Apa Saja Ciri Ras Kaukasoid dan Sejarah Penyebarannya

Oleh: Abraham William - 8 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Ciri khas ras kaukasoid adalah kulit putih. Persebarannya antara lain di Eropa, Amerika Selatan, dan Australia.
tirto.id - Manusia di bumi mempunyai beberapa macam ras. Perbedaan ras-ras tersebut dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, seperti misalnya faktor geografis, alam, dan persebarannya. Jumlah ras di bumi ini juga beragam, mulai dari Negroid sampai Kaukasoid.

Ada beberapa teori tentang persebaran manusia pada zaman purba. Salah satu teori yang paling terkenal adalah teori Out of Africa sebagaimana dijelaskan oleh Stringer dan Brauer dan dikutip Hasnawati dalam buku Persamaan dan Perbedaan Manusia Purba Dengan Manusia Modern Sejarah Kelas X (2020:11) .

Teori tersebut didukung yang dengan bukti-bukti genetika, linguistik dan arkeologis ini menyatakan bahwa fosil yang ditemukan di dekat Sungai Omo, Ethiopia (Afrika Timur) adalah fosil Homo Sapiens yang tertua, lebih tua dari homo Neanderthalensis. Teori ini juga didukung data penelitian DNA mitokondria (mtDNA), yakni sel tubuh yang berbentuk sebuah molekul kompleks yang memberi gambaran sistem genetika dari satu generasi ke generasi berikutnya.



Berdasarkan sebaran temuan fosil manusia purba, maka ahli berkesimpulan bahwa manusia modern berasal dari Afrika, karena di wilayah tersebut banyak ditemukan tulang belulang Homo Sapiens yang tertua. Dari Afrika, manusia Homo Sapiens kemudian mengembara keluar dari Afrika, dan tersebar ke Asia, Eropa, Amerika dan Australia.

Teori Out of Africa ini berbeda dengan Teori Multiregional Evolution Model yang dikemukakan oleh ahli Wolpoff, Thorne dan Wu. Mereka menyatakan bahwa manusia modern tidak hanya berasal dari Afrika, melainkan juga dari Eropa dan Asia sebagai hasil dari populasi manusia sebelumnya yang ada di wilayahnya.

Teori ini juga sepakat bahwa Afrika adalah sumber kedatangan nenek moyang manusia, yang menyebar, tapi kemudian bercampur dengan manusia pra modern sebelumnya di satu wilayah, dan berkembang menurut ras masing-masing.

Ciri Khas dan Persebaran Ras Kaukasoid

Salah satu ras yang paling umum dikenal adalah ras Kaukasoid. Istilah Kaukasoid biasa disebut sebagai ras kulit putih.

Menurut Leroi dalam A Family Tree in Every Gene(2005:23) istilah ras Kaukasoid pernah digunakan dulu untuk fenotipe umum dari sebagian besar penghuni Eropa, Afrika Utara, Timur Tengah, Pakistan, dan India Utara. Persebaran ras kaukasoid antara lain di Australia, Amerika Utara, sebagian dari Amerika Selatan, Afrika Selatan dan Selandia Baru.

Ciri-ciri ras kaukasoid tersebut antara lain;
  1. Memiliki kulit putih dan dermis paling sedikit dari ras lainnya (kecuali di India)
  2. Hidung mancung.
  3. Memiliki rambut berwarna cokelat hingga pirang.
  4. Memiliki mulut kecil.
  5. Sudut wajah antara 100° sampai 90°
  6. Memiliki wajah lonjong dan pirus.
  7. kelopak mata yang lurus

              Baca juga artikel terkait RAS atau tulisan menarik lainnya Abraham William
              (tirto.id - Pendidikan)

              Kontributor: Abraham William
              Penulis: Abraham William
              Editor: Agung DH
              DarkLight