Apa Penyebab Tagar #FreeBritney Muncul Kembali di Media Sosial?

Oleh: Endah Murniaseh - 10 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Britney Spears tidak dapat mengatur semua yang ada pada dirinya, termasuk harta dan kehidupan pribadinya.
tirto.id - Tagar #FreeBritney yang digaungkan oleh penggemar Britney Spears akhir-akhir ini kembali menyeruak di media sosial. Hal ini muncul karena conservatorship atas Britney sejak 12 tahun silam yang baru akan berakhir pada 22 Agustus 2020, setelah masalah kesehatan mental yang diderita oleh sang Diva.

Conservatorship merupakan konsep hukum di Amerika Serikat, yakni seorang wali yang ditunjuk oleh hakim untuk mengelola urusan keuangan dan kehidupan sehari-hari orang lain atas keterbatasan fisik, mental dan usia tua.

Dengan conservatorship tersebut, Britney tidak dapat mengatur semua yang ada pada dirinya, termasuk harta dan kehidupan pribadinya.

Semua hal yang ada pada kehidupan Britney akhirnya diatur oleh sang ayah serta pengacara atas persetujuan pengadilan. Hal inilah yang membuat para penggemar meminta agar sang idola dibebaskan. Sebab, permasalahan ini telah cukup lama bergulir dan merasa sang idola dirugikan atas keputusan ini.

“Britney Spears mengalami krisis kesehatan mental di depan umum dan dia kehilangan haknya. Kanye West mengalami krisis kesehatan mental di depan umum dan dia mencalonkan diri sebagai presiden. #FreeBritney,” berikut adalah salah satu twit penggemar Britney di Twitter seperti dilansir Antara.

Berita pencalonan Kanye West sebagai calon presiden Amerika Serikat tahun 2020 memang telah menyeruak, yang akhirnya membuat para penggemar Britney geram.


Pada tahun 2016 lalu, Kanye pernah menjalani perawatan di rumah sakit karena permasalahan kesehatan mental. Namun, Kanye dapat kembali hidup normal tanpa batasan.

Tidak hanya itu, beberapa selebriti pria yang pernah mengalami masalah kesehatan mental juga tidak mengalami pembatasan seperti apa yang dirasakan Britney. Hal ini membuat Hollywood mendapat kritik atas ketidakadilan gender pada penderita kesehatan mental.

Hingga pada Jumat (3/07/2020) terjadi perilaku tidak mengenakkan pada Britney karena diolok-olok atas video unggahannya di TikTok. Video tersebut menunjukkan Britney tengah tersenyum dan menari-nari menghadap kamera serta keluar masuk frame sambil memegang karangan bunga. Namun, hal itu berakhir pada kekhawatiran atas kondisi kesehatan mental Britney kembali dibahas.

Dilansir dari Business Insider, masalah kesehatan mental yang dialami oleh Britney mulai banyak diketahui oleh masyarakat luas karena beberapa sikap anehnya seperti mencukur rambut, menabrak mobil fotografer dengan payung serta memangku sang putra, Sean saat ia mengendarai kendaraan, namun tidak menggunakan sabuk pengaman. Hal ini juga berdampak dengan hilangnya hak asuh atas kedua putranya, Sean dan Jayden.


Baca juga artikel terkait KESEHATAN MENTAL ARTIS atau tulisan menarik lainnya Endah Murniaseh
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Endah Murniaseh
Penulis: Endah Murniaseh
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight