Advertorial

Apa Perbedaan Butter, Margarin, & Mentega? Ada Semua di Tokopedia!

Penulis: Advertorial - 26 Apr 2022 12:00 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Apa perbedaan butter, margarin, dan mentega? Tersedia semua di Tokopedia.
tirto.id - Apa perbedaan butter, margarin, dan mentega barangkali masih menjadi pertanyaan sebagian orang. Sebenarnya, terjemahan butter dalam bahasa Indonesia adalah mentega. Dengan kata lain, butter dan mentega adalah sama, sedangkan margarin adalah jenis yang berbeda. Di Tokopedia, tersedia berbagai produk butter atau mentega maupun margarin.

Perbedaan Antara Butter, Mentega, dan Margarin

Perbedaan mendasar antara butter atau mentega dengan margarin terletak pada bahan dan proses pembuatannya yang berpengaruh terhadap jenis lemak yang dikandung keduanya. Butter atau mentega adalah lemak hewani, sementara margarin merupakan lemak nabati.

Butter atau mentega dibuat dari krim susu hewan ternak seperti sapi, domba, kambing, atau mamalia lainnya. Proses pembuatannya adalah dengan cara mengaduk susu dan memisahkan butterfat (padatan) dari buttermilk (cairan).

Adapun margarin adalah produk non-susu yang dimaksudkan sebagai pengganti mentega. Di awal-awal kemunculannya pada dekade 1800-an, margarin juga dibuat dari saripati lemak hewani, namun kemudian bahan utamanya memakai lemak nabati, termasuk minyak sayur.

Butter atau mentega memiliki kandungan kolesterol dan lemak jenuh yang lebih tinggi dari margarin karena dibuat dari krim susu hewan. Kandungan lemak butter atau mentega sendiri berbeda-beda dan berpengaruh terhadap rasa, warna, maupun tekstur masing-masing jenis mentega tersebut.

Di sisi lain, karena komponen utamanya adalah lemak nabati, margarin tidak memiliki kandungan kolesterol dan lemak jenuh yang terdapat dalam butter atau mentega. Sebaliknya, persentase lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal dalam margarin lebih tinggi dari butter atau mentega.

Lantas, mana yang lebih sehat, apakah mentega atau margarin?

Baik mentega atau butter maupun margarin tentunya memiliki kelebihan dan manfaat masing-masing. Sejauh penggunaannya tepat dan tidak berlebihan, mentega maupun margarin sama-sama bermanfaat karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.


Dapatkan Produk Butter atau Mentega dan Margarin di Tokopedia

Butter atau mentega biasanya digunakan sebagai bahan membuat roti atau kue, sedangkan margarin lebih cocok untuk pengganti minyak goreng meskipun juga punya manfaat lainnya.

Berbagai jenis butter atau mentega dan margarin, dengan ragam pilihan merek dan kekhasan masing-masing, bisa didapatkan di Tokopedia.

Untuk butter atau mentega, ada beberapa jenis atau merek yang terlaris atau paling populer. Salah satunya adalah brand Wijsman Butter. Mentega yang berasal dari Belanda ini termasuk butter jenis unsalted (tawar) meskipun disertai sedikit cita rasa asin.

Wijsman Butter mengandung concentrated butter dengan lemak susu tinggi sehingga dipercaya membuat rasa kue lebih enak. Ini adalah salah satu produk mentega legendaris yang telah diproduksi sejak tahun 1846 dan sudah masuk ke Indonesia (saat itu masih bernama Hindia Belanda) pada era 1900-an.

Selain Wijsman Butter, ada pula butter atau mentega dengan brand Anchor. Produk asal Selandia Baru ini termasuk jenis salted (asin) butter yang terbuat dari krim susu segar berkualitas.

Warna mentega Anchor berasal dari susu sapi yang kaya betacarotene dari rumput hijau. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas mentega adalah makanan yang dikonsumsi hewan penghasil susunya, dan rumput hijau termasuk yang terbaik.

Berikutnya adalah mentega Elle & Vire yang menyediakan dua jenis butter, yakni salted dan unsalted. Brand asal Prancis ini diklaim sebagai mentega premium dengan 82% kandungan lemak yang terbuat dari 100% susu sapi. Keunggulannya adalah aroma butter yang intense sehingga sangat tepat digunakan untuk olesan roti maupun masakan.

Tentu saja masih banyak jenis maupun brand mentega berkualitas yang tersedia di Tokopedia, sebut saja Hollmann Butter, Golden Churn Butter, Orchid Butter, dan lainnya. Tersedia juga produk campuran mentega dan margarin, serta butter dengan varian rasa, seperti mentega garlic atau bawang putih.

Adapun untuk margarin, banyak sekali produk yang bisa Anda dapatkan di Tokopedia. Mulai dari merek yang sudah sangat familiar seperti Blue Band atau brand-brand margarin lainnya macam Palmia, Forvita, Filma, Amanda, dan masih banyak lagi.

Selain mudah, nyaman, dan aman, berbelanja melalui Tokopedia juga amat menguntungkan. Anda bisa mendapatkan diskon, cashback, free ongkir, dan berbagai keuntungan serta kemudahan lainnya


Penulis: Advertorial


DarkLight