifikasi Ordo Cetacea yang bisa ditemukan di perairan timur Indonesia seperti ditulis situs Binus:

  1. Lumba-lumba gigi kasar
  2. Paus pembunuh kerdil
  3. Lumba-lumba putih Cina
  4. Paus pembunuh
  5. Lumba-lumba abu-abu
  6. Paus paruh Cuvier
  7. Lumba-lumba Fraser
  8. Paus kepala semangka
  9. Lumba-lumba hidung botol
  10. Paus pembunuh palsu
  11. Lumba-lumba totol
  12. Paus pemandu sirip pendek
  13. Lumba-lumba paruh panjang
  14. Paus sperma cebol
  15. Paus sperma
  16. Paus Bryde

Baca juga artikel terkait ORDO CETACEA atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight