Apa Saja Fungsi, Jenis dan Syarat Uang Sebagai Alat Pembayaran?

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 1 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini pengertian uang, fungsi serta syaratnya menjadi alat tukar yang resmi.
tirto.id - Uang adalah alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran dalam aktivitas ekonomi.

Jauh sebelum uang ditemukan, sistem transaksi paling umum yang dilakukan oleh manusia adalah barter atau pertukaran barang dengan benda lain yang dianggap nilainya setara.

Sistem barter efektif dilakukan di komunitas kecil mengingat tidak perlu pencatatan rumit untuk mendokumentasikan siapa yang sudah membayar dan belum.


Dalam ilmu ekonomi modern, pengertian uang adalah segala sesuatu yang diterima masyarakat umum sebagai alat tukar menukar dalam lalu lintas perekonomian, sehingga bisa dipakai untuk pembayaran dalam pembelian barang, jasa, maupun utang.

Uang juga dapat didefinisikan sebagai suatu benda dengan satuan hitung tertentu yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran sah dalam berbagai transaksi dan berlaku di dalam wilayah tertentu.

Dengan demikian, uang bisa dimaknai sebagai benda yang disetujui oleh masyarakat sebagai alat perantara dalam kegiatan tukar menukar barang dan jasa, dan sebagai alat penghitung kekayaan.


Tapi, agar uang bisa diterima semua orang, juga perlu proses. Pasalnya, untuk menjadi uang yang diterima secara luas maka harus memenuhi berbagai syarat yaitu:

- Nilainya tidak berubah dari waktu ke waktu

- Mudah dibawa

- Mudah disimpan tanpa mengurangi nilainya

- Tahan lama

- Jumlahnya terbatas

- Memiliki berbagai nilai nominal

Fungsi uang


Fungsi uang dapat dibedakan menjadi fungsi asli dan fungsi turunan.

1. Fungsi asli.

Dalam buku Ekonomi Kelas X (Depdiknas 2009), uang memiliki dua fungsi yaitu fungsi asli dan fungsi turunan. Fungsi asli dari uang yaitu sebagai alat tukar dan uang sebagai satuan hitung. Fungsi uang sebagai alat tukar.

Sebagai alat tukar, uang mudah digunakan orang untuk memperoleh suatu barang yang diinginkan. Fungsi uang sebagai satuan hitung, artinya uang memiliki satuan ukuran yang menentukan besarnya nilai dari berbagai jenis barang.

2. Fungsi turunan.

Sebagai fungsi turunan, uang memiliki berbagai kegunaan yang terdiri dari:

- Uang sebagai alat pembayaran

- Uang sebagai penunjuk harga

- Uang sebagai alat pembayaran hutang

- Uang sebagai alat penimbun kekayaan

Jenis uang


Uang memiliki beragam jenis sesuai dengan pengelompokannya. Uang bisa dibedakan dari bahan pembuatannya, nilainya, lembaga yang menerbutkan, dan kawasannya.

1. Berdasarkan bahan pembuatannya

Dari kelompok ini, uang dibedakan atas uang logam dan uang kertas. Kedua uang tersebut memiliki beragam jenis nominal

2. Berdasarkan nilai. Jenis uang berdasarkan nilai bisa dilihat dari nilai intrinsik (bahan uang) atau nominalnya. Pembagiannya terdiri atas uang bernilai penuh (full bodied money) dan uang tidak bernilai penuh (representatif full bodied money).

Menurut Modul Pengertian, Fungsi, Jenis dan Nilai Uang yang diterbitkan laman Universitas Terbuka uang bernilai penuh artinya mata uang memiliki nilai materi (intrinsik) sama dengan nilai nominal atau nilai moneternya. Sementara pada uang tidak bernilai penuh, nilai intrinsiknya lebih kecil dari nilai nominalnya.

3. Berdasarkan lembaga yang menerbitkan

Uang akan dibagi dua jenis dari sisi lembaga yang menerbitkan, yaitu uang kartal dan uang giral. Uang kartal diterbitkan oleh bank sentral. Tapi, uang gral dikeluarkan oleh bank umum dalam wujud seperti cek, bilyet, giro, dan sebagainya.

4. Berdasarkan kawasan

Jenis uang berdasarkan kawasannya dapat dibedakan atas uang lokal, uang regional, dan uang internasional. Uang lokal hanya berlaku di negara tertentu.

Uang regional adalah uang yang diterbitkan dan berlaku untuk seluruh kawasan yang memberlakukan uang tersebut seperti mata uang Euro.

Lalu, uang internasional berlaku di seluruh dunia seperti misalnya mata uang dolar Amerika Serikat.


Baca juga artikel terkait UANG atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight