Apa Perbedaan Sukulen dan Kaktus dan Bagaimana Merawatnya?

Kontributor: Irkhas Febri - 5 Des 2020 18:48 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Cara membedakan sukulen dan kaktus dapat dilihat dari bentuk fisiknya. Sukulen memiliki kelopak, sedangkan kaktus memiliki duri.
tirto.id - Saat ini, banyak orang yang mulai menggandrungi tanaman hias. Dari mulai tanaman yang memiliki warna mencolok seperti anggrek, hingga tanaman yang cenderung memiliki warna gelap seperti kaktus dan sukulen. Kaktus dan Sukulen menjadi salah satu tanaman hias yang sedang populer.

Namun ternyata, tak sedikit orang yang belum bisa membedakan antara sukulen dan kaktus. Jika dilihat sekilas, sukulen memang akan nampak mirip dengan kaktus. Tapi, keduanya memiliki perbedaan yang sangat jelas.

Untuk membedakan sukulen dan kaktus bisa dilihat dari bentuk fisiknya. Sukulen memiliki kelopak yang mirip seperti daun, sedangkan kaktus memiliki duri sebagai pengganti jaringan daun. Selain itu, duri pada kaktus juga berfungsi sebagai pertahanan diri.

Pada dasarnya Sukulen dan Kaktus merupakan jenis tanaman hias yang memiliki persamaan sifat, yaitu sama-sama dapat menyimpan air dalam jumlah besar di dalam batang.

Menurut penelitian dari University of California, sebenarnya sukulen sendiri merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk tumbuhan dengan karakterristik dapat menyimpan air dengan jumlah besar pada jaringan spons dalam daun, batang, dan juga akarnya. Jadi, tanaman ini mempunyai kemampuan untuk bertahan lebih lama saat kekeringan.

Dari sini, dapat disimpulkan bahwa kaktus merupakan tanaman sukulen, namun tak semua tanaman sukulen merupakan kaktus. Terdapat beberapa jenis sukulen dengan bentuk yang berbeda-beda seperti Agave, Echeveria, Aloe, Graptopetalum, Cotyledon, Sempervivum, Dasylirion, Yucca, dan Delosperma.

Dengan sifatnya ini, sukulen dan kaktus cenderung mudah untuk dirawat. Tanaman ini akan tumbuh dengan baik walaupun tak disiram setiap hari. Justru tanaman ini akan membusuk jika disiram secara terus menerus.

Agar dapat tumbuh dengan baik, sukulen dan kaktus juga memerlukan intensitas cahaya yang cukup. Jadi hanya perlu meletakkannya di tempat dengan cahaya yang memadai.


Baca juga artikel terkait TANAMAN HIAS atau tulisan menarik lainnya Irkhas Febri
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Irkhas Febri
Penulis: Irkhas Febri
Editor: Agung DH

DarkLight