Apa Saja Dampak Globalisasi Terhadap Komunikasi?

Oleh: Abraham William - 18 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Pengertian globalisasi dan apa saja dampaknya terhadap komunikasi?
tirto.id - Istilah globalisasi sudah bukan hal yang asing lagi di telinga masyarakat. Globalisasi sudah terjadi di lingkungan umat manusia. Hal ini dapat dilihat dari budaya-budaya luar yang sudah masuk ke Indonesia.

Globalisasi juga berpengatuh pada bidang komunikasi serta teknologi dan informasi yang semakin berkembang di semua negara dan mengakibatkan batasan antarnegara semakin menipis.

Majunya ilmu pengetahuan merupakan salah satu faktor utama dalam proses globalisasi. Contohnya dalam bidang komunikasi.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang komunikasi telah memperlancar arus informasi ke segala penjuru tanpa mengenal batas-batas lingkungan geografik, politik maupun kebudayaan.

Perkembangan teknologi di bidang komunikasi tersebut bukan sekadar mempermudah orang berhubungan dari jarak jauh dan menyebarkan informasi dengan cepat dan mudah, tetapi juga merangsang perubahan dalam kehidupan masyarakat.

Menurut Martha Wabba dkk dalam jurnal yang berjudul Pengaruh Globalisasi Informasi Terhadap Kehidupan Sosial Budaya Generasi Muda (Suatu Studi Di SMA Negeri 1 Beo Kabupaten Talaud) berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang komunikasi dapat dikatakan memacu masyarakat Indonesia.

Pada saat sekarang masyarakat Indonesia sedang dalam perjalanan meninggalkan kebudayaan masyarakat pertanian tradisi menuju kekebudayaan Industri dan perdagangan.

Pernyataan tersebut membuktikan bahwa globalisasi memberikan dampak yang cukup signifikan di bidang komunikasi. Namun hal itu harus didukung oleh ilmu pengetahuan yang berkembang sebelum terjadi proses globalisasi.

Dampak Globalisasi Terhadap Komunikasi


Dalam menganalisa dampak globalisasi terhadap komunikasi, ditekankan pada kegiatan ekonomi, pendidikan, serta tata nilai generasi muda. Hal ini dapat dilihat sebagai berikut.

1. Ekonomi

Kalau diperhatikan lebih mendalam terhadap ekonomi, maka yang akan tampak adalah bahwa kaum pemilik modal yang akan menguasai jaringan informasi dan komunikasi.

Pernyataan tersebut dapat dibenarkan sebagaimana dikatakan oleh Stuart hall yakni bahwa media massa merupakan sarana yang paling penting dari Kapitalisme. Apabila dikaitkan dengan Indonesia, maka hanya para pemilik modal yang akan menguasai jaringan komunikasi tersebut.

2. Pendidikan

Dampak globalisasi informasi dan komunikasi terhadap pendidikan adalah bahwa para siswa akan mendapatkan informasi dan pengetahuan baru yang berasal dari mancanegara yang sudah maju.

Majunya ilmu pengetahuan dan teknologi di negara-negara tersebut dapat merangsang para pelajar dan juga mahasiswa untuk lebih bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu.

3. Tata Nilai Generasi Muda

Tata nilai generasi muda cenderung meniru tata nilai yang datang dari Barat. Mereka meniru gaya para bintang film maupun penyanyi yang disebarkan melalui media massa.

Begitu pula tata nilai konsumtif, gaya hidup glamour yang digambarkan dalam film-film kadang kala ditiru oleh para pemuda-pemudinya.

Tata nilai tersebut sesuai dengan budaya masyarakat Barat yang mempunyai tingkat kemakmuran yang tinggi. Sedangkan kemakmuran ekonomi bangsa Indonesia masih jauh sekali.


Baca juga artikel terkait GLOBALISASI atau tulisan menarik lainnya Abraham William
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Abraham William
Penulis: Abraham William
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight